Kenapa Sprint 2 Minggu, Bukan 1 Bulan?

Sprint

Untuk yang bekerja di dunia software development pasti sangat familiar dengan istilah Sprint. Lama waktu Sprint tiap perusahaan bisa berbeda-beda, ada yang 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, 1 bulan, bahkan lebih. Apakah anda pernah bertanya kenapa di tempat anda lama waktu sprint 2 minggu, bukan 1 bulan? atau kenapa Sprint 1 bulan bukan 1 minggu. Kalau sprint dirubah-rubah, apa pengaruhnya?

verb (used without object)
to race or move at full speed, especially for a short distance, as in running, rowing, etc.
noun
a short race at full speed.
a burst of speed at any point during a long race, as near the finish line.

Timebox seperti Sprint dalam Scrum memiliki tujuan sendiri, bukan sekedar ikut-ikutan. Salah satu hal yang paling dasar yang menurut saya harus dipahami adalah potentially shippable product. Seberapa sanggup tim untuk membuat produk yang siap dihantarkan dan siap di-review dalam satuan waktu tertentu.

Dihantarkan bukan sekedar deployed, tapi siap pakai. Anda tidak mungkin menghantarkan produk yang belum setengah jadi ke staging apalagi production!

Bayangkan anda membeli custom t-shirt dari sebuah online distro dan waktu pengerjaan 3 hari, saat anda membuka paket anda menemukan gambar pada kaos tidak tercetak dengan baik, tentu anda akan kecewa. Saat kaos tersebut kembali ke penjual berarti ada waktu tambahan untuk memperbaiki kaos dan ada waktu tunggu untuk anda yang (mungkin) akan menambah kekecewaan anda. Dalam kasus ini artinya penjual kaos tidak sanggup membuat kaos dalam waktu 3 hari.

Lama waktu sebuah Sprint menuntut tim untuk selalu konsisten terhadap pekerjaan. Cara pandang tim terhadap sprint yang baik adalah “Produk apa saja yang sanggup saya hantarkan sprint ini, (atau sprint selanjutnya) yang siap dipakai?”.

Jika anda sering membuka kembali tiket di Sprint sebelumnya, apalagi merubah status menjadi open, berarti ada sesuatu yang tidak tepat. Jika anda menganggap Sprint hanyalah satuan waktu seperti hari yang berlalu, anda perlu kembali merenungkan untuk apa pakai Sprint? Jika Sprint hanyalah istilah, anda bebas menggantinya, misalkan Run (jalan). Toh tidak ada pengaruhnya, bukan?

Alasan diatas adalah salah satunya dan yang mendasar menurut saya. Feedback are welcomed :)

A single golf clap? Or a long standing ovation?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.