Tantangan & Kondisi Riil Saya Saat Ini Sebelum memulai Bisnis

WM
alkatiri
Published in
2 min readJul 1, 2018

(Sebelumnya baca tulisan ini dulu > Studi Kasus Memulai Bisnis dengan Modal 10 Juta)

Alhamdulillah, saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena sudah memberikan kehidupan yang cukup bagi kami sekeluarga saat ini.

Sebagai manusia biasa tentu saya punya impian-impian yang ingin saya raih dalam hidup ini. Dan hampir semua impian yang akan saya ungkapkan disini itu perlu uang.

Dan kalau hanya sekedar memanfaatkan gaji saya saat ini maka mungkin saja perlu waktu yang sangat lama untuk saya bisa mencapainya.

Unfair Condition

Sebenarnya saya berat untuk menuliskan hal ini. Perlu waktu berhari-hari hanya untuk sekedar memutuskan apakah saya akan mengatakan ini atau tidak.

Tapi ya menurut pengalman saya jujur itu penting walaupun kadang menyakitkan

Saat ini sebenarnya saya telah memiliki beberapa usaha yang sudah jalan dengan cukup stabil dengan jumlah aset miliaran.

Yah, la terus ngapain buat studi kasus ini, gak adil dong …

Oke, jangan beranjak kemana-mana dulu, saya akan jelaskan …

2 Jenis Usaha

saya memiliki 2 jenis usaha, yaitu …

  1. Usaha nyata berarti ada barangnya, ada orang-orang yang bekerja dengan kami, ada manajemennya, dan lain sebagainya. Intinya anda dapat melihat dengan jelas usaha yang kami jalankan ini
  2. Usaha full online, yaitu usaha yang produknya juga digital dan sejauh ini masih saya pegang sendiri dan beberapa freelance saat dibutuhkan.

Usaha full online saya tidak memiliki keterikatan sama sekali, saya bisa menjalankannya dimanapun dan kapanpun saya mau.

Namun hal tersebut tidak untuk usaha nyata dimana selain sebagai pemilik usaha saya juga merangkap sebagai karyawan yang digaji rutin setiap bulan.

Yes we are running a professional business.

Kalau hanya sebagai owner, maka yang didapatkan adalah deviden setiap tahun. Kalau mau dapat bulanan ya harus kerja sebagai karyawan yang memberikan kontribusi nyata terhadap perusahaan.

So, kalau uda punya usaha kayak gini jadi gak adil dong karena uda punya modal lumayan buat mulai bisnis yang lain?

So, Inilah Solusi & Tantangan yang Saya Tawarkan

Agar kondisinya bisa lebih fair maka saya akan melakukan 5 hal di bawah ini, yaitu

Pertama, saya akan mulai menjual beberapa usaha full online yang telah saya jalankan.Kedua, saya akan bedakan antara semua uang yang saya miliki ke dalam 2 akun bank yang berbeda (atau kalau perlu saya deposito / investasikan ke usaha jangka menengah agar tidak bisa diambil semaunya)Ketiga, Saya akan menggunakan tabungan khusus dimana saya akan saya isi dengan uang modal Rp 10.000.000Keempat, satu-satunya pemasukan yang akan saya gunakan hanya dari gaji saya sebagai karyawan yaitu sejumlah Rp 3.500.000 /bulanKelima, dalam satu tahun ke depan saya akan menggunakan tabungan dan gaji saya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan juga sebagai modal untuk memulai bisnis.

Kemudian seperti yang telah dijelaskan di awal, saya akan melakukan dokumentasi sesering mungkin tentang detail apa saja yang saya lakukan untuk mencapai impian dan bebas finansial.

--

--