Agar Tetap Aman dengan Smartphone

Seiring dengan kian canggihnya dunia, kejahatan pun ikutan canggih

Smartphone memberi kita konektivitas, produktivitas dan kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya.

Namun, bersamaan dengan itu, menyeruak pula berbagai aksi kejahatan yang timbul di jaringan nirkabel. Tentu, ini menjadi peringatan bagi kita untuk semakin berhati-hati dalam menggunakan smartphone.

Berikut beberapa tips dari kami agar tetap aman dengan smartphone-mu.

Secara teratur perbarui perangkat lunak ponselmu.

Langkah termudah dan paling efektif yang dapat kamu lakukan untuk melindungi data pribadi. Install pembaruan berkala ke perangkat lunak smartphone-mu. Selain menambahkan fitur, pembaruan perangkat lunak biasanya menyertakan perbaikan fitur keamanan.

Aktifkan fitur keamanan yang disediakan: seperti enkripsi perangkat dan cari dan kunci.

Smartphone kita biasanya dilengkapi dengan perangkat alat keamanan gratis yang lengkap. Aktifkan mereka, dan kenali penggunaannya seperti cara menemukan smartphone yang hilang. Atau kenali cara bagaimana mengunci dan menghapus data di smartphone kita yang hilang entah di mana.

Perhatikan perizinan.

Saat ingin memasang aplikasi, biasanya ada permintaan akses ke berbagai jenis informasi pada perangkat Anda, seperti kontak, foto atau lokasi kita. Sebelum memasang aplikasi, lihat izin yang dimintanya. Hindari aplikasi-aplikasi yang meminta akses berlebihan seperti—sebuah aplikasi ulasan restoran memerlukan akses ke foto-fotomu (memang apa urusannya?).

Bersetia dengan toko aplikasi resmi.

Aplikasi yang sarat perangkat lunak terkadang tidak aman. Kamu akan jauh lebih terlindungi jika lebih bersandar pada toko aplikasi dari pemain besar — Amazon, Apple, Google, Microsoft — daripada yang berasal dari toko pihak ketiga.

Tidak mengklik link yang tidak diketahui dalam teks dan email.

Tahan diri untuk klik tautan dalam teks atau email, kecuali dari seseorang yang kamu kenal — dan memang kamu mengerti apa tujuanmu mengklik tautan itu. Jangan terlampau kepo! Hehe.

Matikan download otomatis untuk pesan MMS (multimedia) agar smartphone-mu bertanya terlebih dahulu ketika hendak menginstal sesuatu.***

Sumber dari sini.

Like what you read? Give Tristia Riskawati a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.