Pengalaman dari Daftar sampai On Boarding di BTPN Creative Hacknology Intensive Program (CHiP)

Raymundus Jati Primanda
6 min readFeb 10, 2020

--

Singkatnya: Proses Cepat, Wawancara sangat fleksibel, Medical Checkup masuk akal, dan penawarannya sangat kompetitif.

Update terbaru:

  • Oktober 2023 — Lima dari puluhan teman-teman yg pernah contact gue via linkedIn telah diterima di CHIP #7, #8, #9, dan #10. Proses seleksi masih sama, namun placement untuk OJT diperbanyak menjadi 3 path besar: Data Governance, Digital Infrastructure, & Fullstack Engineer.
  • Tips and trick lolos final interview CHIP
  • Dua tahun setelah Onboarding CHIP dapat dibaca pada story ini :
  • Tips & Trick untuk trainee baru:

Hi teman-teman yang sedang berencana atau sedang diproses di Bank BTPN di program Creative Hacknology Intensive Program (CHiP)! Gue disini bakal membagikan pengalaman gue selama diproses di bank BTPN sebagai calon karyawan akselerasi. Apa bedanya karyawan akselerasi dengan karyawan biasa? itu bakal gue update di story gue selanjutnya. Kalau lo pingin tau tentang BTPN lebih lanjut, bisa baca story gue lainnya.

Tentunya di dalam sebuah proses penyeleksian, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Jujur, gue udah pernah mendaftarkan diri di beberapa program management trainee yang serupa di Bank lainnya dan menurut gue proses di Bank BTPN jauh lebih singkat dan straightforward. Prosesnya kurang lebih seperti ini:

CV Screening → Online Coding Test → Online / On Site Tech & HR Interview → Medical Checkup → Offering

Without further BS, let’s dive into every step above:

CV Screening

Tentunya lo harus submit CV terupdate lo ke recruiter di BTPN. Ada beberapa jalan yang gue tau dan gue urutin berdasarkan urutan dengan potensi lolos CV Screening terbesar:

  1. Referal dari teman-teman program CHiP sebelumnya (Rekomendasi)
  2. Via job portal: Jobstreet / Kalibrr
  3. Via website BTPN resmi

Memang di perusahaan manapun, program referal dari karyawan yang pernah mengikuti program yang sama itu bobotnya paling besar. Tapi bukan berarti lo 100% bakal lolos CV screening. Referal dari temen CHiP lo itu seperti sebuah rekomendasi, dan gak semua rekomendasi adalah pilihan yang terbaik.

Balik lagi yang paling menentukan kelolosan adalah CV yang lo kirim ke temen lo itu. CVnya harus detail, straightforward, dan menunjukkan skill dan kemampuan dalam diri lo. Gue engga terlalu expert dalam pembuatan CV yang baik tuh seperti apa. Kalau lo tertarik CV seperti apa yang biasanya lolos screening HR, comment di bawah aja Bro/Sist. Nanti gue bakal buatin story sendiri mengenai hal ini.

Anyway, gue sendiri lolos karena melalui program referal dari kakak tingkat gue. Nanti kalau bank BTPN tertarik dengan CV lo, salah satu dari rekruter bank BTPN akan menelfon lo yang akan menginformasikan tentang tahapan selanjutnya yang akan lo lalui. Make sure lo menyertakan No. HP dan email terupdate karena biasanya mereka akan mengontak lo via kontak yang lo share di CV.

Online Coding Test

Jujur, gue sendiri agak kaget bisa lolos di tahap ini karena gue merasa skill koding gue biasa banget. Bahasa yang diharuskan lo mengerti adalah Java. Gue lupa Java SE berapa, yang pasti lo harus seenggaknya tau gimana cara stdout di Java. Online test ini dilakukan via Hackerrank dan lo dikasih waktu 3 hari untuk menyelesaikannya. NOTES: JANGAN BUKA LINK HACKERRANKNYA KALAU LU BELUM SIAP NGERJAIN. Gue awalnya mikir kalau time limitnya tuh 3 hari, ternyata itu cuma kedaluwarsa linknya aja. factnya, waktu mengerjakannya cuma 2 Jam. Pastikan lo udah siap untuk ngerjainnya, baru klik link itu.

Soalnya sebenarnya sangat basic, tapi balik lagi, kalau lu belum familiar dengan Java, lo bakal keteteran ngerjainnya. Soalnya kalau di angkatan gue seputar logika if-else, data structure di Java, dan enkripsi. Gue gabisa jamin apakah soalnya akan sama, tapi yang pasti pelajari aja seputar itu di Java.

Gue gak tau batas bawah kelulusan tes koding ini, tapi gue pernah tanya temen gue kalau dia cuma bisa selesaiin 1 soal dengan benar tapi sisanya dia submit seadanya dan dia bisa lolos test ini. Saran gue sih tetep kerjain semua dan submit seadanya.

Kalau lo lolos dari tahap ini, lo akan ditelfon lagi oleh rekruter untuk diinfokan mengenai interview tech dan HR.

Online / On Site Tech & HR Interview

ini keunikan dari proses rekrutmen di BTPN: lo gak harus dateng ke kantor pusat untuk melakukan proses interview ini dan it is your freedom to choose what language you will use for the interview. Lo bisa negosiasi untuk melakukan proses ini secara online. Biasanya kalau online akan menggunakan Zoom sebagai medianya. Anyway, It’s a good news for you, yang tempat tinggalnya ada di luar Jabodetabek. Or, kalau lo gabisa dateng karena lo udah ngantor dan ga dapet cuti, lo bisa negosiasi juga ke rekruter yang nelfon lo itu.

