Studi Kasus : Mendesain Dashboard Seller Online Store (Avana)

Mayuga Wicaksana
UX Orbit Design
Published in
3 min readNov 25, 2021

Halaman dashboard seller merupakan halaman yang penting untuk menampikan informasi mengenai performance store, penjualan dan interaksi Customer dengan Store.
Berangkat dengan premis tersebut, saya coba mendesain sebuah Dashboard untuk Seller Online Store.

Mari kita lihat prosesnya seperti apa…

Berikut proses desain yang saya lalui dan tools yang saya gunakan.
Google Form & Google Meet saya gunakan untuk mendukung proses menemukan masalah & validasi masalah, FigJam & Figma saya gunakan untuk mendukung proses menemukan solusi hingga membuat hi-fi mockup sebagai hasil akhir.

🔍 Menemukan Masalah (Emphatize)

Setidaknya ada 3 referensi yang saya gunakan untuk menemukan masalah apa yang akan saya pecahkan, yaitu:

  1. Stakeholder Brief
  2. Survey dan
  3. Usability Test

Tujuan dari proses ini antara lain :

  1. Memahami tujuan bisnis
  2. Memahami kebiasaan pengguna (Seller)
  3. Mencari tahu kebutuhan pengguna (Seller)
  4. Mencari tahu poin kesulitan pengguna (Seller)

Stakeholder Brief

Beberapa seller mengeluh dengan halaman dashboard karena informasi yang ditampilkan kurang lengkap, dan kurang actionable. Sehingga kita harus menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, insightfull, dan actionable.

Survey

Saya melakukan survey melalui kuesioner dengan tujuan untuk memahami kebiasaan pengguna, mengetahui kebutuhan pengguna serta memahami poin kesulitan pengguna saat mengakses dashboard.

Berikut beberapa pertanyaan yang saya ajukan :

Berikut insight yang saya dapatkan dari jawaban para responden :

Usability Test

Untuk memperkaya temuan masalah, saya melakukan Usability Test ke beberapa user dengan tujuan mengetahui poin-poin kesulitan pada saat mengakses dashboard tersebut.

Setelah proses pertama (Menemukan Masalah) telah saya lewati, lanjut ke proses berikutnya…

🗒 Validasi Masalah (Define)

Apa saja yang saya lakukan pada proses ini?

Mengelompokan Masalah & Mendefinisikan Kebutuhan Pengguna

Mebuat Hipotesis

🤔 Menentukan Solusi (Ideate)

Berdasarkan hasil hipotesis, pada proses ini saya mencoba menentukan solusi.

Wireframe

🎨 Membuat Desian (Prototype)

Setelah membuat wireframe, selanjutnya saya menentukan Visual Style untuk desain interface dashboard yang akan dibuat.
Kurang lebih seperti ini :

Hi-fi Mockup

Penutup

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca publikasi yang saya buat.

Saya yakin tulisan dan juga desain ini masih jauh dari kata sempurna. Dengan itu saya sangat terbuka untuk segala bentuk saran dan kritik yang membangun :)

--

--

Mayuga Wicaksana
UX Orbit Design

Discover, Define, Design, Deliver | UI UX Designer | UX Orbit Design team