FAQ : Apa yang Harus Dilakukan untuk Lepas dari Dosa dan Keterikatan?

Hidup dengan banyak orang disekitar kita membuat kita mengerti, bahwa setiap orang berjuang untuk dirinya masing-masing. Tak terkecuali perjuangan untuk lepas dari dosa dan keterikatan. Ketika seseorang sudah hidup didalam dosa, maka hidupnya akan terikat dan sangat sulit terlepas jika tidak ada keberanian yang cukup untuk lepas darinya.

Seringkali orang yang merasa dirinya berdosa atau dengan sadar melakukan dosa, merasa dirinya tidak layak untuk menghadap kepada Bapa.

Nah, kalau saat ini kita sedang diperhadapkan dengan kondisi tersebut, terikat dengan kehidupan dosa, percabulan, obat-obatan terlarang, dan hal-hal lain yang tidak baik, lalu muncul keinginan di hati kita untuk lepas dari itu semua, apa yang harus kita lakukan?

Setidaknya ada 5 hal yang harus dilakukan untuk Lepas dari Dosa dan Keterikatan:
Pertama
, perlu diingat bahwa Tuhan tidak anti terhadap orang berdosa. Oleh karena itu, jangan ragu untuk datang kepadaNya. Akui segala dosa dan pelanggaran yang kita telah lakukan selama ini, dan minta Tuhan mengampuni serta menguduskan hidup kita. Dalam 1 Yohanes 1:1 dikatakan “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Percayalah, tangan Tuhan selalu terbuka untuk menyambut kita kembali kepadaNya.
Kedua, perlu tindakan nyata untuk terlepas dari dosa dan keterikatan. Jauhi komunitas atau teman-teman yang berpotensi membawa kita kepada kehidupan kita yang lalu karena pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jangan sampai kita jatuh untuk yang kesekian kali.
Ketiga, minta orang tua, saudara, kerabat untuk “menjaga” kita. Dalam arti mereka kita butuhkan untuk mengingatkan kita, kalau-kalau kita lupa dan ingin berbuat dosa lagi. Sebab, saat orang lain meninggalkan kita, percayalah bahwa keluargalah yang selalu akan terima keadaan kita apa adanya. 
Keempat, lakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Bermusik, berolahraga, atau lakukan hobi kita. Kegiatan yang positif mendorong kita untuk terus hidup positif dan bersemangat. 
Kelima, yang tidak kalah penting dan harus dilakukan, bergabunglah dalam komunitas rohani. Masuk dalam komunitas rohani yang akan bisa membantu kita bertumbuh dan menjadi “pagar” supaya kita tidak jauh lagi dari Tuhan. Komunitas rohani maksudnya adalah kelompok kecil / cell group.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Lepas dari Dosa dan Keterikatan?

Perlu diingat, berjuang itu tidak mudah apalagi kalau kita hanya mengandalkan kekuatan diri kita sendiri. Berjuanglah bersamaNYA. Ia yang akan memberimu kekuatan dan kemampuan untuk terus hidup sesuai dengan apa yang menjadi kehendakNya.