Selamat Datang ke Dunia, si Cantik Bita 🤍

Yustina Utami
yustinaputami
Published in
4 min readJun 29, 2020

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Pada hari Senin tanggal 13 April 2020 pukul 02.45 WIB telah lahir putri pertamaku dengan suami bernama “Aruna Tsabita Dewani” melalui proses persalinan normal di Klinik Karya Rini Muntilan dengan berat badan 3,5 kg dan panjang badan 50 cm.

Finally si anak kicik bayi mungil yang super aktif di dalem perut lahir juga ke dunia setelah drama mundur dari HPL selama satu minggu. Awalnya sempet ngga yakin kalo si bayi yang dipanggil Bita ini akan terlahir perempuan karena gerakannya yang ngga bisa anteng selama di dalem perut. Setiap di USG pun ngga pernah mau memperlihatkan kelamin, selalu ditutup, bunda dan ayahnya diisengin, bidan dan dokternya dibikin gemes terus.

Bahkan aku sampe ngga mau beli baby stuffs yang terlalu mencirikan perempuan. Akhirnya kebelilah baby stuffs dengan warna warni ceria sebagai wujud kebahagiaan menyambut si anak bayi ini.

Kalo ngobrolin soal persalinan. Hmmm mungkin sampai saat ini dibilang masih agak trauma ya. Bukan karena aku ngga pernah mengelola rasa takut dan tidak percaya diri, tapi ya karena baru kali ini merasakan sakit yang benar- benar sakit saat kontraksi.

Sedikit flash back, HPL Bita itu tanggal 5 April 2020 berdasarkan perhitungan bidan. Tapi, berdasarkan perhitungan dokter kandungan, HPL Bita tanggal 3 April 2020. Singkat cerita, 2 minggu sebelum HPL, aku mulai rajin banget olahraga dan yoga. Bener bener ngga suka jalan kaki jauh-jauh karena paha udah ngga kekontrol gedenya 😭

Setiap hari di pagi dan sore hari aku selalu yoga hamil sendiri di rumah plus mainan gymball. Kenapa ngga ikut yoga class? Ada corona moms, jadi yoga class ditiadakan. Untung sudah pernah ikut private yoga class sekali, jadi basic-basic yoga hamil udah paham. Ditambah ada youtube yang mempermudah untuk mencari variasi gerakan.

Tanggal 4 April 2020 aku kontrol kandungan. Belum merasakan mulas sama sekali. Padahal HPLku adalah besok! Sama bu bidan diminta ketemu dokter. Kata dokter, si jabang bayi ini sudah 3,9 cm, coba bayangkan sebesar apa. Karena aku pengen lahiran normal, yasudah disuruh nunggu dulu 3 hari terus kontrol lagi.

3 hari kemudian, aku masih belum mulas. Olahraga masih tetap, main gymball udah ditambah frekuensinya, bahkan sampai ngepel jongkok pun aku jabanin. Sepertinya Bita tau kalo ayahnya lagi sibuk banget, jadi dia nunggu weekend biar ayah ngga “kemrungsung”. Maklum, ayah Bita saat itu lagi ada project di luar kota.

Nah bener tuh, aku kontrol lagi pas ayah Bita pulang hari Sabtu tanggal 11 April 2020. Karena sudah mundur lebih dari 5 hari, akhirnya dokter ngasih pil untuk induksi. Sore kontrol, terus jajan bakmi jawa godog, dan sampai rumah minum pilnya.

Jadi aku dikasih pil induksi sebanyak 5 butir dengan catatan diminum setiap 8 jam sekali. Tidak boleh telat. Aku ikutin saran dokter karena bener bener udah ngga sabar pengen segera ketemu anak kicik. Minggu pagi tanggal 12 April 2020 aku masih sempet jalan pagi sama suami. Tapi, baru setengah jalan udah terasa mulas tanda kontraksi. Setelah dihitung menggunakan alat hitung kontraksi, ternyata disarankan untuk pergi ke rumah sakit. Perasaanku udah ngga enak.

Aku pun menyempatkan untuk mandi dan keramas. Just in case harus nginep di klinik dan gabisa mandi mandi cantik 🤣 Sekitar jam 10.00 aku sampai di klinik, dicek ternyata masih pembukaan 1. Bidannya bilang, mondok sekarang aja biar lebih gampang observasinya. Nah, kan apa aku bilang beneran harus langsung nginep disitu kayaknya. Baiklah~

Jam 11.00 masuk ke kamar, mainan gymball sambil hahahihi sama suami. Eh ternyata kontraksinya malah makin jarang. Abis makan siang, sekitar jam 14.00 ketubanku pecah posisinya aku mau bobo siang. Dicek lagi sudah pembukaan 2. Setelah ditangani bidan, aku balik ke kamar dan mainan gymball lagi. Sesekali aku jalan muter muter klinik, karena ngga bisa tidur sama sekali.

Jam 16.00 aku minta pindah kamar dan disuruh minum pil yang ke-3. Setelah itu kontraksinya makin kuat dan nikmat sekali rasanya. Lanjut terus ngrasain kontraksi sampe udah ngga tau lagi mau gimana biar ngga ngrasain pegelnya. Ngga doyan makan, minta pijit, nungging, jongkok, jalan-jalan pokoknya gabisa anteng sama sekali. Dari jam 16.00 sampai jam 21.00 mulasnya ngga nanggung-nanggung dan dicek masih pembukaan 2.

Akhirnya, tanggal 13 April jam 02.00 dini hari maksa bidan untuk ambil tindakan karena aku ngga bisa nahan untuk tidak ngeden. Setelah pindah ke kamar bersalin, dicek sudah pembukaan 7. Ditemenin suami nunggu pembukaan lengkap sambil atur nafas pelan-pelan. Tapi ya tetep aja kelepasan ngeden dikit-dikit dan sempat mau menyerah 😭

Jam 02.15 dicek lagi sudah pembukaan lengkap. Semuanya siap-siap, atur nafas, ngga pake teriak-teriak kayak orang kesakitan, akhirnya tepat jam 02.45 ada suara tangis bayi 😢 Alhamdulillah, anak bayi kicik lahir dengan sangat cepat. Disitu rasanya udah ngga bisa digambarkan dengan kata-kata lagi. Saking bahagianya bahkan sampai ngga bisa nangis ngga bisa ngomong.

Cerita persalinan orang pasti berbeda-beda. Aku sempat parno mendekati HPL malah sering baca-baca cerita lahiran katanya sakit ini itu bla bla bla. Tapi memang iya, apapun itu, sesakit apapun prosesnya akan tergantikan dengan rasa lega dan rasa syukur yang teramat dalam ketika anak kita terlahir sempurna tanpa ada kekurangan suatu apapun.

Jadi, untuk ibu ibu yang sedang berjuang dalam tahap kehamilan ataupun persalinan, semangat! Yakinlah bahwa setiap orang mempunyai ceritanya sendiri dalam menjalani kehamilan dan persalinan. Lahir normal ataupun SC sama saja, hanya berbeda prosesnya saja, tidak lantas mengurangi kodrat kita sebagai ibu.

Yakini bahwa tubuhmu selalu siap menerima segala hal yang akan terjadi karena kamu telah mempersiapkan segalanya~

--

--