Delegasi kunci sukses bisnis owner bisa liburan

6 Kunci supaya delegasi sukses di pekerjaan :)

Hendrajaya
Sysca

--

Seseorang yang Saya kenal pernah berkata, “Kunci sukses untuk bisa liburan pada saat orang lain bekerja adalah DELEGASI”.

Yup Saya setuju sekali dengan kata-kata diatas. Oleh sebab itu buat teman-teman yang masih berkutat dengan kata-kata seperti:

Bisnis Saya tidak bisa jalan kalau tidak ada Saya

Anak buah Saya tidak kerja kalau Saya tidak ada

Saya kerja sehari bisa sampai jam 2 Subuh

Kalau itu anda banget, maka berikut tips dari Harvey Mackay:

  1. Jangan menunggu SEMPURNA

Kita sering sekali tidak mau delegasi sampai semuanya benar-benar sempurna dan tanpa kesalahan. Tujuan kita adalah untuk memastikan pekerjaan selesai bukan menciptakan sebuah Masterpiece didalam pekerjaan tersebut.

Ciptakan standart kualitas dan perkiraan waktu yang bisa Kita terima. Ketika Kita sudah menciptakan hal diatas maka Kita bisa memulai untuk delegasi ke Tim kita.

2. Ciptakan instruksi pekerjaan yang jelas

Pastikan Tim Kita sudah mendapatkan informasi dan training yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Pastikan lagi Mereka sudah mengerti dan menerima tugas tersebut.

3. Berhenti menggunakan kata “Cuman Saya yang bisa melakukan pekerjaan ini dengan baik”

Hanya karena Tim Kita melakukan pekerjaan secara berbeda bukan berarti hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Kita harapkan. Karena bisa saja cara Mereka lebih berhasil daripada cara Kita.

Yang perlu Kita lakukan adalah pengecekan dan review secara berkala.

Hal ini juga akan membantu sekali Tim Kita bisa berkembang.

4. Fokus untuk mengajarkan keahlian

Delegasi berarti memberikan kepercayaan kepada Tim Kita. Seiring berjalannya itu berarti Kita juga memberikan tanggung jawab lebih kepada Mereka. Sudah tentu Kita wajib mengawal dan mengajarkan Skill set yang Kita miliki termasuk bagaimana kalau terjadi kesalahan.

Everybody makes mistakes right? including us

5. Cek progress secara berkala

Biarkan Tim Anda bekerja, dan pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala. Jangan senantiasa mengawasi Tim Anda dalam bekerja itu berarti Kita bukan hanya gagal dalam delegasi, tetapi Kita juga naik jabatan menjadi Satpam. Pastikan Kita memiliki waktu-waktu tertentu untuk cek progress secara berkala.

6. In every things don’t forget thanks, In every thanks don’t forget things

Beri reward bagi Tim Kita yang berhasil delegasi pekerjaan Kita. Pastikan Mereka nyaman dan merasa bagian dari Pekerjaan Kita.

“Karena cari orang bagus itu sssssuuuussssahhhhh”.

Jangan lupa membagikan artikel ini untuk kenalan Anda yang sedang berjuang lepas dari kesibukannya didalam Bisnis.

Salah satu kunci dari Delegasi adalah mengingatkan.

Kantor tempat Saya bekerja sedang membuat Sysca -Aplikasi Anti Lupa.

Penasaran?

Anda bisa Add LINE Sysca di @sysca

Atau anda bisa kunjungi Sysca di www.sysca.id

--

--