Serial Kerja Praktik

Pendahuluan Tulisan Cerita Tentang Kerja Praktik

Hermawan, Arif
2 min readJun 22, 2024

Pendahuluan

Serial tulisan ini aku buat berangkat dari booklet yang sebelumnya disediakan oleh Bos-Bis terkait pengalaman Kerja Praktik (KP) mereka. Namun, aku merasa konten yang diperlukan tidak semuanya menjelaskan secara komprehensif.

Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Oleh karena itu, dengan adanya tulisan ini, aku berharap bisa menjadi dokumentasi bagiku tentang apa saja yang aku peroleh dan alami selama menjalani KP.

Semoga ada yang bisa diperoleh juga oleh Kuya-Kuyi atau khalayak pembaca.

Nama Serial

Sejujurnya, ini bukan hal yang penting untuk ditentukan. Namun, mungkin agar seru aja kali yak dan agar tagar bisa lebih rapi. Sepertinya asik apabila menamai serial ini. Namun, aku sendiri masih bingung apa nama yang oke dan mudah diingat untuk nama serialnya.
Awalnya aku berencana membuat nama “CeritaKP #XX” dengan XX adalah episode dari serial ini — Karena rencananya akan ada 30 eps.

Namun, aku masih berpikir nama yang bagus kira-kira apa. Apabila temen-temen semua punya saran. Boleh bagiakan di kolom komentar (💬).

Owh, yaa. Kalo ditanya kenapa 30 eps. Sebenernya awalnya aku pikir mau menantang diri sendiri dengan menulis harian, sih. Akan tetapi, aku belum bisa menjamin bisa konsisten menulis setiap hari. Oleh karena itu, aku buat saja satu bulan menulis, tetapi dalam jangka waktu yang tidak sesingkat-singkatnya. Heheh.

Kerja Praktik

Sebagai konteks tambahan. Jadi, karena aku akan memasuki semester 7 di prodi Teknik Sipil ITB ada kewajiban melaksanakan kerja praktik. Tujuan dari pelaksanaan kerja praktik ini adalah agar mahasiswa mampu mengenal pengerjaan proyek konstruksi end to end. Selain itu, KP ini memberikan pengalaman praktikal untuk mengimbangi teori yang telah diajarkan di kelas.

Di Prodi Teknik Sipil ITB sendiri KP dilaksanakan secara berkelompok dengan anggota maksimal 2 orang dan maksimal kelompok yang mendaftar di satu proyek adalah tiga orang. Aku sendiri berkelompok dengan Kenrick Adli. Kayanya ini proyek ke XXXX aku bareng sama dia.

Selain itu, ada temen-temen lain. Sahlan-Rafi dan Fahdly-Damar. Kami semua tergabung dalam proyek INATEWS BMKG. INATEWS singkatnya adalah gedung yang berfungsi untuk pemantauan Tsunami dan EWS di sini singkatan dari Early Warning System.

Extra

Tulisan ini juga akan menjadi inferensi bagi tulisanku sebelumnya tentang Jakarta. Mari kita lihat di akhir, apakah kesimpulanku tentang Jakarta akan positif atau negatif. See yaa

Temen-temen boleh follow akun Medium ini untuk dapat tulisan seputar Teknik Sipil, Refleksi Kehidupan, dan tulisan semauku. Aku masih belum menentukan jadwal rutin update tulisan. Jangan lupa juga untuk menekan tombol like (👏) dan tinggalkan komentar karena kata Pak Ivan Lanin ini menambah semangat penulis.

Tentang Saya : Halo Temen-temen namaku Arif Hermawan biasa dipanggil Aher. Aku mahasiswa Teknik Sipil ITB punya hobi menulis salah satunya. Semoga kalian menemukan hal bermanfaat di tulisanku terima kasih.

--

--

Hermawan, Arif

Mahasiswa yang suka menulis tentang hal-hal yang dipelajari di perkuliahan Teknik Sipil.