Behind The Screen SBMPTN 2014 Part 1

Panji Samodro
Unique and Culture
Published in
4 min readAug 1, 2014

Apa yang loe rasakan jika udah ngeliat judul post kali ini? hah ceyiusan? hah maca cih? anjing!! kurang kerjaan banget lo!! (tapi gak pake alay juga yah). Lah tapi emang itu kok kenyataan yang gue alamin,sebenernya gue punya alasan kuat kenapa gue harus ikut SBMPTN ,yang pasti alasan gue bukan karena bisa di anggap senior karena gue bebas buat jitakin maba-maba lainya(Kan gue juga maba yah? begok lo nji). Alasan gue simpel. Gue cuma pengen masuk UI! bukan sinetron ungkapan inayah,tapi ini beneran UI (Universitas Indonesia). Ada hal-hal unik dibalik gue melakukan tes SBMPTN di tahun yang berbeda. Gue mulai dari tes SBMPTN di tahun 2014. Menurut gue SBMPTN di tahun 2013 itu merupakan seleksi yang spesial,karena SBMPTN merupakan perubahan nama yang berasal dari SNMPTN. Emang sih pendidikan di Indonesia very very very ribet. Contohnya aja deh UN(Ujian Neraka) tiap tahun tuh metode UN berganti-ganti,awalnya UN itu terbagi menjadi 2 tipe soal berbeda di tiap pelajaran,terus tahun berikutnya bertambah menjadi 5 tipe soal berbeda,dan di tahun gue UN menadi 20 tipe soal berbeda + ditambah barcode. Sebenernya pemerintah kurang cerdik sih dalam menyikapinya,gimana kalo tiap siswa nantinya udah gak bawa kertas sobekan lagi buat nyatet kunci jawaban,tapi mereka bawa meja kasir swalayan buat ngebaca tuh barcode(emang lo kira tuh soal UN belanjaan bulanan nyokap lo). Tapi please deh,kita tuh sebagai pelajar emang paling jago untuk masalah ngebet,seriusan dah,gue punya temen yah,dia itu ranking 1dalam angkatan. Entah dia karena saking seriusnya atau gimana,saat ngerjain soal UN dia itu gak nyadar kalo ingusnya itu keluar dan jatoh tepat di atas secarik kertas lembar jawaban komputer Gue yang ngeliat pertama kali langsung speachless(antara jijik,terharu,kasian). Mungkin dari pada ngilangin mood gue karena ngebahas soal kotoran hidung(gue milih bahasa yang super alus dan anti mainstream). Back to SBMPTN2014 Entah kenapa saat-saat menuju SBMPTN hati gue langsung tergugah lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, biasanya gue salat 3 kali sehari kadang 1 kali sehari dan sering gak pernah salat. Tapi saat-saat menuju SBMPTN gue langung bertransformasi 90 derajat celcius menjadi anak masjid yang alim dan anak orang tua yang saleh. H-20 sebelum SBM gue selalu rajin ibadan pagi,siang,malam gue salat lima waktu,bahkan gue sempet salat isya dan zuhur sampai 2 kali dan bahkan 3 kali dalam satu waktu,karena gue orangnya lupaan,toh dari pada lupa dan gue berdosa mending gue salat lagi kan. Gak ketinggalan juga ibadah sunah gue jalanin,mulai dari salat duha,tengah malem masang alarm kukuruyuk buat salat tahajud,tapi jujur aja gue paling takut kalo salat tahajud,karena gue harus wudhu yang tepatnya tempat wudhu nya ada di bawah(rumah gue tingkat) jujur aja gue paling parno sama yang namanya HANTU dan kawan-kawan. Untuk ngakalinya gue coba beli sekilo pasir di material,terus pasir itu gue taro di kaya nampan gitu terus gue taro di bawah tempat tidur,jadi saat gue harus wudhu gue gak harus turun