[Case Study] Membantu seseorang memukan passion

Poundra Verdian
4 min readDec 19, 2018

--

Hallo semua 👋

Ini tulisan pertama saya di medium, disini saya akan membuat case study dengan melakukan research di media social saya melalui instagram story.

Case study ini tentang alternatif untuk menemukan passion pada diri kita. Berikut case studynya, enjoyy 👍

🕵️ Memilih Masalah

Disini saya memilih masalah yang sering saya temui di sekeliling lingkungan yaitu “Bingung menentukan passion”.

Masalah ini sering sekali dijumpai dikalangan kita semua, khusunya remaja yang sedang dalam proses pencarian jati diri. Sedangkan mereka harus menentukan passion untuk melanjutkan pendidikan atau pekerjaan agar sesuai dengan keinginginan dalam dirinya.

Mungkin dilihat masalahnya sederhana tetapi ini berkaitan tentang psokologi seseorang jadi harus sesuai dengan pribadi seseorang masing masing.

👨‍💻 Memahami Masalah

Disini untuk membantu saya tentang apa yang terjadi langsung di lapangan saya membuka quisioner di Instagram Story. Berikut pertanyaanya

Instagram Story Question
  • Apakah temen temen pernah berusaha mencari passion yang dimiliki?
  • Jika pernah, apa cara yang dilakukan temen temen?
  • Setelah melakukan cara tersebut, apa kendala dan kekuranganya?

Dan inilah jawaban mereka

Apakah temen temen pernah berusaha mencari passion yang dimiliki?

  • Pernah

Jika pernah, apa cara yang dilakukan temen temen?

  • Gimana aku bisa keep up sama apa yang aku lakuin, kalo kira kira gak cocok sama yang aku lakuin sekarang, aku coba hal hal yang kadang gak aku perhatiin

Setelah melakukan cara tersebut, apa kendala dan kekuranganya?

  • Kendalanya ya pastinya ribet karena harus coba cobain dan pas pasin mana yang sebenernya passion aku.

Apakah temen temen pernah berusaha mencari passion yang dimiliki?

  • Pernah

Jika pernah, apa cara yang dilakukan temen temen?

  • Nyari kesukaan atau hobi tapi tetep belum nemu yang sreg (pas).

Setelah melakukan cara tersebut, apa kendala dan kekuranganya?

  • Rasa malas dan ketidak cocokan

Apakah temen temen pernah berusaha mencari passion yang dimiliki?

  • Pernah

Jika pernah, apa cara yang dilakukan temen temen?

  • Mencoba menjalani dengan sepenuh hati

Setelah melakukan cara tersebut, apa kendala dan kekuranganya?

  • Terlalu membuang banyak waktu

🔭 Tujuan

  1. Membantu seseorang menemukan passion-nya
  2. Mempertemukan dengan orang orang yang memiliki kesamaan passion
  3. Memberikan wadah untuk saling berkomunikasi dengan orang yang memiliki passion yang sama
  4. Melahirkan sumber daya manusia yang tepat guna.

🎯 Target Pengguna

Pengguna yaitu orang berusia 16–22 tahun pengguna aktif teknologi, dimana orang orang itu sedang dalam proses pencarian hal yang diminati.

Photo by Csaba Balazs on Unsplash

✍️ Kebutuhan Pengguna

Setelah saya membaca jawaban jawaban mereka, saya mendapatkan kebutuhan pengguna, ini lah diantaranya

  1. Mendapatkan cara untuk menemukan passion yang tepat.
  2. Menemukan passion sesuai dengan keinginan mereka.
  3. Memiliki lingkungan untuk mengembangkan bakat tersebut.
  4. Mendapatkan hasil kelanjutan dari passion mereka.

💡 Mencari Solusi Permasalahan

Dari kebutuhan pengguna di atas, solusi dari permasalahan ini adalah saya membuat aplikasi untuk membantu sesorang untuk menemukan passion mereka.

Alasan memilih aplikasi dari permasalahan ini adalah karena penggunaan smartphone sekarang sudah begitu banyak, jika solusi ini dituangkan dalam bentuk aplikasi akan semakin efektif,

statistik penggunaan smartphone

🎢 Alur Penggunaan dan Cara Kerja

  1. Registrasi
  2. Pengisian psikotes
  3. Bergabung bersama forum

Registrasi

Di dalam registrasi pengguna diminta untuk mengisikan Nama dan Email, alur registrasi sebagai berikut:

  1. Memasukan Nama
  2. Memasukan Email
  3. Buat Password
  4. Verifikasi Email
  5. Selesai

Psikotes

Pengisian psikotes disini pengguna akan disajikan beberapa pertanyaan untuk menentukan kepribadian mereka.

Bergabung dalam forum

Setelah aplikasi mendapatkan jawaban dari psikotes maka akan disarankan untuk bergabung bersama forum yang memiliki jawaban serupa, disinilah pengguna akan berinteraksi dan mengembangkan potensi mereka.

❤️ Pembuatan High Fidelity

High fidelity register dan login

High fidelity Psychological test Questionnaire

High fidelity Bergabung dalam Forum

--

--