Peluang di dunia Informasi Teknologi

ilustrasi: teknologi

Saat ini, peradaban umat manusia sudah terikat dengan perkembangan teknologi informasi. Dari mulai bangun hingga kembali ke alam mimpi. Hampir seluruh lini kehidupan saat ini telah tersentuh dengan teknologi informasi. Banyak peluang yang bermunculan dengan adanya teknologi informasi. Salah satu peluang yang muncul adalah banyak sekali lowongan pekerjaan yang menuntut pemahaman yang luas dalam penggunaan teknologi informasi. Peluang ini membuat teknologi informasi menjadi jurusan favorit di banyak kampus karena perkembangan teknologi informasi terlihat menjanjikan.

Lantas, apakah benar seperti itu ?

Jika dilihat secara lebih mendalam, ada empat posisi yang perlu dipahami jika ingin memaksimalkan peluang dalam dunia teknologi informasi. Terkhusus bagi anak muda yang ingin terjun langsung dalam dunia teknologi informasi. Pertama adalah perancangan, kedua adalah jaringan, ketiga adalah pengembang aplikasi, dan terakhir adalah data. Ke empat posisi tersebut adalah inti dari peluang-peluang yang dapat dimaksimalkan dalam dunia teknologi saat ini. Tentunya peluang tersebut juga perlu diimbangi dengan pemahaman domain bisnis yang sedang digeluti. Tanpa memahami domain bisnis maka teknologi hanya menjadi alat rongsokan yang tua di sudut-sudut ruangan.

Perancangan

Perancangan atau bahasa kerennya adalah graphic design. Posisi ini adalah posisi yang dapat digeluti oleh banyak usia. Tuntutannya hanyalah seni. Tanpa seni maka rancangan hanya coretan berwarna tanpa pesan yang disampaikan. Perancangan di sini bukan hanya sekedar membuat gambar untuk dijadikan sebuah spanduk ataupun poster-poster dipinggir jalan. Lebih dari itu semua, perancangan di sini dituntut bukan hanya dapat menampilkan tampilan yang bagus dilihat akan tetapi mampu meningkatkan pengalaman pengguna saat melihat dan merasakan rancangan yang dihasilkan.

Jaringan

Ini adalah salah satu komponen yang menurut penulis pribadi bukan hanya butuh teori tetapi juga butuh banyak praktek. Praktek dalam membangun jaringan kecil hingga jaringan besar. Praktek dalam mengelola komputer melalui jaringan kecil hinga mengelola komputer di entah ada di mana. Praktek dalam mengamankan komputer dari serangan pribadi hingga serangan yang tidak dapat diprediksi seperti apa. Kunci dari memahami komponen ini adalah daya ingat yang kuat. Daya ingat yang terbentuk karena terbiasa praktek di lapangan.

Pengembang Aplikasi

Ini adalah komponen yang sedang panas-panasnya. Banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang ahli dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau sistem. Bukan hanya perusahaan yang sudah berdiri tetapi banyak peluang usaha yang muncul dimulai dari komponen ini. Tanpa orang-orang yang ahli dalam pengembangan aplikasi, mungkin dunia ini hanya berjalan di tempat. Komponen ini pada dasarnya tidak perlu di mulai dari universitas-universitas terkemuka. Kunci untuk bisa masuk ke komponen ini adalah logika matematika yang handal dan juga tekun dalam mencari tutorial di internet. Tidak terhitung orang-orang yang bisa menjadi pengembang internet hanya modal komputer dan internet. Satu lagi, semakin banyak kesalahan dalam proses pengembangan aplikasi maka sudah pasti aplikasinya akan semakin bagus. Semakin sedikit kesalahan yang muncul dalam proses pengembangan aplikasi maka kualitas dari aplikasi tersebut akan dipertanyakan dan diperdebatkan.

ilustrasi: pengembangan aplikasi

Data

Data adalah raja. Mungkin kata tersebut yang mungkin cocok disematkan pada perkembangan data saat ini. Terlihat sederhana namun saat data yang dikumpulkan, diolah, dan dikembangkan sedemikian rupa maka data dapat menghasilkan jutaan rupiah atau bahkan menjadi penguasa di masanya. Sebut saja pemilihan presiden terakhir di salah satu negara terbesar di masanya yang dimenangkan oleh Mr. D. Konon katanya, kampanye yang dilakukan untuk dapat memenangkan pemilihan presiden adalah menggunakan data yang dikumpulkan melalui media sosial. Hal tersebut yang jadi penyebab salah satu media sosial terbesar saat itu harus berusan dengan banyak negara dikarenakan adanya dugaan dalam penyalahgunaan data yang dikumpulkan. Salah satu kunci sukses untuk dapat memanfaatkan peluang ini adalah dengan memperdalam ilmu statistik. Ilmu yang menurut penulis pribadi mampu memperkirakan masa depan.

Setelah masuk ke salah satu komponen yang sesuai, ternyata, belajar di salah satu komponen saja kurang. Perlu sekiranya untuk mempelajari komponen lain karena ada beberapa bagian dalam sebuah komponen yang perlu didukung oleh bagian komponen yang lain.

Editor: RA