Syahrizal Akbar
Udacoding
Published in
2 min readOct 14, 2019

--

Pengalamanku 1 Bulan dengan Udacoding

Bismillah,

Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku ketika mengikuti program pesantren ikhwan di Udacoding pada satu bulan pertama.

Alhamdulillah aku diterima untuk bergabung dengan udacoding.

Hari pertama aku datang ke udacoding, aku langsung belajar pemrograman android menggunakan java.

Lalu setelah itu aku mengikuti training-training yang diadakan oleh Udacoding, pada satu bulan pertama aku mengikuti training kotlin dari mulai basic hingga membuat sebuah aplikasi ecommerce, dari setiap level training aku di wajibkan membuat modulnya.

Dari yang aku pelajari selama ini ketika dalam proses belajar kotlin, banyak sekali hal baru yang aku ketahui dalam dunia pemrograman android, dari sini aku belajar bagaimana melakukan koding yang baik seperti menggunakan design pattern, penggunaan variabel yang tepat, dan menghindari warning-warning yang ada.

Selain koding aku biasanya juga mengikuti kajian bersama-sama dengan teman2 dari udacoding yang lain.

Selain itu aku juga mengikuti training flutter basic, aku diajari oleh mas Rizki Syaputra, pada flutter ini senengnya kita bisa membuat aplikasi android dengan desain yang bagus dan banyak icon-icon yang bisa langsung dipakai dengan mudah sekali.

Alhamdulillah di udacoding biasanya tiap pagi kita melakukan setor hafalan kepada mas Nando Septian Husni dengan target minimal selama enam bulan kita harus hafal 1 juz terserah mau juz yang mana aja.

Mas Rizki Syaputra dan mas Nando Septian Husni adalah guruku di Udacoding.

Diudacoding aku juga dituntut bukan hanya bisa melakukan koding tapi juga bisa berbagi ilmu dari apa yang telah aku pelajari

Berbaginya biasanya kita(aku dan teman2) melakukan kegiatan coding talk yang diadakan tiap pekan secara bergantian dengan tema-tema yang menarik dan bisa dihadiri oleh siapa aja baik yang baru mengenal programming ataupun yang sudah memiliki pengalaman.

Aku juga mengikuti kegiatan workshop atau apapun itulah namanya yang intinya aku belajar ke orang lain juga selain dari udacoding.

Atau ada juga temanku yang lain yang sudah bisa ikutan mengisi training, dan juga ada yang dapat project.

Banyak juga tantangan dan hal hal menarik yang bisa dikerjakan disini.

Mudah-mudahan ilmu yang aku dapatkan disini bisa bermanfaat dunia dan akhirat.

Itu adalah sebagian dari pengalaman yang aku bisa ceritakan disini, mudah mudahan bisa bermanfaat untuk pembaca seluruhnya.

Sekiannn.

--

--