Rekomendasi Buku dan Sumber Untuk Memulai UX Design

Dari Dasar-Dasar UX Design Sampai Cognitive Psychology dan Behavioral Economics

Borrys Hasian
Design Chit-Chat
4 min readJan 15, 2017

--

Saya dulu kuliah di Planologi, ITB dan Elektro, STTTelkom. Jadi tidak ada pendidikan formal di design. Buku tentang design yang pertama kali saya baca, itu Designing Interaction dari Bill Moggridge. Isinya tentang 40 designers berpengaruh yang ‘shaping our interaction with technology’. Dari buku itu saya dapat pencerahan bahwa design itu tentang ‘solving problem’. Keliatannya sederhana, tapi saat itu, untuk saya yang jadi Lead Mobile Software Engineer di British Telecoms, yang berpikir hanya sedikit (atau malah tidak sama sekali) tentang real users dan problems nya, buku itu bener-bener merubah mindset saya. Setelah itu saya mulai membaca berbagai buku dan artikel tentang design, sambil di praktekkan di pekerjaan. Daftar favorit saya sedikit, tapi sejauh ini, buku-buku dan sumber dibawah ini yang selalu jadi referensi saya. Sisanya search di Google aja :)

Panduan lengkap untuk UX Design (last updated 19 May 2020)

Kitab UX Design (masih dalam proses penulisan). Saya mulai menulis bahan untuk buku saya sendiri, yang mencakup semua (atau hampir semua) bahan yang ada dibawah, plus pengalaman saya sendiri di dunia nyata. Bahannya akan saya cicil sebagai blog post, dan rencananya jika banyak peminat, akan diterbitkan dalam bentuk buku.

Dasar-Dasar UX Design

  • The Elements of User Experience by Jesse James Garrett. Buku ini akan membuka wawasan bahwa UX Design bukan hanya sekedar tampilan yang cantik, tapi dimulai dari mengidentifikasi business goals dan user needs.
  • Don’t Make Me Think by Steve Krug. Banyak practical advices di buku ini. Favorit saya adalah tentang simplifikasi dari copy/text: dari copy/text yang ada, buang 50%, kemudian buang 50% lagi.
  • About Face: The Essentials of Interaction Design by Alan Cooper. Disini anda akan belajar proses design, terutama tentang pendekatan Goal-Directed Design, ketimbang features-directed design. Hal penting lainnya adalah tentang Persona — representasi dari users, bukan hanya tentang demographic, tapi juga sampai behaviour.

Proses, Konsep

  • Cara Praktis Membuat UX Design Aplikasi. E-book pertama yang saya tulis. Meskipun masih draft, tapi sudah digunakan oleh ribuan orang dalam mendesain UX.
  • Tiga Langkah Mudah Membuat UX (User Experience) Website Anda Menjadi Lebih Baik. Ini slides yang saya buat di tahun 2012. Proses nya mirip dengan Design Sprint, hanya versi simple nya.
  • The Sprint Book by Jake Knapp. Metode Design Sprint nya Google ini saya pakai sebagai acuan utama untuk proses di product development. Kebetulan juga saya dilatih langsung di Mountain View, Amrik, oleh tim nya Google Design Sprint. Jadi kalau mau diskusi dengan saya tentang Design Sprint, ditunggu banget :)
  • The Laws of Simplicity by John Maeda. Saya dipengaruhi banyak oleh konsep simplicity dari John Maeda ini, salah satunya saat memperbaiki website Rakuten Viki dengan hasil kenaikan conversion sampai 115%.
  • Rocket Surgery Made Easy by Steve Krug. Ini tentang cara Usability Testing, 1-on-1 research dengan users. Metode testing dari Steve Krug yang hanya satu hari ini jadi favorit saya.
  • Humane Interface by Jef Raskin, orang yang meng-initiate project Macintosh di akhir taun 70-an.

Psychology dan Sejenisnya

  • 100 Things Every Designer Needs to Know About People by Susan M. Weinschenk. Buku ini tentang ‘what makes them click’? Menarik karena dihubungkan dengan psychology.
  • Emotional Design by Don Norman. Ini agak berat bukunya, tapi sampai sekarang saya gunakan, terutama ‘3 levels of processing in the brain’-nya.
  • Predictably Irrational by Dan Ariely. Behavioral Economics, banyak insights yang menarik tentang ‘making choices’.
  • The Paradox of Choice by Barry Schwartz. Ini juga seperti bukunya Dan Ariely diatas. Ini classic book.
  • Hooked by Nir Eyal. Ini tentang bagaimana membuat orang kembali (addicted, walaupun dia menggunakan istilah ‘habit forming products’) menggunakan product/service yang kita miliki.

Inspirasi, Kreativitas

Kita selalu memiliki waktu yang terbatas. Bagaimana jika anda perlu untuk segera mendesign User Experience?

Jika Hanya Memiliki 10–15 menit:

Tiga Langkah Mudah Membuat UX (User Experience) Website Anda Menjadi Lebih Baik.

Jika Harus Memilih Hanya 1 Buku/Sumber:

  1. The Sprint Book by Jake Knapp, atau nantinya akan ada Kitab UX Design (masih dalam proses penulisan).

Jika Harus Memilih Hanya 3 Buku/Sumber:

  1. The Elements of User Experience by Jesse James Garrett.
  2. The Sprint Book by Jake Knapp.
  3. Rocket Surgery Made Easy by Steve Krug.

Jika Harus Memilih Hanya 5 Buku/Sumber:

  1. The Elements of User Experience by Jesse James Garrett.
  2. The Sprint Book by Jake Knapp.
  3. Rocket Surgery Made Easy by Steve Krug.
  4. About Face: The Essentials of Interaction Design by Alan Cooper.
  5. The Laws of Simplicity by John Maeda.

Beberapa Presentasi Saya

Presentasi Tentang UX Design

Mudah-mudahan referensi nya bisa berguna, terutama untuk teman-teman yang baru mulai masuk ke bidang UX Design. Seperti kata Thomas Edison, “Kita tidak tahu sepersejuta dari satu persen tentang apapun,” jadi terus belajar, jangan malu untuk bertanya, dan share pengetahuan atau pengalaman Anda dengan orang lain. Ilmu yang di share tidak akan pernah berkurang. Justru Anda akan semakin pintar.

--

--

Borrys Hasian
Design Chit-Chat

I'm a Product Designer, fascinated about Design Innovation, and I have led Design for successful and award-winning products used by millions of people.