Konsep menanamkan gagasan lewat mimpi menjadi obrolan menarik ketika usai menonton film Chris Nolan yang berjudul Inception. (from pinterest.com)

Skizofrenia merupakan gangguan berpikir dan emosi yang menyebabkan halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran yang tidak sesuai dengan realitas dan logika, serta munculnya gejala disfungsi sosial. Posmodern menangkap kecenderungan ini dalam film-film yang digarap sehingga menghasilkan kisah-kisah yang mendobrak logika, memutarbalikkan realitas, serta elemen-elemen fiksi yang memabukkan penontonnya.

Baca sebelumnya: Film dalam Gebyar Posmodernitas (1)

Sutradara yang dikenal akan gejala ini adalah Christopher Nolan. Memento (2000) merupakan film besutannya yang melibatkan gangguan psikologis berupa short term memory, yaitu ingatan jangka pendek, di mana gangguan tersebut menjadi ide dalam menyusun plot.

Uniknya, Memento menjadi film yang nggak ada matinya. Mengapa demikian? Berbeda…


Postmodernism posters. From coroflot.com

Sebagai salah satu bagian dari produk budaya populer kontemporer, film tentu saja memiliki kaitan yang erat dengan posmodernisme. Sebelum menjamah area tersebut, alangkah baiknya jika kita kembali mengidentifikasi bagaimana posmodern tiba di tengah masyarakat terkini.

Dikutip dari Popular Culture (1995) karya Dominic Strinati, berikut adalah beberapa kekhasan yang hadir bersama dengan posmodern.

Media Membentuk Budaya Massa

Dulu realitas sosial didapatkan dari warisan leluhur. Tradisi atau ajaran-ajaran dalam suatu kelompok masyarakat menjadi parameter tiap individu dalam berpikir dan bertindak. Hingga kemudian media membuka ruang yang lebar untuk saling memengaruhi. Internet semakin mendobrak globalisasi sehingga menggeser nilai-nilai tradisi luhur tersebut.

Media memainkan peranan dalam mengonstruksi rasa…


Kuda Pengelana

Di sebuah masa ketika evolusi kecerdasan jatuh kepada hewan, tinggallah sebuah kelompok besar yang bernama Animalia Kuda. Kelompok ini terdiri dari ratusan kuda dengan berbagai macam jenisnya. Subkelompok yang paling banyak berasal dari kuda berwarna hitam. Sedang kelompok terkecil adalah kuda berwarna putih.

Suatu ketika ada seekor kuda pengembara yang datang ke wilayah Animalia Kuda. Ia berniat untuk tinggal beberapa hari sebelum melanjutkan perjalanan mengelilingi semesta. Ia tergiur melihat ada banyak kawanan yang sejenis dengan dirinya. Maka wajar saja jika ia kemudian memutuskan untuk bercengkrama.

Awalnya ia mendekat kepada kuda-kuda berwarna hitam. Tentu saja karena memang kuda dalam subkelompok ini…


Artwork by Tommy Ingberg

Saya seringkali menemukan kata ‘buah pikir’. Diksi itu biasanya digunakan sebagai pengganti kata ‘ide’ atau ‘gagasan’. Lalu mengapa disebut dengan buah? Apakah ada persekongkolan antara ‘buah pikir’ ini dengan berbagai buah-buahan lain, seperti ‘anak buah’ dan ‘buah dada’? Barangkali pertanyaan ini tidak ada pentingnya bagi indeks prestasi anda atau pengaruhnya terhadap gaji lembur yang tak kunjung dibayar itu. Akan tetapi, sebagai insan budiman yang gemblung, saya merasa perlu sedikit berpikir lebih jauh soal itu.

Bicara tentang buah, maka ijinkan saya mengutip kata mutiara yang berbunyi: ‘pohon dikenal dari buahnya’. Meski di kancah perpohonan kita lebih sering mendengar ‘buah jatuh tak…

Ilham Bachtiar

Lelaki yang tercipta dari serangkaian cerita.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store