Penggunaan Odoo ERP dalam Proses Penerimaan Barang di Gudang Warung Pintar

Muhammad Syarif
Feb 16 · 3 min read
Image for post
Image for post
Gudang Tekno, Warung Pintar.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang supply chain, efisiensi dan efektivitas sistem selalu menjadi prioritas Warung Pintar dalam memenuhi kebutuhan para Juragan, sebutan untuk mitra kami, termasuk dalam hal inventaris, di mana kami secara spesifik menggunakan Odoo ERP.

Menerima Produk dari Modul Inventory

Pertama, Anda membuat produk di basis data melalui menu Master Data ‣ Products. Dalam hal ini, Anda dapat menekan tombol Create dan masukkan nama produk.

Image for post
Image for post
Menu Master Data.
Image for post
Image for post
Formulir Buat Produk.

Kedua, jika ingin melacak stok produk tersebut, mengetahui berapa banyak unit yang tersedia, dan berapa perkiraan jumlah unitnya, Anda dapat menyetelnya sebagai Storable Product pada pilihan Product Type.

Namun, jika ingin menyertakan produk pada tanda terima atau pengiriman tanpa perlu melacak stoknya, dapat menyetelnya sebagai produk yang dapat dikonsumsi atau Consumable Product.

Ketiga, setelah mendata produk yang ada, Anda dapat memutuskan untuk membuat tanda terima untuk memasukkan produk dari pemasok yang ada. Proses untuk melakukannya dapat Anda lihat seperti berikut.

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post

Terakhir, pada dokumen tanda terima, Anda dapat memilih kuantitas berbagai produk yang Anda terima dan dari siapa Anda menerimanya, khususnya dari pemasok yang mana.

Ketika tanda terima selesai, Anda dapat klik tombol Validate dan produk akan masuk ke stok Anda.

Image for post
Image for post

Jika Anda memiliki tanda terima yang direncanakan tetapi tidak dapat langsung divalidasi, Anda dapat membuat tanda terima terencana dengan tanggal yang dijadwalkan di masa mendatang.

Anda dapat menunjukkan permintaan awal untuk setiap produk, sesuai dengan apa yang telah dipesan ke pemasok Anda. Setelah dokumen diisi, Anda dapat menekan “Mark as To Do” untuk mempertimbangkannya dalam perkiraan produk Anda.

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post

Menerima Produk dari Modul Purchase

Pertama, Anda dapat pesan produk melalui menu Orders ‣ Requests for Quotation. Dalam hal ini, Anda dapat menekan tombol Create, memilih pemasok dan masukkan produk yang ingin dipesan, setelah selesai Anda bisa klik tombol Confirm Order.

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post

Kedua, setelah produk dipesan, pemasok akan mengirimkan produk tersebut. Anda bisa klik tombol Receipt untuk menerima produk.

Image for post
Image for post

Terakhir, pada dokumen tanda terima, Anda dapat memilih kuantitas berbagai produk yang Anda terima. Ketika tanda terima selesai, Anda dapat klik tombol validate dan produk akan masuk ke stok Anda.

Image for post
Image for post

Itulah sedikit proses secara umum mengenai penerimaan barang di gudang Warung Pintar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Referensi: Odoo.com.

Bagi kalian yang tertarik untuk gabung dengan Warung Pintar, terlebih di Tim Product dan Engineering, yuk, daftarkan dirimu melalui pranala berikut di https://bit.ly/WPCareer!

Image for post
Image for post

Warung Pintar

Blog hal-hal gaib paranormal Warung Pintar.

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store