Tips Membuat Ruangan Kantor Lebih Nyaman dan Produktif, Penggiat Startup Wajib Baca!

Foto: pexels.com

Kantor adalah sebuah tempat dimana para pekerja atau sebuah tim berkumpul untuk bekerja dan melakukan serangkaian kegiatan produktif untuk merealisasikan ide atau tujuan tertentu.

Tentunya sebuah kantor yang baik harus dapat menjadi rumah kedua bagi para pekerjanya dengan kata lain, kantor tersebut haruslah nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas bekerja.

Akan tetapi, hingga kini masih sering terdengar pertanyaan “Bagaimana cara membuat ruangan kantor yang nyaman dan produktif?” baik di kalangan perusahaan rintisan atau startup maupun perusahaan besar sekalipun.

Maka dari itu, Teknologi.id akan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan kantor menjadi lebih nyaman dan produktif dirangkum dari Tech in Asia. Berikut beberapa tipsnya:

Siapkan Kudapan Sehat

Foto: care.com

Studi dari British Journal of Health Psychology tahun 2015 menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki peningkatan kadar kreativitas, keingintahuan, serta kesehatan. Tentunya hal ini menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan.

Pencahayaan yang Cukup

Foto: pexels.com

Menurut neuroscientits dari Oxford University, Russell Foster, manusia akan terjaga apabila terpapar cahaya sebesar 1000 lux. Hal ini pun diperkuat oleh eksperimen Lockheed Martin yang berhasil meningkatkan produktivitas sebesar 15 persen ketika mengadopsi desain kantor yang memanfaatkan cahaya alami.

Alangkah lebih baiknya atur desain kantor agar ruangan mendapatkan cahaya alami dari luar. Hal ini akan meningkatkan fokus karyawan dibandingkan dengan ruangan kantor yang menggunakan pencahayaan dari lampu.

Sediakan Udara Bersih Bagi Karyawan

Foto: communitytimes.me

Selain untuk mengurangi kemungkinan karyawan yang mengambil cuti sakit karena kualitas udara yang buruk, kualitas udara yang bersih juga penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Menurut studi dari A National Research Council of Canada, terdapat kaitan antara tingginya angka karbon dioksida serta polutan lain di udara dengan rendahnya kepuasan pekerja terhadap perusahaan.

Sediakan Air Minum yang Cukup di Setiap Ruangan

Foto: pexels.com

Kurangnya konsumsi air cenderung menyebabkan tubuh rentan sakit, kurang optimal dalam memproses informasi, serta turunnya performa pekerjaan. Karenanya, sediakan air minum yang cukup di setiap ruangan sehingga para karyawan dapat menjaga hidrasi tubuh mereka dan bekerja secara maksimal.

Sediakan Ruangan Rehat

Foto: pexels.com

Sebuah studi membuktikan bahwa seseorang yang mengambil rehat sejenak di antara pekerjaan mereka dapat berkinerja lebih baik dibandingkan dengan mereka yang bekerja tanpa henti. Maka dari itu, sediakanlah sebuah ruangan khusus untuk rehat. Cukup dengan beberapa buku menarik dan sofa empuk agar karyawan dapat istirahat sejenak dengan baik.

Hadirkan Tanaman Hijau dalam Kantor

Foto: pexels.com

Tanaman hijau di dalam kantor terbukti meningkatkan kebugaran karyawan hingga 47 persen, mendongkrak kreativitas hingga 45 persen, dan menaikkan tingkat produktivitas hingga 38 persen. Selain itu, keberadaan tanaman di kantor dapat bermanfaat bagi kantor yang tidak berjendela, karena menurut sebuah studi lain, hadirnya tanaman dapat mengurangi lelah, meningkatkan fokus, menurunkan tekanan darah, dan yang paling penting, meningkatkan angka produktivitas pada karyawan.

Sediakan Meja Berdiri

Foto: jaswig.com

Tren ini sudah diterapkan oleh Google, Twitter, dan Facebook terlebih dulu dalam rangka promosi program kesehatan karyawan tentang buruknya dampak duduk terlalu lama di meja kerja. Selain itu, sebuah inkubator startup Latvia menyatakan bahwa meja berdiri dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Sementara itu, berdasarkan eksperimen para peneliti dari Texas A&M terhadap para pelajar membuktikan bahwa para pelajar yang menggunakan meja berdiri memiliki semangat belajar 12 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan meja berdiri.

Sekian beberapa tips untuk meningkatkan kenyamanan dan produtivitas bekerja dalam kantor, apakah menurutmu ada cara lainnya yang juga efektif?

Like what you read? Give Teknologi.id a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.