Bagaimana Cara Menghilangkan Batuk Berlendir

Pada artikel yang akan saya buat kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara menyembuhkan batuk yang disertai lendir yang tengah anda derita. Namun sebelum saya berbagi tipsnya untuk anda tentang bagaimana caranya, alangkah baiknya anda kenali terlrbih dahulu penyakit tersebut, apa yang menyebabkan penyakit tersebut terjadi. Berikut penjelansan mengenai penyakit batuk berlendir yang tengah anda derita.

Pengertian Batuk Berlendir

Batuk berlendir umumnya disebabkan oleh pilek, pneumonia dan sinusitis, namun kondisi ini dapat juga menjadi gejala penyakit bronkitis kronis, gagal jantung, asma, dan penyakit ini masuk kedalam jenis penyakit paru paru karena terjadi di saluran pernafasan. Makin lama penyakit tersebut menetap, maka makin tinggi risiko anda mendapat penyakit yang lebih serius. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada perokok dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Batuk berlendir merupakan kondisi yang relatif umum sehingga banyak dari penderita menyepelekan penyakit ini dan jarang diperiksakan. Namun ada saatnya Anda perlu memeriksakan diri untuk mencegah risiko terjadinya penyakit yang lebih parah lagi. Lalu kapan saat yang tepat untuk memeriksakan penyakit anda?

  • Jika batuk berlendir yang Anda derita tidak kunjung sembuh atau bahkan lebih parah, hingga lebih dari sepekan.
  • Jika dahak atau lendir yang keluar saat batuk berwarna hijau pekat atau merah muda berbusa.
  • Apabila terdapat atau keluar darah dalam lendir Anda.
  • Apabila batuk berdahak Anda disertai dengan gejala berupa demam tinggi, nyeri dada, sesak napas, penurunan berat badan, ruam, mengi, telinga sakit, sakit kepala yang terus timbul.
  • Jika Anda adalah perokok dan batuk Anda makin parah di malam hari.
  • Jika Anda tiba-tiba merasakan gejala-gejala sakit kepala, nyeri otot, kelelahan.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Batuk Berlendir

Obat batuk berlendir yang tepat, dapat meredakan gejala yang Anda alami, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya sebelum melakukan tindakan pengobatan. Terutama bila hendak diberikan kepada anak-anak karena perlu penyesuaian dosis, selain itu untuk mengetahui apakah perlu disertai konsumsi obat lainnya seperti antibiotik.

Pada intinya, penting untuk anda mengonsumsi obat-obatan dengan label dan peruntukan yang tepat untuk menangani batuk yang anda derita. Akan lebih baik jika obat-obatan yang ingin dikonsumsi dikonsultasikan lebih dulu kepada ahlinya.

Akan tetapi sebelum mengonsumsi obat, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan batuk berdahak yang anda derita, seperti:

  • Berkumur dengan air biasa atau air garam setidaknya 60 detik, tiga kali sehari.
  • Perbanyak istirahat dan mengonsumsi cukup air mineral.
  • Jaga suhu tubuh agar tetap hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengencerkan dahak.
  • Hindari kontak dengan pengidap flu dan batuk lain.

Pada anak yang berusia enam tahun atau sebelum enam tahun, disarankan untuk mengonsumsi bahan alami untuk meredakan batuk yang di alaminya. Madu fermentasi secara alami akan membersihkan tenggorokan dan meredakan iritasi penyebab batuk. Dengan catatan, madu hanya dapat dikonsumsi oleh anak di atas usia setahun.

Sebaiknya obati segera jangan sampai penyakit tersebut bertambah parah, jika sudah bertambah parah dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya seperti radang tenggorokan, radang saluran pernafasan dan timbulnya penyakit paru paru lain. Semoga artikel yang saya buat kali ini dapat bermanfaat bagi anda, dan dapat membantu anda dalam melakukan masa penyembuhan.

    Agen Pengobatan Herbal 24

    Written by

    Mengobati berbagaimacam penyakit menggunakan metode pengobatan herbal tradisional

    Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
    Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
    Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade