Kovi by Weekend, Inc. (Coming Soon!)

4 Alasan Bisnis Kamu Butuh Mobile Apps

Sebagai bisnis yang hidup di era digital seperti sekarang ini maka kita harus bisa cepat beradaptasi dengan kecepatan adopsi pelanggan terhadap teknologi, dalam hal ini adalah perkembangan teknologi mobile apps. Selain untuk bersaing dengan bisnis lain yang sudah merambah ranah digital baik website maupun mobile apps, ada baiknya pertimbangan kita sebagai pebisnis untuk mempunyai mobile apps adalah faktor ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

Ini akan mengurangi mobile apps yang bersifat “me-too” dan tidak jelas perannya di dalam bisnis. Alih-alih jadi aset investasi, mobile apps kamu bisa menjadi extra fixed-cost dan liability.

Dari segi investasi, pembuatan mobile apps juga tergolong tidak murah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Mulai dari perencanaan hingga peluncuran ke pasar. Dengan latar belakang ini ada baiknya kita mempunyai alasan yang kuat dan strategi yang mumpuni untuk merilis mobile apps.

Kamu ingin memberikan layanan yang lebih personal dan membangun loyalitas pelanggan.

Setiap bisnis ingin menjadi yang utama di mata pelanggan. Salah satu caranya adalah memberikan layanan yang lebih personal dan lebih mengerti pelanggan. Baik itu secara kebutuhan atau secara emosional. Jika pelanggan sudah merasa dekat dengan bisnis kamu, maka dengan sendirinya loyalitas akan terbangun.

Mobile apps yang memang hidupnya di smartphone pelanggan kamu bisa jadi pilihan yang tepat. Akses ke bisnis kamu hanya sejauh satu tap saja. Saya rasa ini merupakan suatu hak istimewa dan kesempatan bagi bisnis untuk bisa hadir lebih dekat kepada pelanggan.

Sebagian besar atau beberapa bagian penting dari flow bisnis kamu memerlukan campur tangan smartphone dan aplikasinya.

Setiap bisnis mempunyai flow yang spesifik dan beberapa flow tersebut mungkin bisa ditingkatkan performanya dengan menggunakan fitur dan teknologi yang tersedia di smartphone. Salah satu teknologi bawaan yang ada misalnya, kamera dan location-based.

Kita ambil contoh teknologi location-based yang bisa digunakan jika bisnis kamu membutuhkan lokasi pelanggan yang lumayan akurat dan tepat. Misalnya, layanan antar jemput barang (logistik). Sangat masuk akal kalau bisnis kamu mempunyai mobile apps jika location-based menjadi bagian penting dari flow bisnis.

Konsep bisnis kamu membutuhkan pelanggan untuk terhubung setiap saat, dimana saja dan kapan saja.

Kalau bisnis kamu tergantung kepada faktor komunikasi yang lumayan intens untuk memenuhi kebutuhan pelanggan maka mobile apps bisa jadi investasi yang tepat secara jangka panjang. Selain bisa memberikan nilai tambah, kamu juga dapat lebih mempelajari kebiasaan pelanggan yang terekam ketika sedang menggunakan layanan bisnis kamu.

Contoh bisnis yang tepat menggunakan mobile apps adalah layanan personal assistant. Selain bisa menghemat durasi penggunaan telepon, semua permintaan pelanggan juga dapat terekam dengan jelas melalui mobile apps ini (dengan teknologi chat). Pada akhirnya layanan personal assistant yang kamu tawarkan bisa lebih mengerti kebutuhan pelanggan.

Kamu perlu memberikan informasi secara cepat (hampir real-time) kepada pelanggan.

Ya, di era informasi ini semua orang ingin menjadi yang pertama mengetahui berita terbaru, promosi dan diskon terkini. Tentu semua informasi harus relevan dengan pelanggan dan dihadirkan pada waktu yang tepat. Ini semua bisa tercapai dengan mobile apps.

Contoh bisnis yang akan menikmati keuntungan dari mobile apps tipe seperti ini adalah media publikasi (news), discount & promotion, toko online, atau bahkan menjadi alat pendukung di bisnis tradisional seperti logistik truk antar daerah.


Beberapa alasan lain bisnis kamu perlu mobile apps adalah sebagai berikut, 
• Untuk meningkatkan brand awareness
• Menjadi salah satu channel informasi marketing perusahaan 
• Menjadi faktor pembeda dibanding kompetitor

Semoga dengan adanya pertimbangan dan alasan yang tepat, investasi yang akan kamu lakukan untuk membuat mobile apps akan menjadi investasi yang menghasilkan keuntungan baik bagi bisnis maupun bagi pelanggan kamu.

Suka dengan artikel ini? Kamu bisa mendukung dengan cara Recommend dan Share. Thank you!


Weekend, Inc. adalah digital product agency yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Fokus layanan kami adalah pengembangan produk digital (website & mobile apps) mulai dari ide, konsep, design, development, analytics, dan iterasi produk untuk bisnis yang sudah berjalan atau bisnis baru (startup). Gali lebih jauh tentang Weekend, Inc. Together, we can make it happen!