Go to WWWID
WWWID
Letter sent on Jan 1

Yang Web Developers Harus Tahu #3

Edisi ke 3 ini menutup 2017 dan menyambut 2018. Beberapa artikel adalah rangkuman atau kilas balik dari 2017. Sudah siapkah kalian #MakeTheWebGreatAgain di 2018? Silakan memulai dengan membaca artikel pilihan berikut.

Berita Terbaru

Web Advent Today

Rangkuman 10 tulisan oleh praktisi web untuk menghitung mundur ke 2018 sangat menarik diikuti untuk melihat perspektif mereka akan perkembangan web di 2017 dan apa yang mereka harapkan di 2018. Di tiap artikel ada link ke blog post dari masing-masing author yang menurut saya sangat menarik untuk dibaca untuk penutup 2017 dan pembuka 2018.

Frontend in 2017: The important parts

NPM downloads of Angular, React, and Vue
Source: npmtrends.com

Rangkuman tentang front end development di 2017 terutama di sisi tools dan frameworks yang membantu para pengembang web untuk dapat lebih produktif.

Totally Tooling Tips Holiday Special: 2017 Year in Review

Masih seputar tools, Addy Osmani dan Matt Gaunt memberikan rangkuman tools favorit mereka di 2017 di Youtube channel, Totally Tooling Tips Google Chrome Developers. Tools merupakan alat bantu yang mempercepat dan memudahkan kita dalam menulis kode dan melakukan optimasi dalam aplikasi kita dengan mengotomasi beberapa fungsi dan memberikan informasi atau insight terkait kode aplikasi kita.

Microsoft Edge Support Service Workers

Akhirnya browser Microsoft Edge memberikan dukungan pada service workers di preview build. Dengan demikian dua browsers populer Safari dan Microsoft Edge menutup 2017 dengan dukungan resmi mereka terhadap service workers menyusul Chrome, Firefox, Opera, UC Browsers, dan Samsung Internet. Service workers sendiri adalah salah satu komponen utama di Progressive Web Apps (PWA).

Artikel Menarik

Myth Buster JavaScript

Walaupun ini bukan artikel tapi sebuah e-book berbasis web yang bisa menjadi referensi menarik para pengembang JavaScript terutama yang concern dengan performance aplikasi yang dikembangkan. Dengan e-book ini pengembang JavaScript bisa menerapkan best practice dalam mengembangkan aplikasinya.

Tinder PWA Case Study

Salah satu case study yang sangat menarik untuk dibaca bagaimana implementasi Progressive Web Apps(PWA) pada Tinder berdampak pada metrics mereka. Cocok dibaca buat kamu yang sedang mempertimbangkan platform mana yang ingin kalian fokuskan untuk produk startupmu.

Enter Audio Worklet

Web Audio API merupakan salah satu API yang menarik buat saya. Walaupun Web Audio API di web sudah berjalan di thread terpisah dengan User Interface(UI) rendering thread tapi trigger-nya masih bergantung pada event handler yang bersifat asynchronous yang ada di UI rendering. Sehingga kalau UI kalian cukup aktif, maka latency tetap susah dihindari. Audio Worklet adalah API processor baru yang akan menggantikan ScriptProcessorNode. Audio Worklet diharapkan bisa memberikan zero latency dan synchronous rendering.

Catatan dari Rian Yulianto Tentang Belajar JavasScript

Tulisan dari Rian Yulianto, developer Bandung bagaimana dia memulai belajar JavaScript dari latar belakang Android Developers. Menurut saya sangat menarik dibaca buat kalian yang ingin memulai belajar JavaScript tapi bingung harus mulai dari mana.

Tools, Libraries, dan Frameworks

Lazy Load Router With VueJS

Router adalah komponen wajib Single Page Application(SPA) yang memungkinkan sebuah halaman ditampilkan berdasarkan URL yang dimuat di browser tanpa harus melakukan pemanggilan halaman penuh ke server. Di artikel ini kalian bisa belajar bagaimana membuat router tersebut dengan VueJS library dan metode lazy-load.

WebVR Polyfill 0.10.0

Rilis terakhir di WebVR Polyfill buat kalian yang tertarik bermain-main dengan WebVR. Dengan polyfill ini kalian bisa membuat konten virtual reality(VR) yang bisa dimainkan di iOS Safari. Saat ini Firefox dan Chrome sudah mendukung VR akan tetapi di iOS Safari hanya tersedia di nightly build.

Internet Monitoring With Puppeteer

Puppeteer adalah Chrome Headless API Library yang memungkinkan kalian mengontrol sebuah browser dan melakukan sebuah otomasi seperti di contoh ini. Puppeteer sendiri bisa digunakan untuk melakukan functional testing di aplikasi web kalian ataupun otomasi seperti melakukan screen capture pada web.

Lighthouse 2.6 Updates

Lighthouse yang merupakan standard audit web oleh Google mendapatkan update terbaru dengan perbaikan di audit performance. Beberapa tambahan audit antara lain boot time JavaScript, penanganan cache yang tidak efisien di aset statis, serta redirect website.