Designer UX Pengen Produktif? Yuk Baca! Part 1

Gerald Mamengko
UXID (UX Indonesia)
2 min readMay 1, 2018

Hello!
Apa kabar kalian… sehat jasmani? sehat rohani?Gosh! maafin saya terlalu banyak bertanya kepada kalian yang berkunjung :D

Pada artikel kali ini saya mau sedikit membagikan apa yang biasanya saya lakukan pada hari libur

Membaca buku!

Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” — Muhammad Hatta.

Setuju banget dengan bung Hatta! ga kebayang apa jadinya kita tanpa sebuah buku. Dalam sebagai designer menurut saya sangatlah wajib untuk kita memiliki sebuah bacaan dari buku untuk kita jadikan pegangan/dasar ilmu.

Dalam seminggu minimal saya menyentuh, merasakan, melihat, dan mempraktikkan isi dari sebuah buku minimal 2 jam. 2 jam ini saya bagi lagi menjadi 10/20/30menit per/baca. kenapa saya buat singkat? karena saya bukanlah tipe orang yang bisa berlama-lama dalam membaca. List buku yang biasanya saya baca antara lain ;

1. Don’t make me think by Steve Krugg
Buku ini favorite banget! kita bisa belajar banyak mengenai Usability didalamnya. Om steve krugg sudah mengemas buku ini se simple mungkin agar kita sebagai pembaca (malas) mudah memahami dan mempraktekkan isi dari buku ini.

2. Sir Alex Fergusson Biography
Dari dulu udah suka Manchester United. apalagi saat jayanya Opa FERGUSSON! GGMU dah. Nah alasan kenapa gue suka baca buku ini karena Opa sharing pengalaman dia saat memimpin salah satu tim terbaik di Liga Premiere sepanjang masa!. So, menurut saya kita bisa belajar banyak dari opa fergie tentang apa itu kepemimpinan.

3. Steve Jobs by Walter Isaacson
Terima kasih banyak untuk om walter yang udah mau menuliskan buku tentang om Steve Jobs!. 40% dari diri saya sekarang ini adalah refleksi dari buku om steve. Tidak ingin berbagi banyak BELI AJA BUKUNYA.

Akhir kata…
Yuk mari membaca. Kalau ada yang bilang membaca itu membosankan BENAR, kalau pengen ga membosankan cobalah cari sweet position kalian or Sweet time dimana kalian ngerasa nyaman pada saat melakukan sesuatu. Contoh saya sangat senang membaca sambil mendengarkan music Jazz dan ditemani secangkir kopi.

Thanks buat semua teman-teman yang membaca artikel ini! :D

--

--