Cerita Dari Padang Pasir Yang Tidak Padang Pasir-Padang Pasir Amat (S01 E10)

E. Juaryo
4 min readOct 8, 2019

--

Ketemu lagi dengan aku, gaes. Kali ini aku menuju Makkah aww yeah! Buat cerita sebelumnya, baca dulu di sini yak.

Beberapa bulan kemudian, summer akhirnya tiba. Dari mulai Juni suhu udah di atas 40°C. Kemudian Ramadan tiba saat suhu sudah mencapai 50-an°C. Ramadan adalah saatnya bisnis benar-benar sepi, omzet bisa turun sampai 50% dibanding bulan biasa.

Suatu hari di awal Ramadan, Houssam menawariku pergi umrah. “Everybody goes umrah on Ramadan. Do you want to go too?” Aku setuju. Setelah nanya sana-sini, akhirnya aku daftar di travel agent dekat rumah di Batha. Ongkosnya? SAR120 (IDR450K, kurs sekarang) untuk bus dan hotel. Kemudian aku membeli baju ihram di toko dekat situ juga.

Pada hari yang ditentukan, aku berangkat menuju Makkah via Madinah, sendirian. Di bus aku bertemu orang Suriah yang berangkat umrah juga, sebut saja namanya Ziyad. Let the road trip begins.

Jarak Riyadh-Madinah sendiri sekitar 840km. Di sepanjang jalan, yang terlihat hanyalah.. gurun. Kami berangkat siang. Dan plis jangan tanya soal makanannya. Gak kaya road trip di Pulau Jawa yang tiap ganti daerah, makanannya juga ikutan ganti. Di sini sih, semua sama. Kalo gak roti dan keju putih, ya vegetable samosa buat batalin puasa. Itu aja bolak-balik. Pokoknya boring.

Setelah tidur-bangun-tidur-bangun, tibalah kami di Madinah, untuk sahur dan shalat subuh. Sahurnya ya itu lagi kalo gak salah. Mungkin memang budayanya gak makan berat supaya gak merepotkan di perjalanan kali ya.

Saat shalat subuh di Mesjid Nabawi itu perasaanku udah pengen nangis. Nyampe juga di tempat bersejarah ini. Shalat, lalu ziarah makam Nabi Muhammad SAW. Dan agak bengong-bengong pusing karena maksain puasa padahal mulai panas banget.

Setelah berangkat dari Madinah, tibalah kami di miqat yaitu tempat di mana kita harus ganti pakaian ke baju ihram. Baju ihram ini kan gak boleh ada jahitan ya, artinya.. going commando oh yeah.

Akhirnya sampe Makkah juga nih siang-siang, aku masih puasa. Rombongan kami taro barang di hotel, istirahat sejenak, abis Ashar lalu berangkat ke Masjid Al-Haram.

Tiba juga aku depan Ka’bah, pengen nangis lagi, tapi juga bingung mau ngapain. Keknya dehidrasi. Bukannya tawaf malah.. “Ini orang-orang lagi pada ngapain sih?”

Eventually, I did all the rituals, sempat buka puasa dan sholat maghrib depan Ka’bah. Sensasinya agak aneh, karena biasanya semua orang ngadep kiblat ke arah yang sama tapi di Mekkah ini mengelilingi Ka’bah kan ya.

Kalo abis umrah kan pada dibotakin nih, pas dari tempat pangkas rambut ini aku nyadar kalo aku terpisah dari rombongan. Wahduh..

Keliling-keliling, gak nemu wajah yang familiar. Akhirnya aku putusin buat naik taksi deh. But wait.. aku gak tau nama hotelnya, tapi aku inget nama jalannya. Aku bilang sama sopir taksi mau ke jalan anu, dia kasih tau kalo jalan anu ini ada 2, yang dekat dan yang jauh dengan Masjid Al-Haram. Setelah tawar-tawaran ongkos, berangkatlah kami.

Pertama ke yang jauh dulu, gak ketemu. Lalu ke yang dekat, tetep gak ketemu. Setelah muter-muter, sopirnya ngambek. “Udah ah turun di sini aja!” Terus aku diturunin di pasar dekat Masjid Al-Haram, gaes. Bengong dulu mamenit.

Lalu aku mulai nyari-nyari lagi, keknya tadi gak jauh kok hotelnya. Muter-muter, tetep gak ketemu. Aku liat wartel, tapi nanti aja deh, makan dulu kali. Lapar, meen. Aku makan dulu. Broasted chicken oh yeah.

Abis makan, muter-muter nyari wartel tadi, tapi gak ketemu. Sebenernya ada apa sih dengan aku dan gak ketemu hari itu? Hhh.

Oh ternyata ini pasti karena aku gak pake kolor, pake baju ihram doang kan. Baiklah, mari beli baju dulu! Aku beli t-shirt, celana, dan tak lupa kolor. Numpang ganti di WC umum sejenak. All set. Sekarang aku siap buat nyari jalan pulang.

Muter-muter lagi, tetep gak nemu wartel-nya. Mana batere henpon udah low dua-duanya. Gimana dong, gimana? Pake bahasa Inggris, aku tanya orang di toko baju di pasar situ. Dia bilang, “Pake punya saya aja nih.” “Hah? Beneran?” “Iya, pake aja.”

Aku coba nelepon si Ziyad, dia jawab “Where are you?!” Aku jelasin di mana, lalu kami janjian di salah satu pintu Masjid Al-Haram. 20 menit kemudian alhamdulillah aku ditemukan, gaes!

Si Ziyad udah marah-marah, “Kamu ini gimana? Gak bisa bahasa Arab, gak kenal siapa-siapa, gak tau jalan, malah misah sendirian!” Aku cuma cengengesan. Sebelum pulang ke hotel kami beli makan dulu, dan akhirnya tiba juga di hotel. Kasuuur!

Besoknya, Ziyad mengajakku sholat subuh dan umrah sekali lagi sebelum kami berangkat. Kami berjalan kaki saja. Dan ternyata.. dari pasar tempat aku diturunkan taksi semalam, ke hotel hanya tinggal balik badan, jalan lurus 50 meteran, belok kiri sedikit, nyampe! Astagaaaa.

Rupanya karena pas dateng hotelnya ada di sebelah kanan, aku yang blahbloh cuma fokus liat ke kanan, padahal taksi yang kutumpangi datang dari arah yang berlawanan. Dan sebetulnya, pas kami berangkat ke Masjid Al-Haram pertama kali, pihak hotel sudah membagikan kartu nama hotel. Aku aja yang emang blo’on gak ambil. Hehehehe. Hehehehehe. *ditoyor*

Sekian cerita bego-ku waktu umrah pertama kali. Terima kasih udah baca, dan sampai ketemu di episode selanjutnya, gaes!

--

--