Segudang Manfaat di Balik Teknologi Blockchain

Penerapan teknologi Blockchain memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat.

Adytia Raflein
Sep 16 · 3 min read
Apa itu blockchain dan manfaatnya
Apa itu blockchain dan manfaatnya
Manfaat Blockchain

Blockchain saat ini menjadi hal yang sedang hangat dan ‘seksi‘”’ diperbincangkan. Teknologi ini disebut sebagai penemuan revolusioner dan fenomenal di generasi setelah internet. Kepopuleran Blockchain semakin meningkat ketika mata uang virtual bitcoin meroket di akhir tahun 2017.

Bitcoin sebagai mata uang virtual (cryptocurrency) merupakan salah satu pemanfaatan teknologi Blockchain yang paling terkenal. Di Indonesia sendiri, cryptocurrency kini telah resmi legal dan dikenal dengan sebutan aset kripto.

Sebagai teknologi baru yang muncul di era serba cepat, Blockchain juga semakin berkembang dan berevolusi. Hadirnya teknologi baru seperti Directed Acyclic Graph (DAG), Lightning Network, Sharding, dan sebagainya juga membuat potensi pemanfaatan Blockchain menjadi semakin luas, dengan proses yang jauh lebih cepat, serta tingkat keamanan yang lebih tinggi pula.

Potensi pemanfaatan teknologi Blockchain sangatlah luas dan mencakup berbagai kebutuhan masyarakat. Apabila penerapannya sudah maksimal di semua lini, Blockchain dipastikan dapat mengubah kehidupan masyarakat secara drastis. IBM sendiri telah mematenkan sebanyak 400 use case atau proof of concept (POC) mengenai implementasi teknologi Blockchain. Beberapa contoh pemanfaatan Blockchain yang saat ini telah mulai diterapkan antara lain sebagai berikut.

1. Smart Contracts

Blockchain dapat diterapkan dalam perjanjian antara dua pihak. Dokumen perjanjian ini bersifat transparan dan dapat dilacak dengan jelas, sehingga mencegah pihak manapun untuk mengubah atau memanipulasi kontrak. Sebab, semua pihak yang terlibat dalam Blockchain akan memiliki catatan sejarah kontrak tersebut.

Penggunaan Blockchain juga dapat menghemat waktu dan biaya. Mulai dari pembuatan kontrak hingga verifikasi kontrak secara otomatis dapat menghemat biaya hingga 40 persen.

2. Jual Beli Properti

Teknologi Blockchain dapat mempercepat transaksi jual beli properti. Apabila database kepemilikan tanah seluruhnya telah berbasis digital dan menggunakan Blockchain, siapapun dapat lebih mudah untuk melakukan pendaftaran tanah termasuk menjual dan membeli properti.

Pembeli dapat memeriksa sendiri segala informasi yang berkaitan dengan properti tersebut. Mulai dari riwayat pemilik terdahulu, pengecekan pajak properti, hingga birokrasi dokumen yang cukup memakan waktu jika dilakukan secara manual. Berkat pemanfaatan teknologi ini, tidak perlu pihak ketiga seperti broker, agen asuransi, bank, atau lembaga lainnya.

3. Internet of Things (IoT)

Saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba mengembangkan teknologi IoT dalam berbagai produk dan layanannya. Dalam IoT, semua perangkat elektronik menjadi cerdas, serta dapat berinteraksi dan menjalankan tugasnya tanpa perlu dioperasikan secara manual, karena terhubung langsung ke internet. Di satu sisi, hidup kita menjadi semakin nyaman. Namun, terdapat resiko yang besar pula, karena informasi pribadi dapat diungkapkan dan privasi dapat diserang.

Blockchain dapat mencegah perangkat mengirimkan informasi ke sumber yang tidak aman. Dengan Blockchain pula, catatan tentang bagaimana perangkat tersebut bekerja akan didistribusikan, sehingga kita dapat memantau perilakunya, serta memastikan bahwa perangkat tersebut bekerja dengan cara yang aman.

4. Sistem Pemungutan Suara

Potensi kecurangan dalam pemilihan umum dapat ditekan, dikurangi, atau bahkan dilibas sama sekali. Apabila sistem pemilihan umum telah terintegrasi dengan data kependudukan masyarakat, Blockchain dapat memastikan bahwa setiap warga mendapat hak secara sah dan legal untuk melakukan voting sesuai dengan identitasnya.

Lewat pemanfaatan Blockchain dalam sistem pemilu ini juga, suara-suara kosong dari penduduk yang tidak memilih alias para pemilih golput juga tidak akan dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Sistem Pelayanan Kesehatan

Blockchain dapat menguntungkan industri kesehatan dengan menyimpan catatan medis dan informasi pasien dalam sistem terdesentralisasi yang mudah diakses dan aman. Blockchain juga dapat digunakan untuk melacak informasi mengenai obat resep yang dijual dan didistribusikan kepada dokter dan pasien.

Lewat pemanfaatan Blockchain, penyedia layanan kesehatan juga dapat dengan mudah melihat data pasien, perawatan apa yang diperlukan, dan berapa biayanya. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dalam melakukan koordinasi seputar kunjungan dan perawatan dokter.

Dengan potensi yang begitu luas, masih banyak hal yang dapat dilakukan lewat pemanfaatan Blockchain dalam berbagai bidang. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak informasi dan update terbaru mengenai perkembangan teknologi Blockchain, kamu bisa datang ke INBLOCKS Conference 2019 yang akan digelar tahun ini. Ajang ini mempertemukan para penggiat teknologi, para pelaku bisnis, dan berbagai kalangan lain yang tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh tentang Blockchain.

INBLOCKS Conference 2019 sendiri diselenggarakan oleh Tokocrypto dan didukung oleh Bappebti.

Tokocrypto

Developing yoursecure fiat to crypto gateways for Indonesia and South East Asia. Find us @ www.tokocrypto.com

Adytia Raflein

Written by

Movie and travel lovers that lost on Crypto world. Working on Tokocrypto as Marketing Lead.

Tokocrypto

Developing yoursecure fiat to crypto gateways for Indonesia and South East Asia. Find us @ www.tokocrypto.com

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade