Insecurity #2

“kok dia bisa pinter banget ya”

Trasty Chris Masjira
3 min readMay 11, 2022

Kalau di part 1 kemaren gue ngomongin soal insecure penampilan, sekarang gue mau ngomongin ke-insecure-an gue yang lain. Bisa dibilang kali ini soal kepintaran(?) Ini kerasa banget waktu awal gue masuk UGM. Sempet jadi pikiran juga sampe ngerasa takut kalau beneran salah jurusan. Muncul pertanyaan kaya “Ini pantes gak sih gue di UGM?”

Ngerti gak sih, culture shock nya masuk UGM bener-bener kerasa banget di gue. Di SMA, gue merasa jadi anak yang lumayan pinter (pede banget dah). Ya maksudnya ga bego-bego amatt, tapi kalo dibilang jago juga engga, rata-rata lah. Apalagi temen-temen gue pinter-pinter juga jadi kaya semangat belajarnya kebawa. Nah tapi waktu pertama kali masuk Ilkom UGM, liat orang-orang yang sepinter dan seaktif itu bikin gue minder banget. Kaya gue gaada apa-apanya di sini. Terlalu bejo kali ya sampe bisa kecemplung di sini.

Temen-temen gue di Ilkom tuh pada keren-keren. Mereka masuk UGM dengan berbagai pengalaman yang gak bisa dihitung pake jari — alay sih. Kaya, semuanya well prepared. Mereka bahkan keliatannya udah tau besok mau kemana mau jadi apa. Gak kaya gue yang masih berusaha mencerna semuanya. Seperti yang gue bilang, jurusan Ilkom ini identik sama kreativitas. Menurut gue, kreativitas temen-temen gue udah gak perlu diragukan lagi. Kadang gue sampe kagum sendiri pas tau sekeren apa mereka. Rasanya kaya, gue harus lari nih buat ngejar mereka. Udah ketinggalan jauh banget.

Tapi pelan-pelan gue jalan, akhirnya nemu juga orang-orang dengan pikiran yang sama kaya gue. Insecure sama temen-temen lain di Ilkom yang jago. Ketemu mereka bikin gue sadar kalau gue gak sendiri. Setidaknya rasa takut dan insecure gue pelan-pelan mulai samar. Gue pun sadar kalau gue bukan tertinggal, tapi emang belum waktunya. Setiap orang punya jalannya masing-masing dengan waktu yang berbeda buat menuju kesuksesan. Misalnya kalau sekarang orang lain udah ada di level ketujuh dan gue masih di level ketiga, yaudah gakpapa. Mungkin emang belum waktunya gue buat ada di level ketujuh. Tapi yang pasti gue bakal sampe ke sana suatu saat. Beda sama gue, orang lain yang ada di level ketujuh itu mungkin emang udah saatnya dia ada di sana. Apalagi kalau kita tau sebesar apa usahanya selama ini buat sampe di level itu, pasti kita juga setuju kalau dia pantas berada di sana.

Eits, tapi bukan berarti gue bilang kalau usaha gue selama ini gaada apa-apanya ya. Sempet sih awalnya mikir kalau gue terlalu menyia-nyiakan waktu gue selama ini. Tapi setelah dipikir lagi, engga kok. Gaada yang sia-sia dan gaada perlu disesali. Yaaa emang jalannya gue gini. Setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda. Cara mereka belajar, mikir, main, seneng-seneng pun juga beda-beda. Jadi gak perlu nyalahin diri sendiri kalau pencapaian kita belum sebesar mereka.

Yang perlu gue lakukan sekarang adalah, fokus dan terusin jalan gue. Lihat temen-temen gue yang keren dan hebat itu, jadiin mereka contoh. Lagi-lagi jawaban buat mengatasi rasa insecure ini ya jadiin motivasi buat maju. Buat apa kalau ngerasa insecure, minder, tapi stuck sampe situ doang. Bukanya terinspirasi malah ribet nyari pembelaan biar tetep santai. Pembelaan di sini maksudnya kaya nyari orang-orang yang kaya lo, terus karena merasa gak sendiri jadinya lo malah stuck di zona nyaman dengan versi diri lo yang kaya gitu. Ya gakpapa nyari temen-temen yang setara kaya lo biar lo bisa lebih pede, tapi ya jangan stuck di situ. Justru malah sekalian ajak mereka melangkah bareng-bareng buat nyusul temen-temen lain yang udah pada jago. Menurut gue, adanya orang-orang hebat di sekitar kita tuh bisa bikin kita — atau mungkin gue — ke-trigger dan termotivasi buat berkembang.

Gakpapa kok ngerasa insecure sama kehebatan orang lain. Artinya lo aware sama apa yang perlu dikembangkan dari diri lo. Yang penting kita harus pinter-pinter buat ngehadapi rasa insecure ini. Kaya yang gue bilang di part 1, jangan biarin rasa insecure menghantui lo sampe bikin lo down. Tapi ubah rasa insecure itu jadi motivasi, so you can be the better version of you. Gak perlu takut, gak perlu lari, gak perlu memaksakan diri. Pelan-pelan aja, sesuain sama kemampuan yang kita punya. Inget ya, belum bukan berarti gak bisa. Pada akhirnya kita juga bakal sampe ke atas sana, kok. Kita bakal sukses dengan cara kita sendiri.

--

--

Trasty Chris Masjira

Akun kedua untuk melanjutkan tantangan #31harimenulis, akun yang satunya kena limit