Sweet Sad O’ Mine!

Opium
terus kenapa?
Published in
3 min readApr 15, 2020

Sebuah Teori Musik Pertongkrongan

Illustration by Writer

Sekedar Intro: Saatnya Nongkrong!

jreng jrengg..

Tulisan ini gue buat, karena cukup banyak waktu yang gua habisin untuk nongkrong. Buat lo yang masih atau pernah kuliah, mungkin lo pernah ngerasain ketika di kelas lo ngantuk, tapi di tempat nongkrong lo bisa melek sampai malem. Ya.. aneh banget ya? Entah dasar kitanya yang males.. Atau…

atau nih ..

“Nilai yang didapetin di kelas cuman sekedar angka dikertas, sedangkan nongkrong itu bicara nilai di kehidupan lo” ciaa ilah. bacot.

Entah yang mana yang lo percaya, gue sih percaya yang bacot tadi ya. Dari ide itulah gue mau sekedar berbagi pengalaman nongkrong gue..

Reff: Major vs Minor

uwooou uwoo!

Satu bagian yang paling gue demen pas nongkrong adalah bagian nyanyi2. Gak heran kalo lagi nongkrong, paling enak bawa gitar. Kalo pun gabawa.. ya minjem. Ini yang membuat gue terinspirasi dengan teori musik pertongkrongan. Musik yang gak sekedar teori musik dalam kelas!

Oke kita mulai, Buat lo yang agaknya sedikit paham soal musik (sama kayak gue hehehe), pernah denger kan kunci Major atau Minor. Kunci atau chord yang cuman beda satu nada, tapi punya nuansa yang langsung beda. Major dengan nuansa gembiranya, Minor dengan nuansa sedihnya. Ini sih teori musik biasa, tapi pas gue coba liat lagi di “dunia pertongkrongan” gue.. gua nge Klik! satu hal yang cukup jadi alasan gue untuk tetap nongkrong..

Pasti lo sering bawa kesedihan pribadi ke tongkrongan lo kan? Atau justru ngumpul-ngumpul ini diadakan karena salah satu dari kumpulan ini ada yang lagi bersedih. Contoh: “Njir! Lagi f*cked banget nih guee :(. Nongss kuy!” Dengan kalimat seperti ini, tongkrongan sejati akan segera berkumpul, lebih cepat dari power rangers ngumpul pas ada monster bau, Hiyaaa.. Dan dengan sekejap.. tongkrongan rangers ini tidak menyelesaikan masalah (?).. tapi justru menertawakan masalah temen itu. Sampai temen lo atau lo sendiri bisa ketawa sama kesedihan yang ada.

Ini nih yg gue maksud “sweet sad o’ mine”. Kesedihan dan kebahagiaan yang bedanya tipis banget. Di tongkrongan lo bisa nyanyiin lagu-lagu sedih yang berujung ketawa, saking begonya temen-temen lo yang gabisa nyelesaiin masalah. Ini juga bedanya dengan kelas kuliah. Problem ≠ Outcome! Masalah sih diketawain aja.. Gak nyelesai-in apa-apa emang, enggak. Tapi sekedar gimana lo bisa nyanyiin kesedihan dengan cara yang bahagia..

Sehingga, kesedihan punya lo.. kelihatan sedikit lebih manis untuk bisa dinikmati dengan tertawa- Sweet sad o’ mine

Catetan dikit.. Ini kenapa lagu kayak lagu Naif dan sejenisnya enak dinyanyiin di tongkrongan. Mungkin karena banyak lirik sedih yang dibungkus dengan cara bernyanyi riang gembira.

Outro: Sebuah Akhir

Jrengg.. ini bagian gak ada isinya. Ya emang diakhir lagu yang dinyanyiin tadi, udah ga ada apa apa. Gak ada bunyi gitar dan nada lagi. CUMAN hening. Ya bagian ini bagian hening. Akhir dari sebuah ejakulasi emosi dari setiap masalah dan situasi. Momen bersyukur kepada Tuhan,atas karunia nongkrong yang sungguh ajaib ini. Hiyaaaaa!

Disclaimer: Apa pun komentar dan argumen kalian.. Terus kenapa? Hiyaa sekali lagi.

--

--