Transisi dari Designer menjadi Product Manager

Deska Setiawan Yusra
Teman Produk
Published in
7 min readJan 23, 2020

Setelah menjalani karir menjadi seorang Designer (UI/UX) selama kurang lebih 3 tahun akhirnya gue memutuskan untuk meng-upgrade diri gue untuk menjadi seorang Product Manager.

Disini gue akan bercerita tentang beberapa pengalaman gue, dari mulai suka dan duka gue setelah 6 bulan menjadi seorang Product Manager beserta hal-hal penting yang harus dijadikan pedoman ketika kamu, ya kamu yang seorang Designer berniat untuk menjadi seorang Product Manager dan agar dapat menjadi PM yang baik, soleh, humble, rajin menabung serta mengaji, amin.

Sebelumnya kita harus tau definisi main job dari seorang Product Manager, dari bukunya bang Marty Cagan seorang penulis dari buku yang ciamik berjudul Inspired, ia mendefinisikan tugas dari Product Manager adalah

“To discover a product that is valuable, usable and feasible”

Ini harus banget dijadiin mindset seorang PM biar apa yang kita kerjakan itu sangat berfokus pada sebuah produk yang dapat efektif buat di deliver ke user.

Oke, kita udah tau main job nya sekarang gue akan cerita gimana transisinya, pada awalnya gue jadi PM gue mikir ini ga bakalan jauh beda dari apa yang gue kerjain selama ini pada saat gue menjadi seorang Designer, karena gue juga udah contribute banyak waktu nge design untuk input spec dari sisi product nya, handoff ke engineer, cordinate sama tim bisnis, dan lain lain. Paling bedanya gue bakalan jadi DRI (Directly Responsible Individual) aja, eh ternyata pas jadi PM kenyataannya adalah:

YA! tidak semudah itu. To be honest, PM life is a “mess” but still fun and also challenging at the same time. Langsung saja beberapa suka duka nya nih pas dari Designer pindah jadi PM kaya gimana:

Scope kerjaannya PM

Dari awal yang lo cuman ngurusin design doang, tapi sekarang take more deep concern on tech and business side. Scope kerjaan lo bakal jadi luas banget, disini bener bener lo belajar how to manage everything, namanya juga product manager ya pasti nge-manage ga sih? wkwk, dan ini ga cuman dari task yang dikerjain doang loh! even people juga, menurut gue itu yang jauh super megadynamax lebih susah untuk di manage, karena dealing with people is hard, namanya juga manusia punya hati dan perasaan, anjay.

Mainstream PM Venn Diagram yang ada dimana mana

Perbedaan yang akan kerasa

Pas kita masih menjadi seorang Designer, kita lebih terfokus sama kerjaan yang projectnya yang lagi di assign sama kita, PM bakal invite kita untuk project meeting terus kita start bikin designnya, terus direview sama PM, kalo udah di approve langsung sikat buat diupload ke Zeplin, most likely work cyclenya kaya gitu, tapi as PM kita bakal punya cycle yang lebih dynamic lagi, karena berhubungan langsung sama other division like business, operation, marketing dan etc. kita jadi banyak appointment buat ngurusin plan other division sama product yang kita mau buat. To do list lo sebagai PM bakal nambah banget jauh dari yang lo jalanin pas masih jadi Designer, keliatan nih pas lo misalkan make Trello wujudnya bakal jadi begini:

Terus juga kebayang lah ya invitation di calendar lo ramenya jadi kaya apaan pas udah jadi PM dibanding sama pas jadi Designer dulu:

Pas jadi designer ga sekosong ini juga sih invitation calendarnya ya gue agak lebay aja pas milih imagenya bahahaha😂

More Wise, More have Self Control, More Caring

• Wise

Pas jadi PM automatically bakal banyak banget request yang masuk ke kita “tolong bikinin fitur ini dong”, “tambahin ini dong”, “tambahin itu dong”, “tolong comblangin aku dong” (loh?) wkwk, dari sekian banyak request yang masuk kita mesti filter mana yang harus kita “iyain” dan mana yang harus kita bilang “engga” disini kita bakal diuji seberapa wise kita dalam menerima request dan seberapa besar kita dapat memprediksi impact dari apa yang udah kita accept sama yang kita tolak requestnya, jangan sampai nyesel dengan apa yang udah pilih karena kita juga harus tau pertanggung jawabannya gimana kalo udah decide something, reason nya itu harus make sense dan kitanya harus yakin 100% dengan apa yang udah kita pilih.

