Alasan Memilih Medium sebagai Media Blogging

Ulfa Setyaningtyas
Ulfa’s Journal
Published in
2 min readOct 5, 2019

Assalamu’alaikum … dan semoga hari kalian semua menyenangkan dari saya, Ulfa Setyaningtyas.

Setelah sekian lama saya tidak aktif dalam dunia per-blogging-an karena beberapa kesibukan, kegabutan yang agaknya kurang berfaedah dan kemalasan yang hakiki dalam menulis di blog pribadi, meskipun saya tetap aktif mengirim tulisan ke beberapa media lain. Akhirnya, beberapa hari yang lalu saya mendapat pencerahan untuk kembali ke dunia blogging. Berhubung beberapa bulan yang lalu domain blog asli saya sudah wafat a.k.a kadaluarsa dan saya malas melakukan perpanjangan, jadi ya, akhirnya saya memilih untuk alih platform ke Medium~yeeeeyy.. welcome, myself.

Perlu saya akui bahwa Medium memberikan warna yang cukup berbeda dari platform-platform blogging pada umumnya. Nah, saya jelasin aja deh alasan mengapa Medium cukup menarik untuk menjadi pilihan bagi kalian yang suka menulis tetapi nggak suka ribet atau kurang memahami permasalahan teknis di blog atau website.

1. Simple

Yes, se-simple itu. Berbeda dengan jika kita menulis di blog kita sendiri. Di Medium, kita tidak perlu memikirkan hal-hal teknis seperti bahasa pemrograman, SEO, dan lain-lain. Kalau kita perhatikan bagian interface, pages editor, hingga pengaturan, Medium menawarkan kemudahan yang sangat berguna dan yang tidak kalah penting adalah tampilannya yang bersih dan sangat dinamis. Kita jadi bisa lebih fokus terhadap konten atau isi. Bahkan, bagi seorang pemula sekalipun lebih mudah daripada harus menggunakan platform lain yang telah lebih dulu popular di luar sana.

2. Traffic Sudah Tersedia

Bagi penulis yang tujuan utamanya bukan traffic dan adsense melainkan sekedar menyalurkan hobi atau berbagi cerita, platform ini sangatlah cocok karena termasuk mudah ter-indeks oleh mesin pencarian. Saat ini, sulit menemukan orang-orang yang memang mau membaca bahkan menanggapi tulisan kita di blog pribadi dari sekian banyak blogger yang jauh lebih memahami urusan bahasa pemrograman dan SEO sehingga lebih mudah pula bagi blog mereka untuk bertengger di halaman teratas mesin pencari.

3. Dukungan Aplikasi Mobile

Adanya dukungan aplikasi mobile yang menawarkan sejumlah fitur kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses blog kapanpun dan di manapun secara real-time.

4. Lebih Mudah Mencari Relasi

Mengingat penggunaan platform blogging yang cukup rumit dan menuntut kita untuk memahami lebih daripada menulis dan kualitas konten itu sendiri, kehadiran Medium seperti memberikan angin segar bagi orang-orang yang ingin menulis namun tidak ingin diribetkan dengan masalah teknis. Dengan begitu, akan lebih banyak pula orang yang ikut bergabung dalam platform ini meskipun tidak memahami dunia SEO, SEM, bahasa pemograman, domain atau self-host, dan lain-lain.

Jadi, begitulah kira-kira alasan yang dapat menjadi pertimbangan bagi pembaca maupun saya pribadi untuk menulis di Medium. Tulisan saya tidak dimaksudkan untuk menyarankan blogger meninggalkan blog pribadi yang telah ada. Namun, akan lebih baik lagi jika tulisan-tulisan kalian juga di publikasikan melalui media ini sebagai blog pendukung~ kan lumayan kalau bisa dapat backlink dan mendongkrak traffic. Hahaa.

--

--