Everscale — Peduli Blockchain!

Sudah diketahui bahwa teknologi blockchain menimbulkan setidaknya satu bahaya pasti bagi umat manusia — kerusakan lingkungan. Universitas Cambridge bahwa algoritma konsensus Proof-of-Work (PoW), jaringan Bitcoin saja mengonsumsi lebih banyak listrik setiap tahun daripada negara seperti Argentina.

Memastikan bahwa platform blockchain modern aman bagi lingkungan adalah salah satu prioritas utama dalam aktivitas perencanaan. Hal ini dicapai melalui banyak keuntungan teknologi dan dengan mengimbangi kerusakan yang disebabkan berbagai inisiatif lingkungan. Inilah cara komunitas Everscale menanganinya:

Pertama, Everscale menggunakan protokol konsensus Proof-of-Stake (PoS). Daripada menggunakan PoS, penambangan intensif sumber daya dapat mengurangi beban lingkungan sebagai gantinya. Tidak ada farm — satu-satunya kerusakan yang disebabkan oleh blockchain yang berasal dari node operasi dan mesin validator. Pada saat yang sama, arsitektur blockchain memastikan bahwa dengan sejumlah validator yang mirip dengan blockchain serupa lainnya, Everscale dapat menghasilkan transaksi yang berkali-kali lipat.

Ini mengurangi jumlah listrik per transaksi. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, Ethereum mengonsumsi lebih dari 770 juta Joule per transaksi, dan Bitcoin mengonsumsi lebih dari 7 miliar Joule per transaksi. Blockchain Solana, yang mendekati Everscale dalam hal kecepatan, mengonsumsi 1.939 Joule per transaksi.

Tergantung pada konfigurasi perangkat keras, satu node validator Everscale mengonsumsi rata-rata sekitar 400 Watt Hour listrik, yang pada 50.000 transaksi per hari memberikan tingkat konsumsi hanya 720 Joule per transaksi! Pada rekor beban blockchain yang serupa dengan yang dicapai pada Rust Cup Cup, konsumsi listrik platform pasti akan lebih tinggi, meskipun demikian, Everscale akan dibatasi untuk mengonsumsi sekitar 40 juta Joule per transaksi — hampir 20 kali lebih sedikit daripada Ethereum saat ini.

Oleh karena itu, kedua, karena keunggulan teknologi dan arsitekturnya yang unik, blockchain Everscale menunjukkan tingkat keamanan lingkungan yang lebih tinggi daripada platform serupa. Dan ketiga, masyarakat memiliki kebijakan aktif untuk mengimbangi kerusakan yang ditimbulkan. Ini adalah tujuan dari inisiatif lingkungan Treetonium — sebelumnya Tree TON — yang diluncurkan pada Oktober 2020.

Pada tahun 2021, peserta inisiatif membeli sebidang tanah seluas 8 hektar dan mengatur pembibitan untuk 1 juta bibit pohon cedar. Setelah menanam 300.000 hingga 600.000 bibit, aktivis sekitar 10.000 bibit. Sekitar 500 relawan dan donatur ikut ambil bagian dalam prakarsa tersebut, selain menanam pohon, juga mengadakan enam acara sejenis festival yang dihadiri sekitar 100.000 orang.

Land plot, dibeli oleh sukarelawan Treetonium

Setengah juta biji cedar di gudang aktivis Treetonium Pavel Rozanov

Salah satu kemah sukarelawan dan anak pohon Proyek Treetonium

Inisiatif ini juga meluncurkan proyek amal NFT #nfstamp, yang melibatkan lebih dari 50 seniman yang karyanya dilelang pada . Pada Februari 2022, NFT “Peach” karya seniman Rusia Diana Fuchs, yang terdaftar untuk dijual sebagai bagian dari proyek Treetonium, naik harganya menjadi $2.000 atau 8.800 EVER dan sudah menemukan pembelinya.

Untuk mendukung inisiatif tersebut, dana Treetonium DePool dibuat di komunitas. Menurut ketentuan DePool, semua peserta yang menempatkan dana di dalamnya akan menerima 95% dari hadiah staking dan pada saat yang sama dengan membantu menanam pohon, 50% dari hadiah validatornya ditransfer ke rekening dana.

Tentang jaringan Everscale

Everscale adalah salah satu jaringan blockchain dengan teknologi paling maju, yang menggabungkan semua inovasi dan konsep blockchain beberapa tahun terakhir. Fleksibilitasnya memberikan potensi untuk menjadi hub terdesentralisasi untuk banyak blockchain dan aplikasi yang membutuhkan sumber daya seperti GameFi, DeFi, supply chain, dll. Karena teknologi multithreading dan sharding yang dinamis, selalu ada lebih banyak ruang untuk menambahkan node dan shard baru untuk menangani beban apa pun — dan itu adalah sesuatu yang belum dapat ditawarkan oleh blockchain lain.

Everscale memiliki alat pengembang yang kuat, seperti kompiler untuk Solidity dan C++, SDK dan API, client library yang di-porting ke lebih dari 20 bahasa dan platform, dan berbagai browser dan dompet terdesentralisasi.

--

--

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Everscale

Freedom of speech, information and software. Giving power back to the community. Welcome to the Everscale Network!