Lika Liku dari Designer menjadi Business Owner

Richard Fang
The Creative Compass
2 min readAug 14, 2023

--

Berbicara tentang perjalanan dari desainer menjadi pemilik bisnis, gue bisa bilang ini perjalanan yang penuh tantangan dan pelajaran berharga.

Selama lebih dari 16 tahun berkecimpung di industri ini, gue telah mengalami banyak hal yang membentuk cara gue berpikir dan bekerja. Berikut adalah beberapa pelajaran yang gue dapatkan:

Design Skill

Jadi Desainer yang Baik

Gue selalu percaya bahwa cinta terhadap desain adalah awal dari segalanya. Detil itu penting, tapi jangan lupakan tujuan utama desain. Di NTMY, gue selalu ingatkan tim gue bahwa desain itu bukan cuma soal estetika, tapi juga fungsi.

Lebih dari Visual

Desain itu tentang menyampaikan pesan. Gue pernah kerja di proyek yang kompleks, dan yang gue pelajari adalah desain harus mendukung tujuan organisasi.

Komunikasi Ide

Gue sering bilang, ide yang bagus tapi gak bisa dikomunikasikan adalah ide yang sia-sia. Desainer harus bisa menjelaskan konsepnya.

Paham Bidang Lain

Gue selalu dorong tim gue untuk belajar banyak hal. Gue sendiri suka baca buku tentang psikologi dan bisnis. Ini membantu gue dalam berpikir kreatif.

Project Management

Manajemen Project itu Penting

Manajemen waktu dan komitmen terhadap deadline adalah hal yang selalu gue tekankan. Gue selalu break down task dan timeline, dan gue juga suka pakai Trello. Ini membantu banget dalam manajemen proyek.

Communication

Presentasi Online dan Offline

Gue ingat pertama kali presentasi di depan klien besar. Deg-degan? Pasti! Tapi itu membantu gue belajar cara berkomunikasi dengan efektif.

Business Related

Jelas Soal Duit

Gue pernah kehilangan uang gara-gara gak baca dan buat kontrak dengan jelas. Ada bagian di pasal yang menyatakan full refund, dan itu merugikan gue. Sejak itu, gue sesuaikan pasal tersebut agar tidak merugikan diri sendiri dan juga tetap win-win situation dengan klien.

Paham Cara Hitung Cuan

Bisnis harus cuan, even Yayasan juga perlu mutar uang dengan benar, kalau engga akan dipertanyakan sama donatur. Lo harus paham hitung profit margin, rajin catat revenue dan expenses. Harus bisa do the boring things, jangan hanya suka yang kreatif-kreatif aja.

Team Building

Jadi Leader, Bukan Bos

Gue selalu ingin menjadi pemimpin yang bisa diikuti, bukan bos yang ditakuti. Gue percaya bahwa kepercayaan dan pelatihan adalah kunci dalam membangun tim yang solid.

Transisi dari desainer menjadi pemilik bisnis itu gak mudah. Tapi dengan pelajaran-pelajaran di atas, gue yakin lo bisa melakukannya.

Ingat, jangan cuma jadi desainer yang tau desain doang. Jadilah desainer yang juga tau bisnis.

Percayalah, ini akan membawa kamu ke level berikutnya dalam karir lo. Gue sudah melaluinya, dan gue tahu lo juga bisa!

--

--

Richard Fang
The Creative Compass

Building impactful creative businesses. Find on Instagram @nicepeopleclub.xyz