CrossHelmet X1, Helm Pintar dengan Kemampuan Melihat Seluas 360 Derajat

Foto: Kickstarter.com

Startup asal Tokyo yang terdiri dari mantan insinyur dan desainer Yamaha, Nikon dan Sony membuat sebuah proyek helm pintar futuristis. Helm pintar yang mereka buat memungkinkan pengguna dapat melihat keadaan di sekelilingnya. Helm yang diberi nama CrossHelmet X1 ini menggabungkan teknologi HUD, suara, dan juga konektivitas wireless.

CrossHelmet X1 juga memiliki desain seperti helm motocross. Di bagian mulut memanjang ke depan dengan zona penglihatan yang luas. Tetapi visor face shield gelap dan lebar, serta tubuh bertekstur mattenya membuat penampilan X1 mirip dengan helm pilot pesawat tempur di masa depan.

Foto: hiconsumption.com

Tidak melupakan fungsi awal, X1 dapat melindungi kepala pengguna motor dengan sempurna. Helm ini sudah lulus dari uji coba ketahanan. Material tersusun yang terdapat pada helm merupakan material yang digunakan dalam industri balap kelas dunia. Disediakan juga lampu LED keselamatan dan ditenagai baterai Lithium-Ceramic yang canggih, X1 tidak akan mengalami bocor ataupun kebarakan, meski helm terbentur kencang atau terekspos ke tempratur tinggi.

X1 juga memiliki visor transparan sekunder untuk menampilkan HUD. Jadi pengguna dapat melihat keadaan di belakang lewat kamera. Letak visor ada di atas mata, jadi pandangan pengguna tidak akan terganggu saat berkendara. Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat melihat sudut pandang 360 derajat.

Keunggulan lain dari helm pintar ini adalah disediakannya teknologi yang belum pernah digunakan pada industri motor, yaitu CrossSound Control. Teknologi tersebut merupakan sistem pengelolaan audio untuk mengurangi atau memperjelas suara disekitar, sesuai kebutuhannya. Jadi, pengguna dapat membatasi dan juga memblokir bunyi-bunyian yang berpeluang mengganggu seperti tiupan angin atau suara mesin kendaraan.

Foto: hiconsumption.com

Terakhir, X1 dapat tersambung dengan smartphone dengan koneksi Bluetooth. Siri dan Google Assistant juga telah mendukung helm ini. Bahkan pengguna dapat mendengar musik, radio sampai melakukan panggilan telepon. Navigasi dapat dilakukan lewat touchpad yang berada di sisi kanan. Tetapi sampai saat ini X1 baru dapat di pesan di negara tertentu saja. Harga yang ditawarkannya pun adalah US$ 1.400.

Sumber: Dirangkum dari Dailysocial.id

Like what you read? Give Teknologi.id a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.