Kenapa sih Full HD Jadi Bare Minimum di tahun 2023

Johan Fajar Eka
4 min readOct 15, 2023

--

ASUS adalah merk Laptop pertama yang saya miliki ketika pertama kali membeli Laptop. Saya ingat betul tipenya saat itu, yakni A43 yang ditenagai Processor core i3 2330m. Laptop tersebut menemani saya selama masa Sekolah SMK dan awal kuliah sebelum akhirnya tidak mampu melanjutkan tugasnya. Kemudian pada tahun 2016 saya membeli Laptop baru untuk kebutuhan kuliah yang saat itu gila-gilaan tugas yang berdatangan. Laptop ke dua saya yakni ASUS A455L yang ditenagai Processor core i3–4005U ditandem GPU Nvidia GT 930M. Pada masanya Laptop ini sangat ngebut dan bisa melibas berbagai tugas dan game. Sayangnya kedua Laptop tersebut hanya mampu menampilkan resolusi HD alias 720p saja, pada masanya sih resolusi tersebut udah paling de best. Tapi semakin ke sini dengan banyaknya Laptop dengan resolusi Full HD yang saya lihat pada Laptop orang lain, membuat layar Laptop saya terasa burik dipandang.

Pada tahun 2021, saking pengennya saya memiliki Laptop ASUS keluaran terbaru saya sampai berinisiatif untuk memodifikasi Laptop saya agar terlihat seperti seri Laptop Gaming TUF. Obsesi saya untuk membuat TUF versi saya ada pada Video di bawah.

Modifikasi ASUS A455L to ASUS TUF

Di tahun 2023 ini seharusnya sudah tidak ada Laptop keluaran terbaru yang masih menggunakan Layar dengan resolusi di bawah Full HD. Bahkan Laptop keluaran terbaru dari ASUS mulai dari seri termurah seperti vivobook pun sudah menggunakan resolusi Full HD. Desain layarnya pun sudah dibuat modern dengan bezel atau sisi tepi layar dibuat tipis. Sehingga Screen-to-body-ratio-nya bisa di atas 80%

Tampilan layar Laptop yang modern dan kekinian

Di luar penggunaan resolusi Full HD, ASUS juga menyematkan layar Vivobook terbaru dengan Panel IPS yang berkualitas. Sehingga cocok untuk produktifitas dalam pembuatan konten yang memerlukan akurasi warna yang akurat. ASUS juga menetapkan salah satu market dari Laptop Vivobook ini untuk Gen Z (saya juga Gen Z loh, meskipun Gen Z paling tua huhu). Gen Z terkenal dengan aktifitas kerja yang mobile dan sering kali menggunakan Laptop di ruangan terbuka seperti cafe, coworking space, dan tempat-tempat yang umum. Untuk itu ASUS tidak lupa menyematkan fitur layar anti glare yang artinya layar Laptop tidak akan memantulkan bayangan dari depan layar laptop.

Layar antiglare yang cocok untuk penggunaan outdor

Saya sebenarnya jarang ngeblog, tapi lebih sering menuangkan tulisan di postingan sosial media. Namun blog memiliki kelebihan pada fitur-fitur yang ada pada website bloging seperti medium salah satunya. Kita bisa menyematkan link, insert gambar yang lebih terstruktur, sitasi terhadap sumber yang disadur, dan memberikan quote pada sebagian paragraf.

Di jaman sekarang sendiri blog juga masih menjadi media terbaik untuk berbagi konten yang komprehensif dan informatif. Karena konten blog tidak terbatas durasi dan jumlah karakter.

Untuk itu saya akan berbagi informasi mengenai keuntungan penggunaan layar Full HD untuk penggunaan pembuatan konten Blog. Simak baik baik ya dear.

  1. Sangat handal digunakan untuk Multitasking
penggunaan multitasking

Dengan layar beresolusi Full HD kita bisa menjalankan aplikasi yang sedang kita gunakan untuk dibagi dua pada layar. Resolusinya yang tinggi membuat tampilan aplikasi yang di-split tidak terasa sulit diakses dan dibaca. Hal ini cocok untuk blogger yang suka mencari referensi sekaligus menuliskan tulisannya pada aplikasi office.

2. Konten Video & Gambar bisa diakses dengan kualitas terbaik

Kualitas konten 1080P sesungguhnya

Seringkali kita perlu memperhatikan detail dari sebuah konten yang ada di Internet. dengan layar Full HD kita bisa memilah konten mana yang menurut kita memiliki kualitas tampilan terbaik yang nantinya bisa kita sematkan pada blog yang kita buat.

3. Mata lebih nyaman berlama-lama di depan Laptop

Pada artiket yang berjudul “Higher Resolution Screens May Reduce Digital Eye Strain”, menunjukkan bahwa resolusi tinggi membuat mata menjadi lebih nyaman menatap layar berlama-lama. Hal tersebut sangat berkolerasi dengan penggunaan para Blogger yang tentu saja membutuhkan banyak waktu di depan Laptop mereka untuk mencari referensi serta menuliskan artikel pada blog mereka. Dengan semakin nyaman berlama-lama di depan laptop tentu saja berefek pada produktifitas kerja yang semakin baik.

Last but not least, ASUS selalu memberikan kualitas dan layanan terbaiknya pada konsumen. Salah satunya adalah komitmen mereka untuk memberikan Display terbaik di kelasnya. Semoga komitmen ini selalu diteruskan untuk produk Laptop di generasi berikutnya.

--

--