Programming language apa yang harus lu belajar pertama kali ?

Willam Anputra
Under10
Published in
4 min readMay 5, 2017
Confused?

So… hari ini gua mau kasi kalian tips biar kalian ga kebanyakan pikir. Banyak beginners aka (‘noob’) pada bingung mau belajar bahasa apa pertama kali dan kalau kalian liat dari forum forum banyak yang bilang

“It doesn’t matter which language you learn first as long as you understand how programming works”

So intinya kalian belajar language apa aja terserah yang penting kalian mengerti basic programming dan jawaban dari gua adalah “Maybe”, maybe yes & maybe no.

Gua mau kasi tau kenapa gua setuju & ga setuju dengan statement di atas. Here’s why :

Case 1: lu itu masi baru masuk kuliah atau belum kuliah

Buat kalian yang belum kerja, belum ada tanggung jawab,etc.. YES.. kalian bisa belajar language apa aja yang kalian mau karena kalian masi ada waktu luang banyak.. kalian bisa coba-coba bahasa pemograman yang kalian suka buat bikin simple project.

Case 2: lu udah kerja dan mau pindah karir

Kalian ingat iklan ini ?

Cap lang

Gua setuju sama si caplang… kalau lu udah kerja dan mau pindah karir, lebih baik lu ga coba coba deh.. waktu lu bakal abis buat belajar doang tanpa ada tujuan. dan gua tau kalian pasti mau dapet kerjaan secepat mungking.So… gua mau kasi tips concrete buat yang mau pindah karir.

Disclaimer: Ini saran pribadi dari gua, kalau lu ga setuju jangan tersinggung. silahkan komentar ( Gua pake advice ini dan dapet kerjaan dalam 4 bulan )

So here goes:

  1. Kalau lu mau bikin WEBSITE pake JAVASCRIPT titik. Lu belajar itu javascript dan jangan belajar yang lain dulu. Tunggu lu udh ngerti baru deh coba-coba yang lain.
  2. Kalau lu mau bikin Android app doang belajar JAVA.
  3. Kalau lu mau bikin IOS app doang belajar SWIFT. Buat ios developer yang pake ‘Objective C’ buat bikin IOS app, alesan gua bilang Swift karena trendnya mulai pake Swift’.
  4. Kalau lu mau bikin Android & IOS belajar JAVASCRIPT & REACT NATIVE.

Sekilas sepertinya paling bagus belajar JAVASCRIPT ya.. karena lu bisa bikin Android & IOS & Website. BUT WAIT…. gua mau kasi tau 1 hal yang kalian perlu tau.

Lu harus tau “Market demand” di negara lu gimana. Kalau kita lihat di graph.. di indonesia paling di minati adalah

  1. Android
  2. Ios
  3. React Native

dari gambar ini kita bisa tau bahwa di indonesia lebih banyak yang cari android developer di bandingkan yang lain. Nah sekarang itu pilihan kalian mau yang mana.

  • Kalau kalian mau dapet kerjaan paling besar kemungkinannya belajarlah JAVA untuk android.
  • Kalau kalian itu “APPLE” lover yang hardcore, belajar lah swift untuk ios
Apple fans
  • Kalau kalian yang business minded atau future startup founder neh yang masi gaptek tapi mau belajar buat bikin app. Belajarlah JAVASCRIPT buat React Native.

Ada 1 hal lagi yang gua mau kasi tau kalian.

SETIAP BAHASA PEMOGRAMAN ADA PLUS DAN MINUS

Nanti ketika kalian sudah lebih berpengalaman, kalian bakal ngerti kenapa plus minus ini penting. Tapi kalau kalian baru mulai… ikutin aja deh saran gua yang di atas. Gua jamin bakal hemat waktu lu, gua udh research banyak :) .

By the way… ini recommendation dari gua kalau lu mau mulai belajar

Android:

Ios:

Javascript:

Sekian dari gua guys… Kalau artikel ini membantu lu, boleh follow & like xD. artikel kedepan bakal lebih banyak tentang react native :)

--

--

Willam Anputra
Under10

Self taught software developer| ❤ books | ❤ sports | self-education advocates.