Re-design Del Institute of Technology Website For better architecture Using UI/UX Concept

Hasiholan Manurung
3 min readMay 11, 2020

Redesign Ulang Website Institut Teknologi Del

Daftar Isi:

  1. Evaluation : Heuristic Evaluation
  2. Eksplorasi dan Analisis terhadap website lain
  3. Redesign Ulang Website Institut Teknologi Del

Dalam artikel sebelumnya dalam Eksplorasi dan Analisis terhadap website lain, kita sudah menganalisis Site Map dan Task Flow dari website universitas luar negeri dan dalam negeri. Pada tulisan kali ini, saya akan melakukan design ulang terhadap Site Map dan Task Flow pada website Institut Teknologi Del.

Information Architecture pada Website Institut Teknologi Del

Setelah melakukan evaluasi terhadap beberapa website Universitas, sekarang kita akan melakukan evaluasi terhadap website Institut Teknologi Del.

  1. Site Map

Pada website Institut Teknologi Del menghadirkan bentuk “deep” dan hierarki visual layout yang ditunjukkan untuk menu utama, memiliki section, sub-section. Untuk bentuk dari “deep” sendiri mirip dengan ke-4 website diatas, dan penempatan menu sudah baik yaitu dengan menyusun informasi dari golongan terpenting (sering diakses)ke golongan kurang penting (jarang diakses tetapi dibutuhkan).

Berikut adalah site Map Institut Teknologi Del yang telah saya desain.

Design Ulang Site Map website Institut Teknologi Del

Pada desain ulang ini, saya mengubah beberapa menu utama dari awalnya 10 menu utama menjadi 7 menu utama. Pada Site Map diatas, saya memindahkan dan mengelompokan menu utama menjadi subsection. Menu utama yang saya ubah menjadi subsection seperti:

  • Menu Prestasi

Menu ini saya ubah menjadi subsection pada menu “Mahasiswa” sebagai subsection “Prestasi Mahasiswa” dan “Prestasi Dosen” saya jabarkan di dalam subsection “Dosen”.

  • Menu Regulasi

Menu ini saya ubah menjadi subsection pada menu “Tentang Del”, menurut saya menu ini berkaitan dengan Institut Teknologi Del. Semua subsection pada menu ini, saya rancang manjadi link.

  • Menu Lembaga

Menu ini saya ubah menjadi subsection pada menu “Tentang Del”, menurut saya menu ini berkaitan dengan Institut Teknologi Del. Semua subsection pada menu ini, saya rancang manjadi link, sehingga konsepnya menjadi “deep”.

  • Menu Komunitas

Menu ini saya mengambil subsectionnya kemudian saya masukkan kedalam menu “Mahasiswa”.

2. Task Flow

Perubahan menu yang dilakukan mengakibatkan perubahan Task Flow yang terjadi pada website Institut Teknologi Del. Berikut Task Flow salah satu menu pada website Institut Teknologi Del yang telah dirancang ulang. Berikut adalah contoh Task Flow mencari “Ikatan Alumni Del”.

Task Flow Pencarian Sub Menu Ikatan Alumni Del

3. User Flow

Tentunya dengan perubahan Task Flow pada pencarian submenu pada website Institu Teknologi Del, maka akan berdampak pada User Flow. Berikut adalah contoh User Flow mencari “Ikatan Alumni Del”.

User Flow Pencarian Sub Menu Ikatan Alumni Del

Referensi:

[1]Institut Teknologi Del, “Institut Teknologi Del,” 2020. [Online]. Available : https://www.del.ac.id/. [Accessed May 2020].

--

--