Banyak belajar Banyak lupa ,Sedikit belajar sedikit Lupa.

Yudistiro Septian Dwi Saputro
yudistiro
Published in
4 min readJun 25, 2018

Sebelumnya karena masih dalam suasana lebaran saya mengucapkan minal aidzin wal faidzin , bagi siapa saja yang tanpa sadar membaca tulisan ini , karena akan banyak sekali typo .

Karena dalam suasana lebaran pastinya beberapa dari kita melakukan reuni baik reuni sd ,smp dan smk atau mungkin tk, begitu pun dengan saya , dan pada saat reuni smk ada pembicaraan yang mengingatkan saya pada kata kata yang sangat familiar .

Sumber gambar :http://www.andumhumor.com

Bagi saya banyak belajar akan menyebabkan banyak lupa, dan sedikit belajar akan menyebabkan sedikit lupa , makanya dulu saya sangat jarang yang namanya belajar ,apa lagi untuk mapel hafalan, jadi saya hanya belajar kalau perlu saja ,saat akan ada ujian ya saya belajar waktu mau masuk ke ruang ujian, saat akan ada ulangan harian saya belajar saat itu juga di kelas.

Lalu apakah waktu saya hanya habis untuk bermain? , mungkin saya harus menjawab iya , banyak waktu saya habiskan hanya untuk bermain game melihat anime atau pun movie, tapi dari situ lah saya mulai menyukai hal hal yang berbau IT , saya jadi penasaran bagaimana cara membuat game , atau membuat animasi ,entah dalam 2d atau pun 3d .

Kemudian saya mulai mencoba coba membuat game mulai dari game 2d yang berbasis flash , membuat gambar gambar sederhana , membuat gambar 3d dengan blender 3d ( walau bentuknya gak karuan ) , dan hal hal kecil seperti membongkar pc walau pada akhirnya justru tambah rusak dan berakhir di tukang service.

Dan kalau di tanya bagaimana dengan nilai saya di sekolah , alhamdulillah masih rata rata temen sekelas, karena walau saya lemah di mapel hafalan dan lainnya ,tapi nilai saya yang kurang masih tertutup nilai dari mapel jurusan ( ouh iya saya smk mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan ) dimana pengetahuan tentang mapel jurusan banyak yang saya dapat dari hasil mengisi waktu luang ,bukan berarti apa yang dijelaskan oleh guru tidak jelas, namun kebanyakan dari mapel yang di ajarkan baru lah hal hal dasar.

Sumber gambar : http://blog.dcccd.edu

Kembali lagi pada judul tulisan ini yaitu “ Banyak belajar Banyak lupa ,Sedikit belajar sedikit Lupa.” menurut saya pribadi adalah benar.

Jika hal yang kalian pelajari adalah hal hal yang dari awal kalian tidak suka terlebih dahulu,berbeda jika kalian belajar karena rasa ingin tahu kalian atau pun karena tuntutan yang memang kalian suka, walau pun akan ada hal yang akan kita lupakan , tapi pasti beberapa bagian masih sangat kuat di ingatan kita.

Hal ini lah yang masih saya pegang hingga saat ini ,namun bukan berarti kita tidak perlu belajar hal lain selain yang kita sukai , saya sendiri saat ini sedang belajar mobile android dan sejujurnya saya kurang suka web , tapi karena ada beberapa hal yang memang harus saya mengerti dari web , makanya saya juga belajar sedikit tentang web , sekedar mengetahui dasar dasarnya saja.

Pada intinya , otak kita tidak bisa menyimpan banyak hal jika kita terus belajar dan belajar , apalagi hal yang kurang kita sukai, makanya banyak yang bilang “Banyak belajar banyak lupa ,sedikit belajar sedikit lupa”.

Jadi prioritaskan otak kita untuk mempelajari hal yang kita sukai dan bermanfaat , dan sisakan sebagian untuk hal yang wajib kita ketahui.

Jika sudah menentukan prioritas apa yang ingin kita pelajar saat ini ,maka mulai lah ,belajar dengan cara yang kita sukai pula, karena setiap orang berbeda dalam belajar.

Sumber gambar : http://ricklochner.com

Saya sendiri kurang suka jika disuruh belajar dengan cara membaca dan membaca ,bagi saya belajar yang menyenangkan adalah dengan langsung menuju ke praktiknya , baru membaca teorinya saat sudah berhasil , atau saat di tengah jalan ada kendala baru saya membaca teorinya,mungkin sedikit kurang benar , namun menurut saya pribadi ,seperti ini justru lebih mudah di terima otak saya .

Setelah kalian menemukan cara belajar yang kalian sukai , mulai lah berkumpul dengan komunitas komunitas yang sehobi dengan kalian , berkenalan dengan orang orang yang sudah jauh lebih dulu mempelajari hal yang kalian suka , setelah kalian cukup akrab dengan mereka , minta lah salah satu atau beberapa untuk menjadi mentor kalian , karena hidup kita tidak cukup lama untuk mengalami banyak kegagalan dan kesalahan.

Dengan memiliki mentor dalam belajar maka kalian akan lebih terarah karena kalian tidak akan mengulangi kesalahan dan kegagalan yang sudah di lakukan oleh orang lain, saat kalian sudah bisa maka giliran kalian untuk menjadi mentor bagi orang lagi ,juga agar orang lain tidak mengulangi kesalan dan kegagalan kalian , dan jangan pernah lupa dengan mentor yang sudah mengajari kalian .

Sumber gambar : https://www.elegantthemes.com

Satu hal terakhir agar kalian tidak mudah lupa apa yang kalian pelajari adalah , ajar kan kembali apa yang barusan kalian pelajari , dengan cara kalian sendiri , dengan saling bertukar pemikiran di forum forum atau komunitas, sharing hal dengan orang lain ,atau melalui tulisan tulisan kalian.

Sekian dari tulisan ini , jika terlalu banyak typo mohon maaf dan semoga bisa dimengerti , saya sendiri juga ingin belajar menulis lagi namun sangat minder dengan tulisan typo saya , dan semoga dengan nulisan ini menjadi awal dalam saya membuat tulisan tulisan baru lagi.

Semua hal dalam tulisan ini tidak bermaksud menyombongkan diri atau merasa lebih dari yang lain , namun hanya ingin sekedar berbagi apa yang saya jalani dan saya rasakan selama ini .

--

--