Puncak Lawang Sumatera Barat

Puncak Lawang merupakan dataran tinggi yang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan ketinggian 1210 mdpl. Dahulunya di zaman penjajahan puncak lawang digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Pada saat ini puncak lawang sering digunakan untuk kejuaraan paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara untuk paralayang.

Puncak lawang merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para petualang keindahan, karena dari tempat ini kita bisa melihat birunya danau maninjau dan indahnya balutan awan yang menghiasi lereng bukit di pinggiran danau maninjau. Begitu banyak keindahan yang bisa kita nikmati di puncak lawang ini, apalagi jika anda melihat pemandangan tersebut sambil terbang menggunakan Paralayang.

Lokasi dan Transportasi

Untuk menuju ke objek wisata puncak lawang anda harus melewati perjalanan darat, terdapat dua jalur alternatif menuju kesana, jalur barat dan jalur timur.

Jika anda menggunakan jalur dari barat, anda akan memulai perjalanan dari kota Padang dan akan melewati jalur Pariaman untuk menuju Lubuk Basung terlebih dahulu. Setelah itu anda akan melewati Danau Maninjau, disana terdapat hamparan “karamba” (tempat budidaya ikan air tawar) di piggiran danau dan Kelok 44 (perjalanan dengan 44 belokan atau tikungan) disana anda akan melihat monyet-monyet di pinggir jalan. Perjalanan jalur barat ini memakan waktu 2,5 -3,5 jam.

Untuk transportasi sendiri, anda bisa menggunakan mobil pribadi, angkutan umum, travel atau pun menggunakan jasa penyewaan mobil atau yang lebih dikenal dengan jasa rental mobil yang terdapat di kota Padang ataupun Padang Panjang.

Sedangkan jika anda lebih memilih menggunakan perjalanan dari arah timur, anda akan mengikuti rute Padang menuju ke kota Bukittinggi terlebih dahulu, setelah anda sampai di kota Bukittinggi, untuk menuju ke lokasi objek wisata puncak lawang ini anda dapat menggunakan angkutan umum, mobil pribadi atau mobil sewaan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Jika anda menggunakan angkutan umum, anda tidak akan menemukan angkutan umum yang melayani Rute Padang-Lokasi objek wisata alam (Puncak Lawang) secara langsung. Oleh karena itu, anda kami sarankan untuk menggunakan mobil sewaan atau mobil pribadi jika ingin berkunjung ke objek wisata alam puncak lawang ini.
Wisata

Pemandangan yang akan anda nikmati jika anda telah sampai di puncak lawang ini sangatlah indah. Karena, dari atas puncak ini anda bisa melihat indahnya Danau maninjau yang dipadukan dengan hijaunya alam pegunungan yang membentang luas mengelilingi danau dan ditambah lagi hamparan sawah yang membentang cukup luas dan sangat indah dan beberapa pemukiman penduduk yang tertata secara rapi akan menambah keindahan pemandangan yang akan anda nikmati dari puncak lawang ini.

Puncak Lawang ini selalu saja ramai oleh pengunjung, sebagian dari mereka banyak yang hanya ingin berpiknik dan jalan-jalan bersama untuk menikmati indahnya pemandangan yang ada, namun disini melihat pemandangan danau maninjau bukanlah satu-satunya yang bisa anda lakukan.

Di puncak lawang ini anda bisa melihat begitu banyaknya orang-orang yang melakukan olahraga paralayang, ya tempat ini merupakan tempat favorit yang sering di gunakan sebagai lokasi paralayang, bahkan anda yang pemula juga bisa mencobanya.

Disini juga di sediakan penyewaan alat-alat paragliding yang akan anda gunakan untuk paralayang. Namun tentunya, bagi yang pemula, anda akan di temani oleh orang yang sudah professional. Bayangkan betapa menyenangkannya terbang di atas Danau Maninjau yang amat indah ini.

Disini juga di jual beberapa jajanan pasar yang bisa anda nikmati, yang paling terkenal adalah air tebu dan jagung bakarnya, di cuaca dingin seperti di Puncak Lawang, mau itu pagi, siang, ataupun sore bahkan pada malam hari, makan jagung bakar disini tetaplah nikmat. Jangan takut kehabisan, ada banyak tukang jagung bakar yang siap melayani anda.