Beberapa Kesalahan dalam Berpakaian yang Sering dilupakan

1. Ukuran jas

Kebanyakan cowok memakai jas terlalu besar sampai mendekati telapak tangan. Pilihlah jas yang sekiranya memiliki jarak sekitar 3–4 sentimeter dari telapak tanganmu. Selain itu, pakailah jas yang ukurannya pas dengan pinggangmu saat dikancing. Jangan terlalu kebesaran atau kekecilan.

2. Panjang kemeja

Panjang kemeja yang baik adalah kemeja yang punya lengan setidaknya 2–3 sentimeter lebih panjang dari jas saat kamu pakai..

3. Pemakaian dasi

Memakai dasi itu memang sulit, tetapi membiarkannya terurai dan tak rapi juga tak benar. Bentuk yang paling ideal dalam simpul dasi adalah trapesium terbalik, bukan jajar genjang. Dan dasi yang benar adalah dasi yang panjangnya tidak melewati ikat pinggang dan simpulnya haruslah menutupi kancing kemejamu dengan simetris.

Jika kamu mendatangi acara formal, pakailah dasi dengan motif polos atau yang tidak ramai. Bila ke acara informal, kamu bisa memakai dasi dengan motif kupu-kupu atau dengan tuxedo yang rapi.

4. Menggulung tangan panjang

Hindarilah menggulung pakaianmu dengan terburu-buru. Sebelum menggulung, lepaslah kancing tangannya dan gulung perlahan-lahan. Hal ini menghindari agar kemeja tak lusuh atau berantakan. Setrika pula lah terlebih dahulu kemeja tersebut agar terlihat rapi tanpa bekas lipatan yang terlihat jelas.

5. Ukuran celana

Selain kecocokan dengan warna baju, kamu juga harus memperhatikan ukuran celanamu dengan baik. Ukuran celana ideal dalam situasi formal adalah celana yang menutupi kaos kakimu, namun tidak menutupi bagian atas sepatumu. Pakailah celana yang setidaknya memberi sedikit ruang untuk paha dan betismu.

6. Ukuran kemeja

Kemeja dengan ukuran ideal adalah kemeja dengan kerah yang tidak ketat maupun kebesaran. Untuk mengetahui ukuran kerah yang baik, masukkanlah jari telunjukmu ke dalam kerah. Bila ruang di kerah pas untuk satu jari telunjukmu. Berarti itu adalah kemeja yang pas. Selain itu, perhatikan pula saat memasang kancing kemejamu. Kemeja dengan ukuran yang tepat adalah kemeja yang kancingnya lurus saat kamu pakai. Bila barisan kancingnya lurus dan kamu nnyaman memakainya, berarti itu adalah ukuran yang benar.

Begitu pula dengan ukuran kaos, jika lipatan lengan hingga ketiak tidak melebihi panjang pundak, maka kaos tersebut pas dengan ukuran badanmu.

7. Pemakaian v-neck

Kaos v-neck pada awal mulanya memang untuk lelaki, cocok untuk yang memiliki wajah dan leher yang chubby agar terlihat lebih leluasa. Namun, beberapa dari kamu para cowok mungkin tidak memperhatikan bagaimana v-neck yang tepat. Jangan memilih v-neck yang terlalu menjorok ke bawah sampai memperlihatkan sedikit bagian dadamu. tapi pilihlah v-neck yang melebar dan tidak menjorok terlalu dalam agar kamu terkesan lebih kalem namun tetap maskulin.

8. Pemakaian sepatu

Dalam situasi formal, pakailah sepatu pantofel atau loafer yang telah disemir dengan rapi. Dalam situasi informal, kamu bisa memakai sepatu model espadrilles dengan celana yang agak menggantung. Bila kamu penggemar sneakers, kamu bisa memadukan dengan celana jogger agar pesona sepatumu lebih terlihat lagi.

Sumber : www.idntimes.com