Materi 6. Tipe Data Character di Java

Yohanes Ardianus Wee
2 min readOct 19, 2021

Hello teman-teman perkenalkan nama saya Andi saya berasal dari Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia. Saat ini saya merupakan lulusan Fresh Graduated Program Studi Sistem Informasi. Kali ini saya akan menulis lanjutan materi tentang Tipe Data Character di Java.

Catatan : Pastikan teman-teman sudah mengetahui bagaimana cara membuat project di IDE Intelij Idea. Jika belum teman bisa klik link disini untuk membaca terlebih dahulu Materi sebelumnya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tipe data Character di Java. Tipe data Character di Java digunakan untuk data berupa Huruf, Angka dan Simbol seperti tanda ^,%, dan # yang dipresentasikan dengan Tipe data char. Tipe data Character di Java hanya bisa menampung 1 digit Character saja. Untuk menggunakan tipe data ini, kita wajib menggunakan tanda (Petik Satu) diawal dan diakhir Character.

Untuk lebih jelasnya kita akan langsung mempratekannya di Java. Pertama-tama teman-teman membuat terlebih file java baru pada Project Latihan1 kita sebelumnya dan berikan nama file java nya CharApp dengan cara arahkan pointer ke folder src pada project Latihan1 kemudian klik kanan pilih New → Java Class

4.1 Tampilan Membuat File Java Baru

Kemudian ketiklah code Java seperti dibawah ini :

4.2 Tampilan Code Java Tipe data Character di Java

Oke next berikutnya kita akan belajar Tipe Data Boolean di Java pada artikel berikutnya.

Materi Sebelumnya | Materi Selanjutnya

--

--