Seni Persuasi

#471: Ilmu dan teknik menaklukkan hati orang lain

Ivan Lanin
Aksaranara
Published in
3 min readApr 8, 2024

--

Ilustrasi: fizkes/iStock

“Ada pesanan buku lain?” tanya si pelapak melalui WhatsApp ketika saya memesan buku Seni Berbicara. Tekad untuk mengirit pembelian buku melemah. Saya pun menemukan buku Seni Mempengaruhi Orang di laman profil Facebook si pelapak. Saya sempat ragu karena “mempengaruhi” mestinya “memengaruhi”—penilaian saya kadang sedangkal itu. Namun, bibliofilia yang diembuskan si pelapak berjaya. “Ini juga boleh, deh,” jawab saya dengan pasrah. Pelapak “lulusan” S-3 Pemasaran bernama Gunawan Tri Atmodjo itu digdaya.

Belum jadi anggota Medium? Baca versi gratis tulisan ini.

Seni Mempengaruhi Orang: Ilmu dan Teknik Menaklukkan Hati Orang Lain (SMO) karya Arya Daniswara diterbitkan Diva Press pada September 2023. Buku ini tidak tebal, hanya 130 halaman, dan dibagi menjadi sembilan bab. Rujukan yang digunakan cukup banyak: 22 buku dan 5 makalah jurnal. Itu menjadi salah satu tolok ukur saya dalam menilai kualitas buku. Ternyata benar. SMO tidak mengecewakan. Banyak pengetahuan teoretis dan praktis tentang ilmu dan teknik menaklukkan hati orang lain yang saya peroleh dari SMO. Mas Gun, si pelapak cum sastrawan itu, tampaknya sudah membaca buku ini sebelum saya.

Ke-9 bab buku dapat dibagi menjadi dua: penyiapan diri (bab 1–4) dan penerapan persuasi (bab 5–9). Bagian penyiapan diri…

--

--

Ivan Lanin
Aksaranara

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari