Pemrogram Komputer

#450: Daftar riwayat hidup lawas membangkitkan kenangan lama

Ivan Lanin
Aksaranara
Published in
3 min readMar 18, 2024

--

Ilustrasi: Lukas/Pexels

Profil saya di LinkedIn hanya mencantumkan pengalaman kerja mulai 2000. Entah mengapa, saya tidak memasukkan pengalaman sebelum tahun itu. Padahal, saya masih ingat nama dua perusahaan tempat saya bekerja sebelum tahun itu: Trabas dan Hylabs. Kedua perusahaan itu bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak (software development).

Belum jadi anggota Medium? Baca versi gratis tulisan ini.

Saya teringat dengan perjalanan karier itu ketika menemukan berkas (file) daftar riwayat hidup (DRH) atau curriculum vitae (CV) saya yang bertarikh 2006. Tentu saja dokumen itu dibuat dalam bahasa Inggris. Seingat saya, tahun itu merupakan tahun yang kritis dalam karier saya. Saat itu, perusahaan lama saya, C-Consulting, dibubarkan dan saya perlu mencari pekerjaan baru. Kondisi itulah yang memaksa saya membuat DRH.

Ketika membaca DRH itu, berbagai kenangan muncul sedikit demi sedikit. Daya ingat saya buruk sehingga saya harus memeras otak untuk mengeluarkan memori pengalaman karier saya. Saya tuliskan saja ingatan itu sambil mencoba menggali detailnya. Inilah pengalaman kerja saya s.d. 2006:

  1. Pemrogram di Trabas (Bandung, 1996–1997)
  2. Pemrogram Senior di Hylabs (Bandung, 1998–2000)

--

--

Ivan Lanin
Aksaranara

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari