Pengalaman 1 bulan di Udacoding

Hafid Ali Mustaqim
Udacoding
Published in
3 min readOct 15, 2019

“Pengalaman merupakan guru terbaik” mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan situasi saat ini. Pesantren Ikhwan Udacoding merupakan sebuah program yang diadakan oleh Udacoding dengan lama kegiatan 6 bulan dan juga GRATIS.

Ada beberapa tahap yang harus saya persiapkan untuk bisa ikuti program pesantren ini yang pertama adalah seleksi berkas (CV dan Portofolio), kemudian setelah itu ada tes wawancara, nah setelah wawancara hal yang terakhir adalah membuat Motivation Letter. Alhamdulillah setelah beberapa seleksi dilakukan malam-malam mas Rizky menghubungiku bahwa saya diterima untuk mengikuti program Pesantren Ikhwan Udacoding.

Pada hari Sabtu tepatnya 7 September saya berangkat ke kantor Udacoding, keesokan hari nya sampailah ke kantor Udacoding pada waktu subuh, teman yang pertama kali saya kenal yaitu mas Rizal, rizal ini sampai di Udacoding pada hari jumat. asalnya dari Pamulang, kira-kira 30 menit dari rumah katanya. setelah itu ada mas Alamsyah dia berasal dari Cirebon , dan mas alamsya ini baru lulus SMK, selain itu dia dari jurusan TKJ kata dia pengin banting setir ke dunia programming, semangat yang patut diacungi jempol hehehe. nah teman yang terakhir pesantren udacoding yaitu mas Ridho dia yang paling jauh di antara kita ber-tiga asalnya dari Riau tepatnya di Kampar, dia memilih ke bagian Web Developer.

Pada hari senin tepatnya saya mengikuti traning basic kotlin, untuk training biasanya pada hari Senin-Kamis dan kalau malam biasanya saya membuat modul yang telah dipelajari pada siang hari, pada traning basic itu saya diajarkan tentang dasar-dasar pemrogaman kotlin dari sejarahnya, sintaksnya, sampai OOP atau Object Oriented Programming, pada hari ke-4 itu membuat aplikasi Video Player yang mengambil data dari youtube kemudian membuat aplikasi Maps seperti Google Maps. Nah untuk trainer nya yaitu mas Nando , menurutku beliau sangat asyik dan santai saat membawakan materi dan tentunya sangat berpengalaman, terkadang juga membuat hal-hal yang lucu, hehehe. Beliau juga pernah mengikuti project dari Kementrian Pendidikan lho, sangat keren menurutku. lanjut, setelah minggu pertama selesai kemudian dilanjutkan ke minggu ke-2 belajar tentang kotlin Intermediate yang materinya Design Pattern. di materi ini belajar tentang cara menerapkan design pattern ke aplikasi yang telah dibuat sebelumnya, sampai manfaat menggunakan design pattern.

Kemudian pada minggu ke-3 ini merupakan training kotlin yang terakhir dan juga yang paling berat menurutku hehe, karena saat siang kita training kotlin dan malamnya saya dan teman-teman mulai mengikuti materi traning yang berbeda yaitu flutter. nah pada traning kotlin minggu ke-3 ini materi yang diajarkan yaitu tentang membuat e-commerce, nama aplikasinya yaitu Manjua App. Alhamdulillah setelah hari ke-empat akhirnya aplikasi nya sudah selesai dikerjakan.

Untuk training flutter sendiri itu waktu nya pada malam hari setelah isya biasanya sampai jam 11an, dan materinya yaitu flutter basic, untuk trainer nya sendiri adalah CEO Udacoding yaitu Mas Rizky pada training ini saya belajar tentang dasa-dasar flutter, installasi flutter, material design dan yang terakhir yaitu membuat Login dan Register menggunakan database.

Selain kegiatan training pada waktu weekend saya dan teman-teman biasanya ikut kajian atau workshop tentang pemrograman, kemudian disini juga dilatih untuk bisa public speaking, oleh karena itu teman-teman yang ada pada pesantren ini menjadi speaker atau pembicara saat acara codingtalk atau training dan juga training online, untuk codingtalk itu biasanya dilaksanakan pada saat weekend juga, dan saya kebagian menjadi pembicara pada tanggal 12 oktober materinya tentang MVP. mungkin ini pertama kali saya menjadi pembicara dan pastinya rasanya deg-degan tapi alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar. nah mungkin itu Pengalaman yang bisa saya dapatkan selama 1 bulan disini semoga nanti nya bisa digunakan sebaik mungkin dan bisa bermanfaat bagi sekitarnya

--

--