• Self Control

Another thing is, kita bakal diuji juga nih emosinya as PM, ga akan pernah semua plan yang udah kita buat itu bakal berjalan mulus dari apa yang kita expect di awal

Release productnya telat lah belom lagi ditambah sama actual product yang live masih ada unexpected bug atau even broken ux dan juga sebagainya. With this kind of problems kita jadi harus belajar untuk mengevaluasi diri bagaimana membuat sesuatu ketika jadinya not according to plan bisa kita solve sebaik mungkin, kalo kita gapunya self control yang baik malah nantinya jadi emosi pas kita coba untuk solve terus product kita malah jadi makin fucked up. Really, pas gue jadi PM gue lebih try to be more calm to think the best solution karena jangan sampe peers yang udah develop dengan sungguh sungguh di project kita ditambah user yang make product kita jadi kecewa sama decision kita to solve the problems.

• Care

Last but not least, pas jadi Designer dulu hal yang paling gue concern dari yang udah gue kerjain itu hasil handoff gue ke frontend, suka tuh gue liat layouting nya, spacing nya, sampe asset yang gue buat udah pas belom buat didevelop ke live product, kalo belum pas yaudah langsung gue discuss sama frontend buat ngesolvenya gimana. Pas jadi PM lebih bwanyak (pake w biar lebay) lagi tuh perintilan yang mesti diperhatiin, case yang paling common yaitu udah nanyain udah kelar sampe mana kerjaannya engineer, ini udah pasti harus di follow up tiap hari biar any problem selama process development itu clear enough untuk kita bisa bareng nge solve nya kaya gimana, even ya kita mesti ngerti loh kalo engineer pas ditanya jawabannya lagi gaenak gitu emang ga mood karena masalah personal, berarti ya kita harus ngertiin mereka dan coba diajak ngobrol baik baik buat bisa keep going yang work related sama non work related nya gimana, selanjutnya itu perintilan lainnya kaya ke other team yang suka kadang miss, udah info belum ke team marketing buat craft content soal product kita yang mau release, udah discuss belum ke tim ops pas nanti release mereka butuh apa aja, intinya as PM kita harus care sama product kita impactnya gimana ke peers yang include ke project kita dan juga user yang bakalan make product kita biar pas nanti productnya release itu keliatan dibuat dengan penuh kasih sayang💖 wkwk.

Conclusion

Penutup dari gue adalah untuk kalian yang sekarang menjalani karir sebagai Designer terus kepingin banget upgrade buat jadi PM, coba pertama instropeksi diri dulu nih seberapa capable buat kalian nantinya menjalani jobdesk yang jujur jauuuhhhh lebih ribet daripada ngedesign UI/UX, dari spesialisasi menjadi generalisasi itu suatu hal yang beda banget dunianya jadi harus udah dibayangin dari awal.

Gue pernah ngelakuin one on one session sama salah satu suhu dari silicon valley (anjay) dan gue dijelasin dari dia itu ada 3 hal paling dasar what PM need to manage:

  1. Manage Allignment: Kita harus bisa nge allign team members yang ada di dalam project kita supaya tau reason behind we develop this product, biar semua sama sama dapet ownership sama product yang dibuat ini, jangan sampe setengah hati karena bakal berasa tuh pas proses sama hasilnya kalo ga tulus buat ngerjain ini dari awal.
  2. Manage Uncertainty: Ketidakpastian akan bagaimana sebuah proses pembuatan sebuah produk dari segi kebutuhan sampai prioritas mana yang harus didahului pasti akan muncul, disini PM harus dapat memanage bagaimana product harus di develop dan bagaimana menghadapi segala obstacle yang ada kedepannya nanti.
  3. Manage Complexity: Akan ada sebuah kompleksitas yang dihadapi dalam proses pembuatan sebuah produk, dari pengerjaan yang akan susah buat di solve sampai mungkin bener bener ga paham sama sekali gimana cara nge solvenya, disini kita ditantang untuk mengetahui cara terbaik untuk mendapatkan sebuah solusi dan berusaha juga membantu peers kita biar tahu cara ngesolve problem yang mereka miliki dengan cara apapun yang bisa kita lakukan.

Sekian curahan hati singkat gue, semoga dapat menjadi inspirasi untuk para designer diluar sana. Jadi catatan juga gue pun sekarang terus berusaha untuk menjadi PM yang lebik baik kedepannya karena gue tau masih banyak yang harus gue pelajarin lagi, tips utama dari gue: perbanyak sharing dengan orang orang disekitar dari bidang apapun, ini bisa menjadi inspirasi buat kita as PM. Dan jangan lupa juga buat download karya saya dan team di playstore dan appstore ya guys, sankyu!

--

--