Trakteer
Published in

Trakteer

Cara Meningkatkan Performa Konten

Photo by Carlos Muza on Unsplash

Sebagai seorang konten kreator pasti perlu meningkatkan performa konten agar lebih berkualitas dan mengundang banyak audiens. Terkadang kreator terlalu nyaman dengan konten yang sekarang dan belum berani memulai perubahan untuk peningkatan kualitas kontennya. Padahal meningkatkan performa konten itu penting untuk dilakukan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan performa konten.

Evaluasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi kontenmu. Media yang kamu gunakan untuk membagikan konten biasanya menyediakan informasi tentang seberapa banyak interaksi yang dilakukan oleh audiens kepada konten ataupun laman milikmu.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi lainnya untuk membantu mengevaluasi konten Kamu.

Evaluasi ini membantumu mengetahui konten apa yang paling banyak diminati, seberapa banyak audiensmu bertambah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu jadi paham kekurangan kontenmu dan bisa mengatur rencana untuk meningkatkan performanya nanti.

Terima Feedback

Konten yang telah kamu buat dan bagikan tidak selalu tampil baik. Bahkan tidak sedikit audiens yang meninggalkan komentar pada konten yang kamu unggah. Coba telaah komentar-komentar tersebut, bisa jadi terdapat kritik dan saran yang baik untuk membantu meningkatkan performa kontenmu. Selain itu, mintalah juga pendapat dari orang-orang di sekitar Kamu tentang karyamu.

Kenali Saingan Kamu

Sebagai konten kreator, kamu perlu mengetahui kreator konten-konten yang serupa dengan milikmu. Coba teliti kelebihan dan kekurangan dari konten mereka. Apa saja hal yang membuat mereka lebih digemari. Saat kamu sudah mengetahui hal tersebut, kamu dapat belajar dari kelebihan mereka menyajikan suatu konten. Ini bukan berarti kamu menjiplak konten mereka ya.

Re-planning konten

Setelah melakukan hal-hal di atas, kamu dapat mulai merencanakan kembali (re-planning) kontenmu, contohnya:

· Menambah komponen-komponen baru pada konten. Komponen yang dimaksud seperti animasi baru pada video Kamu, backsound baru pada opening podcast, atau bahkan warna baru pada blogmu. Namun perlu diingat, penambahan komponen baru ini jangan sampai menghilangkan identitas dan ciri khas kontenmu.

· Menjadwalkan pengunggahan konten pada waktu tertentu sesuai dengan sasaran audiensmu. Hal ini bisa membuat konten Kamu lebih tertata dan cocok dengan karakter audiensmu.

· Lebih baik durasi konten dikurangi atau tidak. Konten tentang tutorial gambar dengan vlog liburan pasti memiliki durasi yang berbeda. Hal ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk menambah ataupun mengurangi durasi agar sesuai dengan audiens dan tidak mudah merasa bosan.

Gunakan Jasa Pihak Lain

Hal ini juga bisa Kamu lakukan. Misalnya Kamu sadar bahwa Kamu kurang lihai memproduksi konten dari sisi penyuntingan (edit). Kamu dapat menggunakan jasa dari para editor professional atau bahkan merekrut orang yang berpengalaman di bidangnya untuk membantu menyunting konten Kamu. Tentunya, sesuaikan dengan budgetmu ya!

Jangan Takut Akan Tantangan

“Ingatlah. Tidak ada tantangan, tidak ada kesuksesan.”

— Israelmore Ayivor

Bertahan di zona nyaman tidak membuat kamu berkembang. Saat ingin meningkatkan performa konten, Kamu juga harus siap dengan segala tantangan dan perubahan di depannya. Awalnya memang berat dan kurang nyaman untuk dilakukan, namun lambat laun kamu akan beradaptasi dengan tantangan dalam pembuatan konten tersebut. Bisa jadi tantangan ini dapat berdampak pada kesuksesan konten kamu. Jadi jangan takut akan tantangan ya!

Dengan mengikuti beberapa hal di atas, performa konten kamu akan meningkat asalkan kamu sungguh-sungguh dan konsisten melakukannya.

--

--

--

Trakteer adalah sebuah platform yang membantu konten kreator untuk mendapatkan dukungan finansial sebagai bentuk apresiasi dari para penikmat karyanya. Gabung sekarang di https://trakteer.id

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Budi Satria Wijaya

Budi Satria Wijaya

Up on Melancholy Hill

More from Medium

Jerome’s Journal: Tarasque — Page 20

Danielle Elsener: DECODE is in the details

How to grow your yoga business through guest posting and podcasting

It’s Time for An Update from the Clubhouse Town Hall — here are my notes LIVE — and Live only Later!