Hal Paling Membingungkan Adalah Memulai

Bagus Ramadhan
Tulis Aja — Lubuk Ekspresi Kata
2 min readJun 15, 2017

Setiap kita, saya yakin memiliki sebuah ide tentang mewujudkan sesuatu. Entah itu membuat sebuah projek, membuat karya ataupun mencapai sebuah capaian penting. Namun sering kali ide-ide yang tercetuskan tersebut hanya semata angan-angan dan tanpa ada hasil yang nyata. Parahnya lagi kita berulang kali berusaha untuk meyakinkan diri bahwa suatu saat kita akan bisa mencapai angan itu.

Masalah ini bukan hanya terjadi pada orang-orang tertentu, tapi saya yakin hampir setiap orang di bumi mengalaminya. Memang saya tidak punya datanya, ini asumsi saja. Ya untuk meyakinkan saja bahwa saya tidak sendiri dalam menghadapi masalah ini. Itu mengapa saya berusaha untuk mencari solusi untuk mewujudkan ide yang saya miliki. Apakah saya sudah menemukan cara yang manjur? Rasanya tidak, tapi saya tidak berhenti untuk mencoba. Salah satunya adalah dengan memulai hal baru. Publikasi ini salah satunya.

Nyatanya, memulai juga memiliki tantangan tersendiri untuk dihadapi. Sebagaimana manusia tidak mampu melihat masa depan dengan jelas, kita dengan ide-ide kita yang ingin dimulai kerap menghadapi hal-hal yang membingungkan seperti apa yang harus dilakukan, bagaimana nanti, bagaimana jika dan seterusnya. Hingga akhirnya kita terdorong untuk mencari jawaban. Bertanya kesana kemari, kadang menemukan jawaban tapi kadang juga jawaban itu membuat kita lumpuh. Ya lumpuh karena terlalu banyak informasi untuk memulai, para ilmuwan sosial menyebutnya paralysis by analysis. Itu sebabnya saya menyebut bahwa memulai adalah hal yang membingungkan.

Meski membingungkan, toh pada akhirnya, saya memulai juga. Tekad untuk mewujudkan sesuatu lebih besar ketimbang ketakutan saya untuk menghadapi ketidak pastian di depan sana.

Saya berkomitmen untuk mulai menulis di publikasi ini setiap harinya. Tulisan yang tidak panjang, mungkin sekitar 200–300 kata. Saya hanya ingin membuktikan bahwa saya mampu untuk menulis dalam satu tahun penuh. Saya tidak tahu apakah saya punya 365 ide untuk mencapai tujuan itu. Satu hal yang saya tahu, saya harus memulainya saat ini juga. Bagaimana menurutmu?

Hari 1
15 Juni 2017
Jakarta Pusat

--

--

Bagus Ramadhan
Tulis Aja — Lubuk Ekspresi Kata

Produsen konten berpengalaman 8+ tahun. Telah memimpin projek konten untuk 5+ Brand teknologi & menghasilkan 1 juta lebih traffic. Hubungi bagusdr@teknoia.com.