Untuk future startup founder, student & developer baru. Pakailah React Native untuk mobile app kalian kedepannya.

Willam Anputra
Under10
Published in
2 min readMay 7, 2017
React-Native

Sebelum gua kasi tau alesannya kenapa gua mau kalian pakai React Native, gua mau kasi tau dulu untuk para native mobile app developer (android & ios) yang sudah lama di dunia “NATIVE” :

“Ya, tidak harus pakai REACT-NATIVE. Pakai android studio atau xcode juga ga masalah”

Kalau kalian belum tau, gua dulu android developer selama 1 tahun tapi sekarang gua pindah ke React Native. Alasan gua pindah simple banget:

React Native cocok buat business.

Seperti yang kalian tahu, background gua “business”. Buat gua performance penting tapi yang paling penting buat gua adalah “business efficiency”.

Gua udah pernah buat aplikasi dengan “React Native” dan “Android”. Gua mau kasi tips apakah React Native cocok untuk kalian. Here goes:

  1. Pakai React Native kalau kalian baru belajar coding. Kenapa??ReactNative lebih mudah di pelajarin di bandingkan dengan Android atau Ios
  2. Pakai React Native kalau kalian startup atau mau mulai startup. Kenapa? kalian belum perlu hire “Android” & “ios” developer kecuali performance sangat “crucial” buat app kalian. Untuk versi React-Native 0.44 masi tidak mudah untuk “optimize”. Kalian juga bisa hemat gaji developer karena kalian hanya perlu 1 developer untuk “Android” dan “ios”

3. React-Native mulai menjadi trend.

Kenaikan React-native selama 1 tahun (‘100’ artinya popular)

William! penjelasannya bikin lebih simple lagi dong:

Oke oke… neh gua bikin lebih simple:

  1. lu baru mulai belajar coding, pake “React Native”
  2. lu startup baru, pake “React Native”
  3. lu business person, pake “React Native”
  4. lu developer yang mau jadi lebih valuable ke depannya, pake“React Native”
  5. gua mau aplikasi gua bagus banget ada animasi yang aneh-aneh complex deh pokoknya, pake “native”

Sekian dari gua peeps semoga bisa membantu, kalau masi bingung gua nanti bakal post artikel tentang “React Native” secara full. Untuk sekarang gua mau kasi tahu dulu kalau React Native itu pilihan yang cocok buat business. Inget ya… business….

Please Share atau follow publication ini kalau menurut lu berguna :)

See ya in next article.

--

--

Willam Anputra
Under10

Self taught software developer| ❤ books | ❤ sports | self-education advocates.