Beranikan dirimu selama 20 detik

Dwinawan
Suaralain
Published in
3 min readAug 9, 2016

Ketakutan biasanya hanya ilusi selama 20 detik

photo by iswanto

Beberapa tahun yang lalu

saya berada di suatu seminar, si pembicara berkata Ada yang ingin bertanya? silahkan angkat tangan. saya sangat ingin bertanya, tapi takut untuk mengangkat tangan. Akhirnya saya urungkan niat untuk bertanya karena takut terlihat konyol saat berbicara di depan banyak orang.

Di waktu yang lain, saya berada di suatu diskusi, memiliki sebuah ide, dan sangat ingin menyampaikan ide itu. Tapi akhirnya saya memilih diam karena takut bahwa ide yang saya sampaikan tidak berbobot, dan akhirnya akan membuat saya terlihat bodoh di depan banyak orang.

Ya, berbicara di depan banyak orang merupakan ketakutan terbesar saya.

“Sometimes all you need is twenty seconds of insane courage. Just literally twenty seconds of just embarrassing bravery. And I promise you, something great will come of it.”

Mungkin kalian pernah mendengar quote diatas. Ya, quote diatas ada di film We Bought a Zoo. Di film itu terdapat adegan dimana seorang kakak sedang menasehati adiknya yang pemalu.

Sang kakak berkata “Beranikan dirimu selama 20 detik, hanya 20 detik saja hadapi ketakutanmu, dan aku berjanji hal yang tidak disangka-sangka akan terjadi.”

Ya… 20 detik. setiap saya ingin melakukan sesuatu tapi saya malu atau takut, pasti saya teringat kembali quote diatas. Mengingatkan kembali untuk mencobanya selama 20 detik.

waktu itu pukul 7 pagi, dan tiba waktunya saya untuk mengisi Kelas Inspirasi di jam pertama.

saya masih ingat betapa takut dan cemasnya saya waktu itu. “Apakah saya bisa bercerita dengan baik?”, “Apakah saya bisa menenangkan anak-anak?”, “Bagaimana kalau nanti tiba-tiba begini?” , “Bagaimana kalau nanti tiba-tiba begitu?” dan pikiran buruk lainnya.

Dan…. setelah 20 detik berdiri di depan kelas. Beberapa ketakutan saya satu persatu menghilang. Awalnya saya takut bahwa anak-anak ini akan ribut dan saya tidak bisa menenangkan mereka, Tapi ternyata mereka duduk dengan manis dan antusias mendengarkan saya bercerita mengenai profesi saya sampai selesai.

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar :)

Photo by Cendhika

Dalam perjalanan menuju tempat workshop, yang saya pikirkan adalah “Bagaimana kalau materi yang saya sampaikan ini membosankan?” , “Bagaimana kalau peserta nantinya kecewa”. yang ada dipikiran hanya semua kemungkinan terburuk.

Dan…. setelah 20 detik, pikiran buruk itu menghilang. Dan yang timbul adalah semangat untuk berdiskusi dengan para peserta workshop :)

Alhamdulillah workshop waktu itu berjalan lancar.

Jadi, jika ada suatu hal yang ingin Anda coba atau ingin Anda lakukan tapi Anda masih ragu-ragu. Cobalah untuk memberanikan diri Anda selama 20 detik.

Ya, 20 detik saja…. ;)

--

--

Dwinawan
Suaralain

Co-Founder Paperpillar • UI Designer • Love to create design exploration on dribbble.com/dwinawan • Have a question? find me on twitter.com/dwinawan_