Creating Your Own Graphic Design

Derel Patria
Mar 19 · 2 min read
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Kegiatan sehari-hari kita sudah tidak dapat terlepas dari yang namanya desain grafis. Selain itu, desain grafis tidak hanya digunakan untuk di-update ke media sosial ataupun internet saja.

Walaupun saat ini sudah banyak website yang menyediakan desain grafis gratis yang siap digunakan. Namun, terkadang beberapa desain tersebut terasa kurang pas dengan penggunaannya. Sehingga, terkadang seseorang lebih suka membuat desain sendiri, dan siapa sih yang tidak bangga dengan desain buatan sendiri?

Nah, dengan begitu, muncullah sebuah pertanyaan “Bagaimana sih caranya membuat desain grafis yang simpel, namun tetap terlihat estetik?”

Membuat desain grafis simpel yang “Kece!”

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat desain grafis? Terutama untuk memberikan kesan terbaik dan membuat mereka yang melihat menjadi terkesan.

1. Sesuai dengan Tren

Sama halnya dengan fashion, desain grafis pun juga mempunyai tren, dan tren tersebut biasanya berubah setiap tahunnya. Sehingga, sangat disarankan untuk melakukan research sebelum melakukan desain. Contoh tren saat ini seperti desain grafis yang bergaya geometrik, flat, atau blur and grain.

Tentukan dulu tren yang ingin kalian gunakan!

Dribbble.com, author Laura Weiss

2. Keseimbangan Salah Satu Kuncinya

Mata kita lebih terbiasa dalam melihat hal yang seimbang. Setiap elemen-elemen yang digunakan akan terasa stabil dan rapi jika menerapkan prinsip seimbang ini. Tetapi, prinsip seimbang ini tidak berarti semua elemen yang digunakan mempunyai ukuran dan elemen yang sama persis, ya!

Tipsnya adalah selalu bereksperimen, dari posisi atas, bawah, kiri, maupun kanan. Posisinya diubah sampai desainnya terlihat “stabil”.

Billboard.com, author unknown

3. Konsistensi dalam Menggunakan Elemen

Konsistensi dalam membuat desain grafis juga sangat penting. Dari penggunaan warna, ukuran, posisi, hingga tren yang digunakan. Desain grafis akan terlihat aneh jika tidak menggunakan konsistensi. Hal itu dikarenakan akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan dan dapat merusak rupa dari desain tersebut.

Pinterest.com, author unkown

Demikian beberapa tips desain grafis yang dapat kalian terapkan, mungkin tips tersebut bisa digunakan bagi kalian dalam pembuatan desain grafis ke depannya!

Don’t forget to keep up with us through our social media on Instagram @technoscapebncc and our main site http://technoscape.id.

See y’all there!

Referensi:

https://ddiy.co/graphic-design-tips/

TechnoScape BNCC

Your Trip to the Moon is Coming. We are Ready to Broaden Your Horizons through Technology!

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store