kebawah karena gue bisa tayamum, tapi gak enaknya tayamum tuh menjadikan gue kaya make gincu setebel 2cm dan udah kaya cewek-cewek pantura. Tapi itu semua gue rela ngelakuin agar gue bisa lolos masuk UI via SBMPTN. Lalu apa yang orang tua lakukan? Lo tau kan di balik kesuksesan anak pasti ada dukungan dari orang tuanya? Jujur aja sih Orang tua gue sangat mendukung banget gue kuliah dimana aja,tapi,,, Ortu: “Papa sama mama ngebolehin kamu kuliah dimana aja” Gue : “Hah seriusan pah? dimana aja” Ortu: “Iyalah,,Asal PTN,kalau kamu kuliah di PTS kamu bayar sendiri uang kuliah kamu” ujung-ujungnya itu kata-katanya gak enak banget,gile aje,gimana kalau gue dapet PTS? Bisa apa gue? Otak rada begok rada pinter tapi sedikit condong ke pinter sih. Keahlian? Oh my god gue cuma bisa update status doang,ujung-ujungnya tweet galau,dan dari kegalauan gue,gue tetep JOMBLO. Tapi dari kata-kata bonyok gue itulah tumbuh semangat membara gue tiada habisnya. Gue rela belajar siang malam,sore subuh.besok lusa,kemarin lampau. Gue rela untuk meninggalkan ke famousan gue di media sosial walaupun hati sangat perih dan sakit tapi gue rela!! Demi UI gue rela melakukanya. Hari Pendaftaran SBMPTN 2014 Dalam pendaftaran SBMPTN tuh ada berbagai metode,untuk lengkapnya lo bisa liat di www.sbmptn.or.id tapi gue milih yang metode via ATM dengan modal oret-oretan nomor registrasi dari hasil daftar online,gue langsung ke sebuah ATM mandiri di bilangan pejaten,tanpa ragu gue mencet nomor demi nomor”Tot tot tot”(Suara tombol ATM gak bisa diganti yah) dan terlihatlah nama gue muncul nama Raden suroso panji hadiningrat mangkuhardjo djoyohadikusumo(simpel nya PANJI) dan nomor transaksinya gue langsung mencet “OK” dan terlihatlah pesan”Transaksi Berhasil” tapi ada yang aneh. KEMANA BUKTI PEMBAYARANNYA!!!!! Gue panik sendiri waktu itu,jujur aja kan biasanya kalo selesai transaksi apapun pasti keluar tuh bukti transaksi.Gue nunggu 1 menit sampek 5 menit kok gak keluar-keluar,gue coba getok-getok tuh mesin ATM kali aja kertasnya nyangkut jadi gak bisa keluar,sampai gue menoba ngerogoh-rogoh lobanya nya juga gak keluar(Please mikirnya jangan negatif). Mungkin karena aksi-aksi gue yang diluar norma-norma saat di ATM,ada petugas menghampiri gue. Satpam: “Ada yang bisa dibantu mas? kok itu mesin ATM di pukul-pukul gitu” sejenak gue juga merasa bersalah karena sudah membuat mesin ATM yang tidak pernah terakiti menjadi merasa tersakiti. Gue: “ Gini pak Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar Gue jelasin panjang lebar” Satpam : “Owh ini karena kertasnya abis” Sakit gak sih loh?(Lebih sakit jomblo sih). Bank sekece gini kok bisa ngeselin. Namanya aja udah Bank Mandi Sendiri,seharusnya bisa ngasih informasi dong “Maaf kertas abis,yang ngambil duit pada kalap” Tapi gue harus mengadu kepada siapa? Oh tuhan,,,,banyak sekali cobaan yang engkau berikan kepada anak baru soleh seperti aku.Tapi gak papa deh,lo tau kan jalan menuju UI masih panjang,dan bisa kuliah di UI tuh gak gampang dan penuh perjuangan serta banyak zig zag,zebra cross dan jembata penyebrangan. bersambung,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

--

--