Akademisi, Industri, dan Riset

Riset atau penelitian merupakan sesuatu yang kerap dilakukan oleh semua orang ketika ingin mempelajari atau mendapatkan pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan dibangun oleh kumulasi dari hasil saling berbagi para peneliti, baik yang berlatar belakang akademisi maupun industri.

Umpan Balik Penelitian dunia Akademisi dan Industri

Idealnya, para pelaku yang bergerak di bidang akademis meneliti di dalam sebuah rumpun ilmu untuk mencapai banyak hal, dari mencari jawaban dari sebuah masalah sampai dengan eksplorasi ide. Hasil penelitian ini kemudian dipublikasi, diuji, dan disempurnakan lagi oleh para akademisi lainnya, untuk kemudian diimplementasi oleh para praktisi. Hasil implementasi dan pengujian oleh akademisi maupun industri ini kemudian akan menelurkan tantangan-tantangan maupun permasalahan baru lagi yang kemudian dapat diteliti lebih lanjut. Alur kerja ini membentuk umpan balik yang pada jangka panjangnya akan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan peradaban manusia secara keseluruhan.

Blibli.com sebagai salah satu pemain besar di dunia e-commerce Indonesia tentunya ingin berkontribusi tidak hanya secara ekonomi kepada bangsa dan negara, tetapi juga secara kreatif. Berulang kali blibli.com telah terlibat aktif dalam komunitas teknologi (1, 2, 3, 4) dan juga open source (5). Tujuan utama dari kontribusi ini adalah untuk memberikan wadah bagi para penggiat teknologi di dalam blibli.com secara khususnya, dan di seluruh Indonesia pada umumnya, untuk mengembangkan diri.

Tidak hanya berhenti di sana saja, kali ini blibli.com membuka sayap baru untuk kontribusi ke dunia akademisi Indonesia. Sebuah langkah awal yang dijalankan adalah dengan melakukan publikasi ke salah satu konferensi akademis yang diadakan tidak lama ini, yaitu RAIEIC (Recent Advancement in Informatics, Electrical, and Electronics Engineering International Conference) 2017 yang diadakan pada Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan pada tanggal 20 November 2017 lalu. Dua pengembang perangkat lunak dari blibli.com, Alex Xandra Albert Sim dan Frandy Jaya bekerja sama dengan Okky Putra Barus selaku akademisi dari UPH Medan bekerja sama untuk menulis publikasi di RAIEIC.

Langkah Pertama untuk Dunia Akademisi dari blibli.com

Publikasi yang diterbitkan kali ini berisikan pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan selama masa pengembangan dan migrasi sistem blibli.com ke reactive system. Tulisan ini dipublikasikan dengan harapan agar dapat membantu para akademisi maupun praktisi industri lain yang sedang atau akan berhadapan dengan reactive system. Publikasi ini dapat diunduh dan dibaca dari repository Github blibli.com. Dengan keterlibatan blibli.com ke dalam dunia penelitian akademis ini, diharapkan jarak antara akademisi dan praktisi dapat menjadi lebih dekat. Pada jangka panjangnya, hal ini akan dapat mendorong kemajuan dunia teknologi secara umum maupun di Indonesia secara khusus.

Jika anda adalah seorang peneliti, baik akademisi maupun independen, dan tertarik untuk bekerja sama dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan bidang teknologi yang berkaitan dengan pembangunan sistem skala besar, silahkan hubungi alex.sim@gdn-commerce.com. Kami akan dengan senang hati berbincang, bertukar pikiran, dan bahkan bekerja sama menjalankan penelitian dengan anda!

Like what you read? Give Alex Xandra Albert Sim a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.