Tech & HR Interview dilakukan di waktu yang bersamaan. Proses ini dilakukan bersama tiga orang: Tech Head / Lead , Trainer, dan Talent Head. Lo beruntung banget kalau dapatnya bersama Tech Lead karena lo ga perlu mempresentasikan studi kasus lo. Tapi kalau lo dapet Tech Head, ya kemungkinan besar lo harus mempresentasikan studi kasus yang diberikan ke lo via email. It is best to prepare for the presentation in english. Kenapa? karena engga semua Head disini adalah orang Indonesia.

Technical interview ini seperti Live Coding begitu. Lo bakal dikasih soal dan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk membuat solusinya. Menurut gue sih soalnya simpel saja, asalkan lo gak panik. Lo bisa menggunakan bahasa pemograman yang paling lo pahami, ga perlu pakai Java untuk solve problem itu. Bahkan kalau lo buta bahasa pemograman pun lo bisa pakai pseudocode untuk menyelesaikannya. Setelah lo selesai menyelesaikan masalah itu, lo bakal ditanya-tanya mengenai logika dan alur pikir lo untuk solve problem itu.

Kalau lo bisa menyelesaikan soal pertama dan menjawabnya dengan perfect, lo langsung lanjut ke interview HR. Kalau lo dianggap belum perfect, lo bakal dikasih satu pertanyaan lagi. Sama seperti sebelumnya, lo bakal dikasih waktu 15 menit untuk membuat solusinya, kemudian akan ditanya-tanya. Ketika ditanya dan lo gak tau jawaban pastinya, gue saranin lo bisa menyiapkan beberapa alternatif solusi.

HR Interview ini seperti interview pada biasanya: Lo bakal ditanyakan mengenai diri lo yang lo tulis di CV. Pertanyaannya seputar: learning process, problem solving, aktivitas sehari-hari, kegiatan lo di kampus / kantor sebelumnya yang impactful, dan kemampuan komunikasi. Paling penting disini adalah bagaimana lo menjual diri lo ke panelis. Semakin bagus storytelling lo, semakin oke bluffing lo, semakin tinggi kepercayaan panelis ke lo. Gue saranin lo belajar bluffing yang bijak dan meyakinkan.

Lo bakal dikontak oleh rekruter lagi maksimal 2 Minggu setelah interview berlangsung. Pengalaman gue dan teman-teman, kalau lo engga dikontak oleh rekruter lebih dari 3 hari setelah interview, anggap saja lo engga lolos di tahap ini.

Kalau lo lolos, lo akan ditelfon dan diberikan detail tentang benefit dan program yang akan lo laluin. for this case, program CHiP. anyway, lo harus sedia KERTAS dan PULPEN untuk mencatat penawarannya karena penawarannya engga bakal dikirimkan via email. Ingat baik-baik dan jangan sampai panik ketika ditelfon. *pengalaman gue dan banyak temen gue yang panik disuruh nyiapin kertas untuk nyatet.

Medical Checkup

Kalau lo lolos dari proses interview, selanjutnya lo akan dijadwalkan untuk melakukan medical check up di klinik yang sudah bekerja sama dengan BTPN. Gue waktu itu dapet di Bio Test Klinik di Menteng. Prosesnya cepet banget. Gue medical check up ga sampe 30 menit langsung pulang. MCUnya cuma cek darah, x-ray punggung, terus konsultasi dokter.

Kurang lebih 3 Hari kerja setelah MCU akan ditelfon lagi oleh rekruter kalau MCU lu bagus / tidak. Kalau bagus, lo akan diteruskan untuk penandatanganan offering letter.

Offering Letter

Ya you know lah, cuma tinggal dateng dan bertemu dengan people team, baca pasal-pasal kewajiban dan hak, terus tanda tangan. Yang harus lo note di tahap ini adalah:

  1. Jangka waktu programnya dan kemudian kewajiban yang harus lo penuhi ketika lolos programnya.
  2. Sistem gugur di dalam Programnya.
  3. Benefit yang lo dapatkan.

Lo bisa foto hak dan kewajiban yang akan lo dapatkan dan wajib lo penuhi. Gue gabisa secara spesifik menjabarkan benefit dan semacamnya karena itu classified. Intinya benefitlo sangat kompetitif dibandingkan tawaran program di Bank-Bank serupa.

Proses yang gue lalui mulai dari pendaftaran sampai dengan offering letter engga sampai 2 Minggu. Proses ini dibilang cepat karena di Bank B*A , M*nd*r*, dan C*MB gue diproses lebih dari 1 Bulan.

Anyway, kalau lo butuh referal dari gue, lo bisa contact ke gue via LinkedIn dan gue dengan senang hati akan merekomendasikan lo ke rekruter kalau memang CVnya sudah oke.

Goodluck, dan kalau ada pertanyaan lebih lanjut bisa komen saja.

Adios!

--

--

Raymundus Jati Primanda

Hey there! I'm a passionate IT professional who loves to wear different hats: a full stack developer, an IT Trainer, and now as IT Business Enabler at a Bank