Mengenal Cryptocurrency, Si Mata Uang Digital

Di obrolan sehari-hari, topik soal bitcoin sempat mengemuka. Beberapa abai. Namun beberapa tertarik, bahkan sampai jadi pemburu bitcoin!

Sebelum membahas lebih jauh soal bitcoin, kita akan bahas cryptocurrency terlebih dahulu. Nah lho, ‘makhluk’ apa lagi nih — si cryptocurrency ini?

Jadi bitcoin adalah salah satu mata uang dari teknologi cryptocurrency.

Cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital. Teknologi inimenggunakan kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan.

Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi ini.

Cryptocurrency sangat marak dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan team engineer di berbagai belahan dunia. Bahkan Google Ventures juga berinvestasi di salah satu teknologi cryptocurrency.

Terdata sudah lebih dari 500 cryptocurrency diciptakan berdasarkan coinmarketcap.com. Beberapa cryptocurrency memiliki berbagai konsep yang berbeda dan beberapa memiliki konsep yang meniru koin lainnya.

Karena nilai dasar cryptocurrency murni berdasarkan kekuatan buy dan sell tidak dijamin oleh apapun; maka tidak jarang cryptocurrency memiliki nilai turun lebih dari 20% dalam sehari.

Ini sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan perdagangan untuk mendapatkan profit!

Meski Bitcoin merupakan cryptocurrency yang paling banyak diperbincangkan, sebenarnya ada banyak sekali jenis cryptocurrency yang ada di dunia ini. Contohnya ialah Ripple, Litecoin, dan Stellar.

Bagaimana Cara Trading Cryptocurrency ?

Caranya sederhana pada dasarnya ada 2 cara :

  • Beli saat murah dan jual saat tinggi
  • Beli saat terlihat peluang naik dan jual saat harga lebih tinggi dari harga beli

Nah, tulisan selanjutnya akan membahas soal blockchain. Apa yaa kaitan blockchain dengan cryptocurrency? Just stay tune!***

Sumber: https://blog.bitcoin.co.id/bagaimana-cara-mendapatkan-uang-dari-cryptocurrency/