Bagaimana Paul Rand Menghadapi Client

Ingatlah baik-baik, alasan mengapa client mempekerjakan Anda adalah karena Anda lebih baik dalam melakukan sesuatu. Jika Anda merasa bahwa client lupa tentang hal tersebut, ingatkanlah mereka.


Seperti sebuah cerita yang diceritakan oleh Steve Jobs.

Paul Rand

Saat Jobs mempekerjakan Paul Rand untuk membuat logo NeXT, Jobs bertanya, “Dapatkah Anda memberikan beberapa pilihan?” Lalu Rand menjawab,

“Tidak, saya akan memecahkan masalah untuk Anda, dan Anda akan membayar saya. Anda tidak harus menggunakan solusi yang saya berikan — jika Anda menginginkan pilihan, carilah orang lain. Tetapi saya akan memecahkan masalah Anda sebaik mungkin.”
Logo oleh Paul Rand

Jika Anda designer, Anda pasti pernah menemukan client yang meminta, “Font-nya terlihat kurang menarik, bisakah diganti dengan yang lain? Seperti Papyrus, misalnya?”

Meskipun Anda tahu bahwa hal itu akan berpengaruh buruk, Anda menurutinya — karena Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan tersebut. Namun setelah itu, mereka terus menerus meminta Anda melakukan sesuatu yang mereka pikir adalah “hal yang benar”. Mengerikan, bukan?

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Mari kita lihat bagaimana Rand menjawab pertanyaan Jobs. Rand adalah designer yang memiliki prinsip, ia paham dengan apa yang ia lakukan.

Seperti Rand, Anda harus paham dengan apa yang Anda lakukan.

Jika Anda dapat memastikan kepada client bahwa Anda paham dengan apa yang Anda lakukan, mereka akan menuruti Anda. Tahukah Anda berapa banyak Jobs membayar Rand, ketika Rand menjawab pertanyaan Jobs seperti itu?

Jobs membayar Rand sebanyak US$100,000.

Ingatlah, ketika client mempekerjakan Anda, Anda harus memberi tahu mereka jika Anda adalah orang yang akan melakukan pekerjaan, bukan mereka. Tentu client paham tentang pekerjaan mereka, namun mereka tidak memahami pekerjaan Anda — mengapa kontras, ukuran, dsb., itu penting.

Jadi, pekerjaan pertama Anda adalah, mengingatkan mereka jika Anda melakukan sesuatu lebih baik dari mereka, dan itulah alsan mereka mempekerjakan Anda.

Katakan kepada client, “Saya harap Anda memahami alasan mengapa Anda mempekerjakan saya. Jika alasan Anda adalah karena saya dapat melakukannya dengan lebih baik, izinkan saya melakukannya.”

Lalu buktikanlah, lakukanlah pekerjaan Anda dengan baik.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Workerhood’s story.