Satu Tahun Menulis di Medium

Berbagi cerita tentang statistik artikel dan Medium Partner Program

M. Ramadhan
Telematika

--

Pendahuluan

Tepat setahun lalu, 3 November 2019, saya mulai menulis di Medium. Pada awalnya sangat sulit memperoleh kunjungan pembaca. Pada bulan pertama hanya memperoleh 5 view, bahkan pada bulan ketiga turun menjadi hanya 2 view. Apakah tulisan saya kurang bernilai sehingga hampir tidak ada pembacanya? Atau topiknya yang sudah out of date? Apakah karena artikelnya berbahasa Indonesia sehingga pembacanya terbatas?

Walaupun pengalaman menulis dalam bahasa Inggris sangat terbatas, seingat saya hanya satu kali, pada bulan Maret 2020 saya putuskan untuk menulis artikel berbahasa Inggris. Efeknya, bagi saya, sangat berarti. Pada bulan-bulan berikutnya, jumlah view mencapai ratusan. Bahkan ketika saya membuat dua publikasi pada akhir Mei 2020, Informatics untuk artikel berbahasa Inggris dan Telematika untuk artikel berbahasa Indonesia, jumlah view meningkat drastis menjadi 1570 pada bulan Juli 2020.

--

--

M. Ramadhan
Telematika

I’m a database designer and developer, childhood in Menggala, living in Palembang.