Hobi Baru: Berburu Burung dan Sakura

Sofia Kartika
Mar 21 · 4 min read
Sakura bloom

Birdwatching ala-ala maksudnya. Karena masih di lingkup cari kembang dan burung. Awalnya, Januari lalu ikut konferensi penulis buku anak dan salah satu narasumbernya adalah biologist, birdwatcher sekaligus ilustrator. Namanya Narisa Togo, dia baru saja menerbitkan buku cerita anak tentang Sakura, setelah sebelumnya dia juga punya buku cerita tentang burung yang bermigrasi.

Setelah beberapa tahun main foto-foto dengan obyek kembang, kami pengen sesuatu yang baru. Iya, walau main foto-foto aja, tetap aja harus ada temanya. Sungguh rempong ya kami ini. Soalnya kalau enggak, ntar bosen. Hihihi. Karena suka dengan presentasi Narisa Togo soal ilustrasi burung dan Sakura ini, kami mencobanya dalam bentuk foto (karena kalau nggambar perlu latihan lebih lama)

First birdwatching

Tadinya, saya gak suka foto-foto burung soalnya geli hahaha. Tapi setelah ikutan belajar ilustrasi itu, oke yuk cobain. Tadinya kami udah ngecek di mana kira-kira tempat untuk birdwatching, ada di Tokyo bay. Tapi situasi tidak memungkinkan karena saat itu sudah ada alert soal virus. Jadi kami gak jadi ikutan. Kami cari tempat bunga Kanzakura/Kawazu Sakura yang tamannya tidak terlalu ramai. Kami juga batal ke Kawazu, Shizuoka, karena ragu. Ada teman di area Edogawa pergi ke Nagisa koen, sepertiya menarik. Akhirnya kami ke sana setelah tahun lalu sempat pergi ke Hirai.

Ternyata tidak semudah itu hahaha

Di Nagisa koen, ternyata gak ketemu sama Mejiro, si burung mungil warna hijau. Adanya bul-bul biasa. Okelah gak papa, sekalian main juga ini. Di Nagisa ada kuda poni juga lho.

Lalu minggu berikutnya, situasinya berubah. Mulai alert dan mulai wfh, kegiatan saya banyak yang dicancel. Sekolah ternyata juga diliburkan. Jadi kami di rumah saja sambil sedih karena gak bisa jalan-jalan. Tapi ya mau gimana lagi.

Bulbul on Dogwood

Jadi selama wfh dan home school, kami juga gak jalan-jalan naik kereta. Setelah hari ke 10 atau 11 di rumah saja, rasanya pusing juga (rumahnya kecil jadi muter situ-situ aja kan). Akhirnya kami ke taman dekat rumah. Jalan kaki gak sampai 8 menitlah. Tetap jaga jarak dan pakai masker, karena takut kena kafun. Ternyata bunga-bunganya sudah mulai mekar. Kanzakura sudah mulai rontok, Sakura tipe lain belum muncul. Kami nemu Bul-bul lagi di antara pohon kuning ini. Dogwood namanya atau cornelian cherry. Senangnya belajar ini, jadi tahu nama burung dan nama tanaman. Coba dulu pelajaran Biologi, menarik seperti ini ya.

Merpati dan Nanohana yang ngeblur dan ketutupan pohon

Kami ke taman cuma 30 menit-an, lalu pulang. Di minggu berikutnya, kami ke sana lagi 30 menit, yang penting ke luar ruangan dan foto sebentar lalu pulang. Kesempatan kedua di taman deket rumah, akhirnya ketemu sama Mejiro yang riang gembira main serbuk bunga.

Mejiro dan Sakura

Sakura yang ini, bukan jenis Somei Yoshino yang biasanya. Ini lebih pink warnanya. Namanya Takato Kohigan. Dan itu si Mejiro! akhirnya ketemu juga sama si cicicuit ijo yang suka loncat ini.

Tampak belakang

Karena tidak semua hasil foto bisa sempurna. Misalnya ini udah cakep sudutnya, warnanya, bunganya. Eh dianya ngadep kebalikannya cepet banget.

Mejiro ketutup ranting

Atau yang ini, udah suka sama tone warnanya, pastel. Dapat yang pas, gak terlalu terang dan gak gelap. Eh dia pindah ketutupan ranting. Cepet banget geraknya memang.

Lumayan keliatan bentuknya

Kamis lalu, ada hari ke sekolah untuk ambil barang-barang. Cuma 30 menit di sekolah. Saya nunggu anak sekolah ke taman, karena masih pagi taman masih sepi. Cuma ada 1–2 orang di taman bunga. Saya pun cuma 15 menit, nemu si Mejiro di satu pohon yang tampaknya hampir full bloom.

White cheek starling

Di taman dekat rumah, ada sekitar 4 jenis burung yang bisa kami temukan. Ada burung yang lain yang namanya nsfw hahaha, warna item putih, tapi saya gak dapat yang ini. Toni yang dapat.

Foto di atas juga agak blur, fokusnya kurang tepat, tapi warna dan posisi si burung lucu. Kayak ngomong, ngapain lagi dah nih orang, foto-foto.

Gambar-gambar hasil foto

Tentu saja dengan foto-foto Sakura dan burung ini bikin pengen gambar-gambar juga, salah satu hasilnya yang masih kaku gambar burungnya, hihihi.

Demikian cerita minggu ini berburu bunga dan burung. Mudah-mudahan krisis ini cepat berlalu dan semuanya bisa berjalan normal kembali. Kami gak berani ke taman yang jauh, tentu saja no hanami tahun ini. Foto-foto saja sudah cukup. Stay healthy!

Full bloom

TokyoDaily

Weekend travels and photography

More From Medium

More on Jalan Jalan from TokyoDaily

More on Jalan Jalan from TokyoDaily

Weekend di Kawaguchiko

1

More on Jalan Jalan from TokyoDaily

More on Tokyo from TokyoDaily

More on Tokyo from TokyoDaily

4 (empat) Kota Tua di Tokyo

1

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade